... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...
Teror di Tahun Politik

Senin, 14 Mei 2018

Teror di Tahun Politik

Belum usai kasus penyanderaan anggota polisi dan penguasaan senjata di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, publik kembali dihebohkan oleh serangan bom di Jawa Timur. Rentetan kejadian ini menimbulkan kepanikan dan sejumlah kebijakan politik yang spontan. Bagaimana masyarakat memahami serangkaian aksi teror di tahun politik?

Senin, 7 Mei 2018

Bebaskan Baitul Maqdis

Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis menentang keputusan presiden Amerika Serikat Donald Trump pada tanggal 6 Desember 2017 yang mengakui Yerusalem (Baitul Maqdis) sebagai ibukota bagi penjajah Israel. Sikap Trump mendapatkan penolakan dari berbagai belahan dunia baik di tingkat masyarakat maupun negara. Sidang darurat Majelis Umum PBB pada 21/12 yang diikuti 128 negara juga mendukung resolusi yang menolak keputusan Trump yang provokatif itu.

Senin, 23 April 2018

Pembunuhan Ilmuwan Palestina

Dr Fadi Muhammad Al-Batsh, seorang ulama sekaligus ilmuwan Palestina ditembak hingga meninggal dunia jelang shalat Subuh di daerah Selangor, Malaysia. Dosen yang sudah tinggal 10 tahun di Malaysia ini disebut dekat dengan gerakan jihad di Palestina, Hamas.

Selasa, 17 April 2018

Komoditisasi Syariat di Pilpres

Menjelang Pilpres 2019, mantan Ketua MPR RI Amien Rais melontarkan pernyataan yang mengelompokkan sejumlah partai sebagai hizbullah, Partai Allah. Di saat yang sama dia juga menyatakan adanya Partai Setan, hizbusysyaithan. Penggunaan kedua istilah dalam syariat Islam itu bukan kali pertama dalam panggung politik demokrasi Indonesia. Sebelumnya istilah jihad sering dijadikan sebagai komoditas politik, begitu pula seorang nama dinisbatkan pada sosok khalifah.

Kamis, 12 April 2018

Trump Tebar Ancaman

Presiden Amerika Donald Trump kembali menebar ancaman. Seperti biasa, melalui akun twitternya, pebisnis yang tak punya pengalaman panjang di bidang politik ini mengancam Rusia dan proksinya Suriah serta Iran dengan parade senjata. Apakah geratakan ini hanya basa-basi sekadar ungkapan tak rela atas kemenangan Rusia di Suriah atau akan terjadi pertemuoran panjang antar kekuatan dunia di Bumi Syam?

Senin, 2 April 2018

Puisi SARA Sukmawati

Sukmawati, salah seorang puteri Bung Karno membacakan puisi yang menyinggung syariat Islam dalam sebuah acara peragaan busana. Puisi itu menjadi polemik karena dianggap menghina azan dan cadar.

Senin, 26 Maret 2018

Masa Depan Suriah

Setelah 7 tahun konflik berlalu di Suriah, Presiden Bashar Assad mendapat dukungan yang massif untuk mengamankan kepentingan dan wilayahnya dari negara adikuasa Rusia, Cina dan Iran. Atas dukungan itu, mayoritas wilayah Suriah kini telah dikuasai kembali oleh rezim. Lalu bagaimana nasib masa depan warga Suriah yang menginginkan perubahan? Apakah darah mereka tertumpah sia-sia?

Selasa, 13 Maret 2018

7 Tahun Krisis Suriah

Sejak meletus pada Maret 2011, krisis Suriah masih berlangsung sampai saat ini. Bermula dari protes untuk mengakhiri kekusaan rezim otoriter pimpinan Bashar Assad, konflik Suriah telah menyebabkan lima juta jiwa melayang

Rabu, 7 Maret 2018

Tebang Pilih Berantas Hoaks

Isu pemberantasan berita palsu alias hoaks marak kembali marak akhir-akhir ini, ditandai dengan penangkapan sejumlah orang disebut-sebut terkait Muslim Cyber Army (MCA). Namun tindakan pemberantasan hoaks menyisakan keganjilan, karena sejumlah laporan terkait berita palsu sebelum-sebelumanya tak serius ditindaklanjuti oleh polisi. Akhirnya, tebang pilih pemberantasan hoaks mengesankan hanya menargetkan pihak-pihak yang diidentikkan dengan kelompok Islam

Close