... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Editorial

Editorial: Ketika Olahraga Jadi Alat Politik

Jadi, dari pertalian antara olahraga dan politik atau ideologi, sudah tampak betapa olahraga dalam peradaban modern, bukan lagi sekadar kegiatan yang netral, melainkan kental sekali kandungan multimakna itu. Bahkan sudah tidak terlihat makna olahraga itu sendiri setelah semuanya terbaur oleh politik, yang ada hanyalah manipulasi sebuah kepuasan pribadi.

Selasa, 26/06/2018 18:50 1

Editorial

Editorial: Setelah UU Terorisme Diketok

Masalah ini memang tidak sederhana, yang hanya cukup dihadapi dengan UU. Sebab, program melawan terorisme maupun radikalisme, terlalu mudah untuk dipahami sebagai perang melawan sebuah agama, yaitu Islam.

Ahad, 27/05/2018 12:29 0

Editorial

Editorial: Teror di Tahun Politik, Cui Bono?

Markus Tullius Cicero, seorang politisi Romawi yang lahir pada tahun 106 sebelum Masehi dalam pidatonya yang berjudul Pro Roscio Amerino menyatakan sebuah konsep hukum yang menarik. Istilahnya disebut, “Cui Bono” (dibaca: kui bono). Cicero bilang: “Lucius Cassius yang terkenal, yang oleh orang-orang Romawi sering dianggap sebagai hakim yang jujur dan bijaksana, biasanya bertanya berulang kali, “Cui Bono?”. Siapakah yang paling mendapat keuntungan?

Kamis, 17/05/2018 13:02 0

Editorial

Editorial: Ilmuwan yang Bikin Musuh Ketakutan

Temuannya itulah barangkali yang membuat Menteri Israel Avigdor Lieberman harus bikin pernyataan di media bahwa “Dr Fadi ialah pakar roket, bukan orang suci.” Pernyataan itu menyadarkan bahwa semakin tinggi kapasitas keilmuan kita, semakin membuat gentar musuh kita.

Rabu, 25/04/2018 17:17 0

Editorial

Editorial: Tahun Kemunafikan, Syariat Jadi Dagangan

Komoditisasi syariat merupakan  bagian yang tak terpisahkan dari jalan politik. Pasalnya, orang akan mudah bergerak melakukan sesuatu tanpa mengeluarkan energi yang besar jika memiliki dorongan motif ideologis. Oleh karena itu para politisi selalu mencari slogan-slogan agama untuk melegitimasi pengaruh dan melanggengkan kekuasaannya.

Rabu, 18/04/2018 14:53 1

Editorial

Editorial: Sukmawati Memantik Api

Di Barat, ekspresi permusuhan kelompok ultranasionalis kepada Islam begitu terlihat meski mereka tak berkuasa. Semestinya, siapa pun tak boleh berpikiran untuk mengadopsinya di Indonesia, negara yang kemerdekaannya dipenuhi gaung takbir para syuhada.

Rabu, 04/04/2018 15:24 0

Editorial

Editorial: 7 Tahun Suriah, Derita Tanpa Jeda

Tragedi kemanusiaan di Suriah perlu diyakini tidak akan bisa dirusak dengan upaya-upaya semacam itu. Saking banyaknya bukti, bau busuk kebohongan dengan sendirinya akan tercium. Seorang yang jujur akan mampu menyibak kabut kepalsuan dengan hati nurani, kecuali jika di dalam hati terdapat rasa iri dan benci.

Jum'at, 16/03/2018 14:31 0

Editorial

Editorial: Tebang Pilih Kasus Hoaks

Kondisi itu lantas memunculkan anggapan bahwa aparat tebang pilih dalam perang melawan hoaks. Penindakan cepat terhadap MCA berlangsung sangat kilat, tak seperti penindakan terhadap pelaku hoaks lainnya. Apakah karena ada kata Muslim nya? Kita pun tah tahu pasti.

Rabu, 07/03/2018 20:52 0

Editorial

Editorial: (Densus) Belajar dari Kasus Siyono

Dari kasus MJ di atas, rupanya terlihat ada perubahan strategi yang dilakukan oleh Densus 88 dalam penanganan korban penyiksaan. Bukan strategi interogasi dengan penyiksaan yang dikendurkan, namun pengetatan dalam pengawalan korban. Korban yang telah hilang nyawanya ini jangan sampai bersuara keras lagi seperti mayat Siyono yang masih nyaring bunyinya.

Kamis, 22/02/2018 14:27 1

Editorial

Editorial: Mencari Keadilan Negara di Tengah Serangan Terhadap Tokoh Agama

Gempar penyerangan sejumlah ulama di perbagai daerah belum tuntas, muncul insiden seorang pastor diserang di gerejanya.

Selasa, 13/02/2018 14:50 0

Editorial

Editorial: Ilusi Swasembada Beras

Akhirnya, wong cilik lagi-lagi menjadi korban janji-janji swasembada yang hanya sebatas ilusi

Ahad, 21/01/2018 22:28 0

Editorial

Editorial: Pasti Tiba, Hari Pembalasan untuk Pengolok

Lagi-lagi umat Islam digegerkan oleh sindiran dan olok-olok berbau SARA. Di panggung komedi, Joshua Suherman dan Ge Pamungkas berusaha meraih tawa penontonnya dengan menyelipkan kata-kata nyinyir terhadap keyakinan yang dianut mayoritas rakyat Indonesia.

Kamis, 11/01/2018 16:00 0

Editorial

Editorial: Intifadah, Jawaban untuk Donald Trump

Setelah ada seruan intifadah, yang mereka lakukan hanya satu, melawan. Melawan dengan apa pun dan dilakukan oleh siapapun, dari kalangan apa pun. Ketika Hamas langsung merespon dengan lontaran roket ke Israel, bocah-bocah Palestina melemparkan batu-batu dari tangan mereka.

Jum'at, 15/12/2017 17:02 0

Editorial

Editorial: Persatuan Umat, Urgensi Reuni 212

Ada pula analisis dari seorang penulis jurnal intelijen yang menyebut bahwa reuni 212 sudah tidak ada urgensinya lagi, bahkan bisa berdampak buruk.

Jum'at, 01/12/2017 16:56 0

Editorial

Editorial: Manuver 5000 Senjata

Kini kita hitung-hitungan. Mana yang lebih mengkhawatirkan? Ambisi Panglima untuk berpolitik atau intelejen yang mahir menembak? Polantas bersenjata atau ancaman pseudo-terorisme yang semakin hari kian menambah pundi-pundi petugas?

Selasa, 26/09/2017 21:03 0

Editorial

Editorial: Ketika Kaum Terpelajar Menolak Cadar

Seharusnya mereka bisa menyadari, bahwa penggunaan cadar bukanlah budaya impor dari negeri seberang, akan tetapi sebuah keyakinan syariat yang datang dari Ilahi. Jika kaum akademis yang sering dianggap obyektif saja memandang sebelah mata pada kaum bercadar, bagaimana mereka yang bukan?

Jum'at, 11/08/2017 22:10 0

Editorial

Demi Dana Haji, Kemabruran Jangan Dinodai

Disamping polemik izin jamaah dalam pemanfaatan dana haji, pemerintah juga harus memberikan garansi bahwa investasi yang dilakukan harus bebas dari unsur-unsur yang haram

Sabtu, 05/08/2017 18:08 0

Editorial

Manis Slogan Rezim Tiran

Kini, slogan-slogan seperti 'fundamentalisme', 'pengubah dasar negara', 'anti Pancasila', kembali berkumandang. Menyasar para oposan dan suara masyarakat yang kritis dan vokal. Tentang ini, Snyder berpesan agar masyarakat jangan pernah abaikan pemakaian kata-kata, bahasa, dan simbol-simbol yang menyiratkan arah perubahan politik.

Rabu, 26/07/2017 15:25 0

Editorial

Editorial: Menyerta Ulama Usai Pilkada

Esok hari, Pilkada paling kontroversial dalam sejarah Indonesia, akan digelar. Hampir setahun rakyat Indonesia tenggelam dalam perang urat syaraf dan terbelah dalam kubu pro dan kontra Ahok.

Selasa, 18/04/2017 22:19 1

Editorial

Editorial: Menakar Makar 313

Akhirnya, publik pun mempertanyakan sikap pemerintah Jokowi yang seolah membela Gubernur Basuki semahal apapun harganya. Pasal makar pada masa kepemimpinan Jokowi, dijadikan sebagai salah suatu keistimewaan guna memberikan perlindungan yang sangat berlebihan terhadap kepentingan kekuasaan.

Selasa, 04/04/2017 16:42 0

Editorial

[Editorial] GNPF dan Operasi Shock and Awe

Serangan terhadap GNPF ini dalam perang disebut operasi “Shock and Awe.” Sebuah serangan yang cepat, massif dan membuat sasaran kaget sampai melongo. Meskipun palu hakim nantinya mengetok bebas, toh stigma negatif sudah tertanam. Setidaknya preseden ini dapat diolah menjadi amunisi empuk bagi propagandis-propagandis di dunia maya.

Kamis, 09/02/2017 16:06 0

Editorial

[Editorial] Perang Suci Donald Trump

Tindakan Trump memerangi Islam bukannya bebas tanpa hambatan. Peneliti senior Middle East Institute, Charles Lister sejak lama mengkritisi kebijakan Donald Trump di kawasan timur Tengah, utamanya di Suriah. “Pelarangan Muslim ini tidak akan meredupkan terorisme. Justru malah semakin menguatkan narasi perlawanan kelompok-kelompok jihad.”

Selasa, 31/01/2017 17:31 0

Editorial

[Editorial] Tafsir ala Penguasa

Bila dibiarkan kalimat-kalimat sakral yang dulu dianggap sebagai pemersatu bangsa, bisa disalahgunakan menjadi pemecah-belah. Semua berhak menafsirinya—apalagi memang tidak ada tafsir tunggal dalam hal ini—untuk kemudian menggunakannya sesuai dengan kehendak dan keinginan masing-masing.

Selasa, 24/01/2017 11:52 0

Editorial

[Editorial] Serigala Berbulu ‘Hoax’

Jangan sampai gerakan ini punya niat buruk terselubung bagaikan serigala berbulu domba. Menampilkan kesan mulia dengan mengusung gerakan anti hoax tapi sejatinya menyasar umat Islam. Parahnya lagi, menuding orang dengan sebutan hoax tapi tak berkaca kalau dirinya kerap menebar fitnah.

Selasa, 17/01/2017 11:13 0

Editorial

[Editorial] Setelah Ahok Jadi Tersangka

khirnya Ahok resmi diumumkan sebagai tersangka. Ada yang bergembira, namun tidak sedikit yang kecewa. Gembira, karena sudah peningkatan proses hukum bagi petahan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Kecewa, karena status hanya tinggal status. Ahok masih bebas tidak ditangkap. Ia pun masih bisa melenggang berkompetisi menuju kursi DKI-1, sebuah jabatan yang kerap ia gunakan untuk memantik emosi publik.

Kamis, 17/11/2016 12:20 0

Editorial

[Editorial] Kelompok Kecil di Mata Jokowi

Presiden pergi menghilang, meski aksi sudah diumumkan jauh-jauh hari. Ironisnya, Presiden Jokowi bukan pergi jauh melainkan "hanya" jalan-jalan ke sebuah hanggar perawatan pesawat Garuda di Cengkareng.

Rabu, 09/11/2016 12:00 1

Editorial

Mencari Jalan Pulang dari Pilkada

Inilah demokrasi. Penuh oligarki dan tipu-tipu. Dunia yang memangkas usia suara rakyat hanya sebatas pada hari pemilihan semata. Setelah itu, pemilik modal sajalah yang memegang keputusan. Inilah demokrasi, bagaimana satu orang kaya bisa memiliki jutaan suara. Hingga akhirnya suara ulama pun tak lagi ada maknanya.

Kamis, 06/10/2016 19:00 0

Editorial

[Editorial] Saksikan, Kami Keluarga Ibrahim!

Berkali-kali Ibrahim sekeluarga diuji Allah, berkali-kali pula mereka sukses menjalaninya tanpa cacat sedikit pun. Ibrahim merupakan potret ideal dari keluarga tauhid yang mendasari segala gerak-geriknya kepada perintah dan tuntunan Allah.

Senin, 12/09/2016 17:54 0

Editorial

[Editorial] Archandra dan Kado 71 Tahun NKRI

Kasus Archandra menguak tepat di saat bangsa ini sibuk persiapan memperingati 71 tahun kemerdekaannya. Sebagai bagian dari takdir dan rencana Allah, tentu kejadian ini bukan tanpa hikmah.

Rabu, 17/08/2016 08:41 0

Editorial

Editorial: Selamat Datang di Ujian Pasca Ramadhan

KIBLAT.NET — Tiga puluh hari sudah kita melewati tempaan iman dalam Ramadhan. Bulan sejuta pahala...

Selasa, 05/07/2016 21:33 0

Close