... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...
Gerakan #2019GantiPresiden

Selasa, 28 Agustus 2018

Persekusi #2019GantiPresiden

KIBLAT.NET - Sejak dideklarasikan untuk pertama kalinya pada Mei 2018 di Bundaran Hotel Indonesia, gerakan #2019GantiPresiden mendapatkan dukungan luas dari masyarakat dan makin populer. Di saat yang sama, muncul pula gerakan-gerakan tandingan yang menghendaki presiden yang berkuasa saat ini terus berkuasa. Meluasnya dukungan terhadap gerakan #2019GantiPresiden ditandai dengan deklarasi-deklarasi di berbagai daerah. Beberapa kali, deklarasi itu mendapatkan penolakan dan aktivisnya mengalami persekusi. Terbaru, persekusi terhadap aktivis gerakan tersebut terjadi di Pekanbaru, Riau dan Surabaya, Jawa Timur. Penggagasa gerakan #2019GantiPresiden Neno Warisman diadang dan dipulangkan ke Jakarta, sementara di Surabaya terjadi sweeping terhadap pemakai kaos bertuliskan tagar itu. Ironisnya, aparat lembaga keamanan negara seperti Polri dan BIN turut terlibat dalam aksi pengadangan tersebut.

Senin, 20 Agustus 2018

Islamophobia di Hari Merdeka

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke 73, anak-anak dari PAUD/TK Kartika V 69 Probolinggo mengikuti Pawai Budaya. Pada kegiatan itu, media asing dan netizen tajam menyoroti busana bercadar dan jubah yang dikenakan peserta pawai.

Jum'at, 10 Agustus 2018

Gempa Lombok

Pada Ahad 5 Agustus 2018 gempa bumiberkekuatan 7 Skala Ritcher mengguncang kawasan Lombok Utara. Hingga lima hari berikutnya terjadi 447 gempa susulan. BNPB mengatakan jumlah korban sementara mencapai 259 orang.

Selasa, 31 Juli 2018

Bursa Capres 2019

Pertarungan calon presiden untuk Pemilihan Umum 2019 semakin sengit hingga batas akhir pendaftaran calon presiden. Dua nama kandidat muncul. Jokowi dan Prabowo. Seperti Pilpres sebelumnya, rakyat Indonesia terbelah menjadi dua kubu. Akankah muncul kubu ketiga? Dan apa dampak terkait bursa capres dengan umat Islam Indonesia saat ini?

Rabu, 18 Juli 2018

Tafsir UU Teror Baru

DPR RI telah mengesahkan revisi UU No 15 Tahun 2003 menjadi UU No 5 Tahun 2018 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme. Ternyata polemik belum selesai setelah parlemen mengetuk palu pengesahan undang-undang tersebut, tafsir baru yang diadopsi oleh para pejabat keamanan semakin memperumit keadaan.

Kamis, 12 Juli 2018

Rupiah Terjun Bebas

Masih terngiang-ngiang di kepala kita janji politik Presiden Jokowi yang mengklaim rupiah bisa menguat hingga Rp 10.000 berbanding dolar Amerika jika ia terpilih dan menang Pemilu. Namun kini, rupiah malah terjun bebas. Apa yang sebenarnya terjadi?

Rabu, 4 Juli 2018

Persatuan Umat

Ulama dan dai merupakan figur penting dalam kemajuan umat Islam, untuk itu persatuan umat mesti dimulai dari peran serta dan persatuan yang hadir di kalangan para pemimpin, dai dan ulama.

Selasa, 26 Juni 2018

Politik Olahraga

Hubungan antara olahraga dan politik atau ideologi, sudah tampak betapa olahraga dalam peradaban modern, bukan lagi sekadar kegiatan yang netral, melainkan kental sekali kandungan multimakna itu. Bahkan sudah tidak terlihat makna olahraga itu sendiri setelah semuanya terbaur oleh politik, yang ada hanyalah manipulasi sebuah kepuasan pribadi.

Selasa, 12 Juni 2018

Yahya Staquf ke Israel

Katib Aam PBNU dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Yahya Staquf bersedia datang ke Israel untuk menghadiri konferensi tahunan Forum Global AJC (Komite Yahudi Amerika) yang digelar di Yerusalem selama 10-13 Juni 2018. Kesediaan Gus Yahya memicu kontroversi di dalam dan di luar negeri, sebab berpotensi mencederai hubungan baik dan sejarah yang panjang Muslim Indonesia-Palestina.

Close