... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Indeks

Tarbiyah Jihadiyah

Tarbiyah Jihadiyah

Kunci Kemenangan itu Bernama Kesabaran

Para ulama sepakat bahwa kenikmatan tidak diraih dengan kenikmatan. Kenikmatan hanya bisa diraih dengan ujian, jerih payah, kesempitan, dan pengorbanan. Dengan inilah kenikmatan bisa diraih pada akhirnya. Oleh karena itu, Allah berfirman berkenaan dengan orang-orang sabar dalam beberapa tempat, mencapai sembilan puluh tempat di dalam Al-Qur’an.

Selasa, 24/01/2017 10:30 0

Tarbiyah Jihadiyah

Teladan Rasul dalam Penempatan Kader Harakah

Mengetahui ‘spesialisasi dan keunikan’ dari para anggotanya akan membantu seorang pemimpin meletakkan mereka sesuai dengan kapasitas dan kecenderungan yang mereka miliki.

Selasa, 24/01/2017 06:00 0

Tarbiyah Jihadiyah

Sebuah Rasa Penggerak Keimanan

Pemahaman telah terbalik dan timbangan telah berubah. Orang yang datang berjihad untuk membela dienullah, atau menentang penguasa thaghut, atau memerintah yang makruf dan melarang yang munkar serta menghadapi berbagai cobaan, dituduh kurang akal dan sentimental (peka perasaan). “Perasaan” (rasa peka) menjadi sesuatu yang tercela.

Kamis, 05/01/2017 11:24 0

Tarbiyah Jihadiyah

Nasihat Syaikh Abdullah Azzam bagi Penggembos Jihad

Mereka menyangka bahwa membela Dinullah bisa dengan menepuk-nepuk badan, dengan melayani syahwat, dengan memuaskan keinginan dan membuka lembaran-lembaran kitab sambil makan apel dan pisang, minum teh dan kopi. Adakah mungkin Dinullah bisa menang tanpa pengorbanan darah, raga, dan tulang-belulang?

Sabtu, 31/12/2016 13:00 0

Tarbiyah Jihadiyah

Beruntunglah Bagi Wajah-Wajah yang Tak Dikenal

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik, bertakwa dan tidak menonjolkan diri. Jika mereka tidak hadir, tidak ada yang mencari. Apabila mereka hadir, tidak ada yang mengenali. Hati mereka adalah lentera-lentera petunjuk yang keluar dari setiap kegelapan.” (Hadits hasan. HR Al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wa At-Tarhib)

Ahad, 18/12/2016 19:52 0

Tarbiyah Jihadiyah

Antara Nasihat dan Ghibah

Terkadang kita melihat ada seseorang yang berniat baik dengan menasihati saudaranya. Namun. tidak sedikit niat baik itu justru berbuah dosa karena dilakukan tidak pada tempatnya. Niat yang baik dengan memberi nasihat berubah menjadi ghibah jika dilakukan di muka umum.

Jum'at, 09/12/2016 21:29 0

Tarbiyah Jihadiyah

Mencintai Allah, Rasul-Nya dan Jihad Fi Sabilillah

Berlalu sejenak keheningan di ruangan itu hingga seorang santri mengangkat tangannya. Dengan berusaha menepis keraguan pada dirinya ia menjawab, “Yang paling kita cintai setelah Allah dan Rasul-Nya di dunia ini adalah jihad fi sabilillah!”

Kamis, 24/11/2016 20:30 0

Tarbiyah Jihadiyah

Prasangka Penyebab Bencana

Banyak berita yang tersebar di masyarakat dan kenyataannya adalah bohong. Berita-berita itu sebenarnya baru sebatas opini, namun orang-orang menerimanya sebagai suatu kenyataan. Kemudian mereka menyebarkannya satu sama lain. Akhirnya, berita itu menjadi satu opini publik. Berita tersebut lalu berpindah ke tempat lain dengan tambahan bumbu-bumbunya, sehingga jadilah kisah yang sangat panjang.

Senin, 21/11/2016 15:30 0

Tarbiyah Jihadiyah

Dua Sifat Pengangkat Derajat Umat

Rabbul ‘Izzati meninggikan derajat orang-orang beriman berdasarkan amal baik mereka. Allah memilih di antara sekian banyak amal shalih itu dua sifat yang istimewa untuk mengangkat derajat serta mendekatkan si pelaku di sisi-Nya. Dua sifat itu ialah: Asy-Syaja’ah (keberanian) dan Al-Karam (kedermawanan). Yakni dua sifat yang termuat dalam surat Al-Hadid ayat 10

Jum'at, 11/11/2016 20:35 0

Tarbiyah Jihadiyah

Meneladani Generasi Unik Binaan Nabi

Maka dari itu, generasi yang dibina oleh Rasulullah di mata kita tampak sebagai generasi yang unik dan jalinan sesama mereka sangat kokoh. Musuh-musuh Allah yang paling sengit dan yang paling besar kekuatannya di muka bumi sekali pun tidak mampu menarik keluar salah seorang dari jalinan masyarakat mereka yang kokoh. (Karena dalam hati mereka tertanam betul ajaran Nabinya yang bersabda).

Kamis, 27/10/2016 16:08 0

Older Posts →