... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...
Dana GNPF dibidik

Rabu, 22 Februari 2017

Dana GNPF Dibidik

Aparat kepolisian memeriksa sejumlah ulama dan tokoh Islam dan pengurus Yayasan Keadilan untuk Semua (YKUS). Mereka dituduh melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) atas sumbangan umat untuk aksi bela Islam.

Senin, 13 Februari 2017

Hak Angket: Ahok Gate

Sejumlah anggota parlemen ajukan hak angket menyusul tidak diberhentikannya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama setelah menjadi terdakwa penistaan agama. Seluruh Kepala Daerah di Indonesia semuanya diberhentikan setelah menjadi terdakwa. Mengapa Ahok tidak?

Senin, 6 Februari 2017

Ketika Media Dibarcode

Bertepatan dengan Hari Pers Nasional pada 9 Februari 2016, Dewan Pers akan memberlakukan sistem barcode kepada media pers di Indonesia. Upaya ini disebut untuk menangkal berita bohong (hoax) tersebar di tengah masyarakat.

Selasa, 31 Januari 2017

Pelarangan Muslim di AS

Donald Trump telah menandatangani surat perintah eksekutif pelarangan visa bagi warga tujuh negara dengan mayoritas muslim. Dia juga melarang pengungsi Muslim untuk memasuki Amerika Serikat dan mendahukulan pengungsi Kristen.

Senin, 23 Januari 2017

Kriminalisasi Simbol Islam

Bersamaan dengan pemeriksaan terhadap pimpinan GNPF MUI, seorang pemuda bernama Nurul Fahmi (26 tahun) ditangkap aparat kepolisian. Ia digelandang ke kantor polisi pukul 0100 dini hari karena membawa bendera merah putih berlafaz kalimat tauhid.

Ahad, 15 Januari 2017

Islam Anti Hoax

Hoax maupun berita palsu (fake news) belakangan ini sering muncul ke hadapan kita. Memang sudah menjadi sebuah kelaziman, musim politik adalah musimnya hoax. Namun, ajaran Islam punya batasan yang ketat soal penyebaran berita. Jelas bahwa sebelum para pejabat dan politisi berbicara, Islam sudah mengenalkan bahaya hoax kepada umatnya.

Rabu, 4 Januari 2017

#StopBlokirMediaIslam

Menjelang pergantian tahun, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir sejumlah situs, termasuk sejumlah media online Islam. Pada tanggal 30 Desember 2016 Kominfo menyurati Penyedia Layanan Internet (ISP) untuk memblokir 11 situs yang dianggap melanggar UU ITE. Hingga akhirnya tagar #StopBlokirMediaIslam ramai di media sosial sebagai bentuk protes dari masyarakat. Langkah Kominfo tersebut menjadi pengulangan tindakan serupa yang terjadi pada medio 2015, saat kementerian tersebut memblokir media-media Islam atas permintaan BNPT. Dengan menuduh melakukan penyebaran konten radikal, mereka menutup situs-situs rujukan kaum muslimin Indonesia tanpa ada pemberitahuan dan tak bisa menyebutkan bagian-bagian yang dituduhkan.

Senin, 26 Desember 2016

#BebaskanRanu

Ranu Muda, jurnalis media Islam Panjimas.com ditangkap aparat saat sedang menjalankan tugas jurnalistiknya meliput di Social Kitchen, Solo. Ranu ditangkap sewenang-wenang dan dituding sebagai penyebar propaganda laskar Islam.

Kamis, 22 Desember 2016

Fatwa Atribut Natal

Setelah bertahun-tahun menerima banyak aduan tentang pemaksaan atribut nonmuslim terhadap umat Islam, MUI akhirnya mengeluarkan fatwa nomor 56 tahun 2016 tentang Hukum Menggunakan Atribut Keagamaan Non Muslim pada 14 Desember lalu. Fatwa itu menegaskan bahwa menggunakan atribut keagamaan non muslim serta mengajak dan/atau memerintahkan penggunaan atribut keagamaan non muslim adalah haram.