... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Indeks

2016 — Opini

Opini

Jangan Mau Dibohongi Pakai Pembantaian Aleppo

Aleppo, Ghauta, Rohingya hanyalah nama sebuah tempat atau bangsa. Namun pembantaian dan penderitaan yang terjadi di dalamnya, hakikatnya adalah pembantaian dan penderitaan kita juga.

Jum'at, 30/12/2016 18:10 0

Opini

Indonesia Negeri Hukum Atau Kekuasaan?

Sebagai negara yang katanya negara hukum, seharusnya kepolisian lebih dulu menangkap manager Social Kitchen Café, yang sudah jelas melanggar Peraturan Daerah (Perda) terkait jam buka toko. Hingga menjelang Subuh, sebagaimana penuturan warga sekitar, tempat itu masih saja terdengar dentuman musik.

Selasa, 27/12/2016 12:18 0

Opini

Menjawab Pernyataan ‘Ahok Korban Kriminalisasi’

Pada kasus kejahatan terhadap agama, peranan Fatwa mempertegas adanya perbuatan melawan hukum terhadap kepentingan agama. Oleh karena itu, delik agama tidak dapat dipisahkan dengan peranan MUI sebagai otoritas yang berwenang menentukan apakah suatu perbuatan itu termasuk penistaan terhadap agama atau tidak. Ketika suatu perbuatan dinyatakan oleh MUI sebagai perbuatan penistaan terhadap agama Islam, maka pendapat MUI tersebut menjadi rujukan utama dalam menilai perbuatan benar-benar melawan hukum.

Senin, 26/12/2016 16:21 0

Opini

Fenomena Intoleransi Keberagamaan terhadap Karyawan Muslim

Sikap beberapa perusahaan yang memaksakan karyawannya untuk memakai atribut natal tentunya akan merusak kerukunan antar umat beragama yang ada di negeri ini. Dari peristiwa tersebut, ini menunjukkan bahwa sikap beberapa perusahaan yang memaksakan karyawannya yang muslim untuk menggunakan atribut natal merupakan sikap intoleran yang nyata dan bisa menimbulkan sumber perpecahan bangsa, padahal seharusnya kita menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi antar umat beragama.

Ahad, 25/12/2016 12:03 1

Opini

Mevlut, Riza Khan dan Makna Sebuah Isyarat

Mevlut telah mampu menangkap pesan-pesan tersirat yang terkandung di balik tangisan anak-anak Aleppo. Mevlut tahu apa yang harus dia lakukan agar suara tangis mereka berhenti, maka dia pun berusaha melaksanakannya sesuai kemampuannya.

Rabu, 21/12/2016 18:00 0

Opini

Ada Apa Dengan Ummat Nabi SAW di Aleppo Suriah?

Sungguh sangat menyedihkan jika ada anak ayam yang kehilangan induknya, ketika anak ayam tersebut ada yang mau menyakiti dan memangsanya, maka ia tidak akan ada yang melindungi dan membelanya. Analogi anak ayam yang kehilangan induknya mungkin bisa digunakan untuk menggambarkan keadaan uMmat Islam saat ini. Bagaimana tidak, ummat Islam saat ini sedang mengalami berbagai penderitaan yang tidak berkesudahan dan tidak ada yang melindunginya.

Rabu, 21/12/2016 11:29 0

Opini

Surat Wasiat (Imajiner) Mevlut Mert Altintas

Aku ingin menyusul mereka dengan kondisi tubuh yang sama; terluka bersimbah darah. Karena aku adalah bagian tak terpisahkan dari mereka. Aku adalah Aleppo, dan Aleppo adalah aku.

Selasa, 20/12/2016 16:00 0

Opini

Meramu Tuts Keyboard Menjadi Amunisi Dakwah dan Jihad

Dakwah merupakan sebuah tuntutan bagi setiap orang yang mengaku bahwa dirinya muslim. Tak mesti di depan ratusan atau ribuan pasang mata, ajakan kepada kebaikan meski untuk seorang pun terhitung dakwah. Sejak zaman Rasulullah hingga hari ini, tuntutan tersebut akan senantiasa melekat. Menyebar-luaskan ideologi, menyampaikan kebenaran, dan membantah segala bentuk kebathilan merupakan bagian dari makna dakwah itu sendiri. Seperti apapun media yang ditempuh untuk memperaktikkannya.

Jum'at, 16/12/2016 19:30 0

Opini

Ahok, Media dan Kelas Menengah

Pemilihan Gubernur DKI tinggal menunggu hitungan bulan. Dua pasangan calon gubernur, Anies Baswedan - Sandiaga Uno dan Agus Yudhoyono - Sylviana Murni akan menantang gubernur petahana Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Jum'at, 16/12/2016 09:40 0

Opini

Dan Sekularis-Kapitalis Pun Tergagap-gagap

Tidak susah untuk memahami sekularisme dan kapitalisme. Dalam bahasa yang mudah, sekularisme adalah paham dimana agama tidak boleh memasuki ranah berbangsa dan bernegara. Sementara kapitalisme, paham dimana semua bisa diatur dengan uang, posisi uang di atas kedaulatan bangsa dan negara.

Selasa, 13/12/2016 12:49 0

Older Posts →
Close