... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Munaqosyah

Mengurai Benang Kusut Tauhid Hakimiyah

Kewajiban berhukum dengan hukum Allah merupakan kesepakatan para ulama berdasarkan Al-Qur’an, as-Sunnah dan ijma’ (konsensus ulama) tidak ada yang menyelisihi kesepakatan ini. Namun, semakin berkembangnya zaman perkara ini kian dilupakan umat, terutama oleh para penguasa negeri-negeri kaum muslimin, mereka lebih senang berhukum dengan undang-undang buatan manusia dan berusaha menyingkirkan undang-undang-Nya dari ingatan kaum muslimin.

Rabu, 28/12/2016 18:30 1

Munaqosyah

Pro-Kontra Dubes Rusia Ditembak Mati

Ternyata terlalu banyak variable, mulai dari kealpaan khilafah yang membuat pemegang otoritas pemberi jaminan keamanan menjadi bias, tercerai berainya negeri-negeri Islam, status mu'ahad yang diperdebatkan, status rasul yang masih terjadi perbedaan, ditambah motivasi yang membuat Mevlut melakukan aksi tersebut, membuat semakin pelik dan rumitnya untuk menghukumi aksi Mevlut Mert Altintas.

Kamis, 22/12/2016 19:45 0

Munaqosyah

Antara Khuruj Terhadap Ulil Amri dan Penguasa Sekuler

Seringkali kita menemukan salah kaprah beberapa pihak terhadap istilah khuruj. Di antara contohnya adalah istilah khuruj seringkali disematkan kepada orang atau kelompok yang mengkritisi penguasa yang tidak berhukum dengan hukum Allah. Terkadang istilah khuruj disematkan kepada orang yang melakukan demonstrasi menentang kebijakan penguasa sekuler.

Ahad, 27/11/2016 15:45 0

Munaqosyah

Berhati-hati dalam Vonis Khuruj Terhadap Ulil Amri

Pemaparan di atas menjadi bukti bahwa pembahasan “khuruj” terhadap ulil amri yang tidak tuntas dan sepotong-potong bisa menimbulkan kegaduhan dan kerancuan pemahaman yang menyebabkan kerancuan dalam menyimpulkan suatu hukum. Tulisan ini mencoba memberikan gambaran akan kompleksitasnya perkara khuruj tersebut. Sehingga seseorang harus berhati-hati dalam menjatuhkan vonis khuruj.

Ahad, 27/11/2016 15:30 0

Munaqosyah

Demonstrasi Damai dan Gerakan Jihad, Mungkinkah Bersanding?

Dari keyakinan inilah, mereka menganggap demonstrasi damai yang dilakukan umat Islam adalah jalan yang keliru. Kadang-kadang, mereka mengungkapkan istilah “demonstrasi damai bukan jalan perjuangan kami”, atau “demonstrasi damai bukan manhaj kami”.

Kamis, 03/11/2016 09:23 0

Munaqosyah

Demonstrasi dalam Kaidah Fikih

Majelis Ulama Indonesia, ormas-ormas Islam, ulama-ulama Islam, dan tokoh-tokoh Islam menuntut pemerintah untuk menangkap dan mengadili gubernur atas tuduhan menistakan Al-Qur’an. Namun pemerintah terkesan melindungi gubernur non-muslim tersebut. Suara jutaan umat Islam yang merupakan mayoritas penduduk negeri ini tidak digubris pemerintah

Rabu, 02/11/2016 05:30 2

Munaqosyah

Berlepas Diri dari Kekafiran, Konsekuensi Akidah yang Diajarkan Al-Quran

Sayid Quthbmenggambarkan tentang konsekuensi perjalanan perasaan dan hati orang yang mengucapkan kalimat syahadat. Kalimat syahadat yang menghasilkan ketundukan dan kepatuhan absolut kepada Allah sembari meninggalkan kekufuran dan pelaku kekufuran

Kamis, 20/10/2016 16:43 0

Munaqosyah

Ulama yang Menjadi Alat Legitimasi bagi Penguasa

Setelah berulang kali mereka gagal menyelewengkan teks-teks syariat, mereka mulai mencoba untuk menyelewengkan pemahaman terhadap nash-nash tersebut. Yaitu dengan cara membuat penafsiran alternatif atau mencari-cari ketergelinciran para ulama guna memberikan warna baru terhadap pemahaman nash syariat yang bertentangan dengan pemahaman salaf.

Sabtu, 01/10/2016 16:30 0

Munaqosyah

Nahi Munkar Bukan Hak Mutlak Penguasa

Imam Al-Faqih Muhammad bin Muflih al-Maqdisi berkata, “Nahi Munkar merupakan fardu kifayah, tidak tertuju kepada orang tertentu saja, namun sama saja apakah seorang imam, hakim, ‘alim, orang yang bodoh, adil atau fasik.”

Kamis, 22/09/2016 19:30 0

Munaqosyah

Demonstrasi Dalam Kacamata Ulama Kontemporer

Demonstrasi merupakan perkara baru di dalam syariat Islam. Oleh karena itu para ulama kontemporer berbeda pendapat pula dalam menghukumi hal tersebut. Ada yang membolehkan ada yang melarang dan ada yang merinci.

Sabtu, 17/09/2016 18:30 5