... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Fikih

Wanita shalat di rumah; mana yang lebih utama, berjamaah atau sendiri?

Bagi wanita, shalat di rumah tentu lebih utama daripada di masjid. Sebagaimana sabda Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam, “Sebaik-baik masjid bagi wanita adalah di dalam rumah-rumah mereka.” (HR. Ahmad) Namun bagaimana dengan perihal jamaah, mana yang lebih baik, shalat di rumah dengan berjamaah atau shalat sendiri?

Jum'at, 30/12/2016 19:24 0

Fikih

Bersumpah dengan Meletakkan Tangan di atas Mushaf, Bolehkah?

Menggunakan mushaf al-Qur’an sebagai sarana untuk memperkuat sumpah bukanlah suatu yang asing di tengah-tengah masyarakat kita. Dalam seremonial pengukuhan jabatan tertentu, al-Quran sering digunakan untuk memperkuat ikatan sumpah jabatan yang diucapkan oleh calon pejabat.

Rabu, 14/12/2016 12:08 0

Fikih

Mengajarkan Al-Qur’an kepada Non Muslim, Bolehkah?

Semua kita pasti tahu, mengajarkan Al-Qur’an merupakan salah satu amal yang sangat mulia dalam Islam. Bahkan Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam menjadikannya sebagai barometer dalam mengukur kebaikan seseorang dalam sebuah komunitas. Dalam kitab shahihnya, Imam Bukhari merekam dari Utsman bin Affan bahwa Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” Namun bagaimana jika yang diajari tersebut bukan orang islam, belum mengucapkan syahadat alias masih kafir?

Selasa, 29/11/2016 12:40 0

Fikih

Fikih Puasa Muharram

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (Muharram). Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.”

Selasa, 04/10/2016 20:15 0

Fikih

Hukum Mendoakan Orang Kafir dan Musyrik Menurut Pendapat Para Ulama

Satu hal yang sering membingungkan kaum muslimin ketika berinteraksi dengan orang kafir adalah tentang hukum mendoakan mereka. Terutama ketika menghadiri undangan, ketika melayat, menjenguknya ketika sakit, dan kondisi-kondisi lainnya.

Sabtu, 17/09/2016 14:23 0

Fikih

Do’a Ketika Menyembelih Hewan Qurban

Penyembelihan hewan qurban adalah ibadah yang telah diatur oleh syariat, mulai dari jenis hewan yang akan disembelih hingga pada tata cara penyembelihannya. Tidak seperti menyembelih hewan pada umumnya, dalam penyembelihan hewan qurban ada beberapa tatacara yang harus diperhatikan agar sesembelihannya diterima oleh Allah. Salah satunya adalah disunnahkan untuk mengucapkan doa

Ahad, 11/09/2016 08:32 0

Fikih

Menggabungkan Qurban dan Aqiqah Dalam Satu Sembelihan, Bolehkah?

Qurban dan aqiqah adalah dua ibadah yang sama-sama menyembelih hewan. Keduanya memiliki hukum yang sama, yakni sunnah mu’akkadah. Waktu serta tatacara pelaksanaanya juga jelas ditetapkan dalam syariat. Ibadah qurban dilaksanakan pada hari raya Idul Adha dan tiga hari tasyrik, sedangkan akikah pada hari ke-7, 14, dan 21 dari kelahiran. Lantas bagaimana jika waktu akikah dan kurban bertepatan pada hari yang sama, apakah boleh pelaksanaannya disatukan sekaligus dalam satu sembelihan?

Sabtu, 10/09/2016 10:30 0

Fikih

Memberikan Daging Kurban kepada Orang Kafir, Haramkah?

KIBLAT.NET-Pendistribusian daging kurban di beberapa tempat masih sering menjadi polemik. di antara polemik yang sering...

Kamis, 08/09/2016 20:00 0