... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fikih

Boleh Memperbanyak Puasa di Bulan Rajab, Asalkan…

Hadits ini –kalaupun shahih- menunjukkan dianjurkannya berpuasa pada bulan-bulan Haram. Maka, barangsiapa berpuasa di bulan Rajab ini, lalu dia juga berpuasa di bulan-bulan Haram lainnya, maka hal itu tidak mengapa. Sedangkan jika dikhusukan berpuasa pada bulan Rajab, maka tidak dibenarkan dalam syariat.

Rabu, 21/03/2018 17:45 0

Fikih

Mengulangi Al-Fatihah Dalam Satu Rakaat, Sahkah Shalatnya?

KIBLAT.NET - Berbicara tentang hukum mengulangi Al-Fatihah dalam satu rakaat, para ulama berbeda-beda dalam menyimpulkan hukumnya. Setidakya ada empat pendapat dalam masalah ini:

Sabtu, 03/03/2018 14:36 0

Khazanah

Duduk Seperti ini dilarang Saat Mendengarkan Khutbah, Mengapa?

KIBLAT.NET - Dalam pelaksanaan shalat Jumat, seorang muslim tidak hanya fokus pada hal-hal yang diwajibkan saja. Namun ia juga harus memerhatikan perkara sunnah atau adab-adab lainnya agar keutamaan shalat jumat bisa diraih dengan sempurna. Salah satunya, ketika mendengarkan khutbah kita dilarang untuk duduk dengan melipat kedua kaki ke perut.

Jum'at, 23/02/2018 10:28 0

Fikih

Gila dan Pura-pura Gila dalam Perspektif Fikih

Di dalam tulisannya Safar Ahmad Al-Hamdani menjelaskan kondisi-kondisi orang yang pura-pura gila. Ada kondisi pura-pura gila diperbolehkan dalam kajian fikih.

Sabtu, 10/02/2018 16:29 0

Fikih

Shalat Gerhana Sendirian, Bolehkah?

Para ulama sepakat bahwa shalat gerhana hukumnya sunnah. Boleh dilaksanakan secara sendirian di rumah atau di tempat-tempat yang lain. Menurut Mazhab Syafi’i dan Hanbali, tidak ada perbedaan antara gerhana bulan dan matahari. Kedua-duanya disunnahkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Sementara dalam mazhab Hanafiah dan Malikiah menyatakan tidak disunnahkan berjamaah dalam shalat gerhana bulan.

Rabu, 31/01/2018 16:31 0

Khazanah

Mengajarkan Al-Qur’an Sebagai Mahar, Apa Hukumnya?

KIBLAT.NET - Mahar atau mas kawin adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan pada saat pernikahan. Ia merupakan syarat sahnya pernikahan, sebagaimana dalam firman Allah Ta’ala: “…Dan datangkanlah sedekah untuk para istri sebagai nihlah (mahar),” (QS. An Nisa: 4)

Sabtu, 18/11/2017 16:38 1

Khazanah

Mengangkat Kedua Tangan Saat Doa Khutbah Jumat, Bolehkah?

KIBLAT.NET - Para ulama sepakat bahwa di antara salah satu adab yang dianjurkan dalam berdoa adalah mengangkat kedua tangan. Namun perlu dipahami bahwa dalam berdoa tidak selamanya harus demikian. Sebab, dalam beberapa kondisi Rasulullah mencontohkan hal yang berbeda, yakni dalam doanya beliau tidak mengangkat kedua, tapi hanya mengisyaratkan dengan dengan jari telunjuknya saja. Contohnya ketika beliau berdoa di penghujung Khutbah Jumat.

Jum'at, 06/10/2017 10:47 1

Fikih

Bila Penentuan Awal Muharram Berbeda, Bagaimana dengan Puasa ‘Asyura?

Muharram adalah salah satu bulan yang diagungkan dalam Islam. Bulan pertama dalam hitungan tahun hijriyah ini digolongkan sebagai bulan haram (Asyhurulhurum). Saah satu amalan yang dianjurkan pada bulan tersebut adalah memperbanyak puasa. Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan bahwa puasa yang paling utama setelah Ramadan adalah puasa pada bulan Muharram. Bagaimana dengan puasa Asyura bila penentuan awal Muharram berbeda?

Sabtu, 23/09/2017 11:21 0

Khazanah

Inilah yang Menjadikan Awal Bulan Dzulhijjah Menjadi Mulia

Tidak seperti hari-hari yang lain, pada awal bulan Dzulhijjah Allah Ta'ala kumpulkan semua bentuk ibadah di dalamnya. Shalat, zakat mal bagi yang sudah mencapai nishab dan haul, puasa bagi siapa saja yang ingin menambahkan amalan sunnahnya atau jamaah haji yang wajib membayar dam (denda) atau al-hadyu tapi tidak memperoleh hewan sesembelihan.

Kamis, 24/08/2017 14:53 0

Fikih

Adakah Shalat Sunnah Qabliyah Jumat?

KIBLAT.NET - Di antara sunnah ketika menghadiri shalat Jumat adalah memperbanyak shalat sunnah. Selain shalat tahiyatul masjid, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak shalat sambil menunggu datangnya Imam atau Khatib. Namun sebagian kalangan menganggap shalat ini adalah shalat sunnah rawatib sebelum Jumat, layaknya shalat sunnah waktu Dhuhur. Lalu bernarkah demikian?

Jum'at, 04/08/2017 11:11 0

Terpopuler

Hot Topics

Close