Ustadz ABB Bertemu Cak Nun, Ini Yang Dibahas

KIBLAT.NET, Jakarta – Ustadz Abu Bakar Ba’asyir bertemu dengan budayawan Emha Ainun Najib atau yang akrab dengan sapaan Cak Nun. Putra Ustadz ABB, Abdur Rochim Ba’asyir mengatakan bahwa kunjungan ke tokoh dan lembaga Islam sudah direncanakan.

“Ustadz Abu memang sejak bebas sudah direncanakan ingin silaturahim ke tokoh dan lembaga Islam. Ini sebagai bentuk menyambung dengan sesama umat Islam dari berbagai elemen, pikiran dan lembaga,” tuturnya kepada Kiblat.net pada Selasa (23/02/2021).

Ia juga menyebutkan bahwa keduanya membicarakan kondisi bangsa dan menyampaikan keprihatinan masing-masing terkai situasi saat ini. Sebab, saat ini bangsa menghadapi berbagai kemerosotan.

“Misalnya kemerosotan moral dan peradaban secara umum. Secara spesifik fenomena media sosial berberan besar untuk kemerositan moral dan peradaban,”

“Juga sampai bahas fenomena buzzer yang banyak merugikan orang, memfitnah bahkan menjadi fasilatas tersebarnya berita hoaks,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu ia mengatakan, Ustadz Abu berterima kasih kepada Cak Nun yang dulu sempat memberikan motivasi saat awal Ustadz Abu diangkap.

Jadi dahulu, kata dia, awal 2002/2003 situasinya para santri di Solo dan jamaah pengajian Ustadz Abu sangat sedih dan marah dengan pemerintah yang memperlakukan beliau seperti itu.

“Lalu kita undang memberikan ceramah di Solo, berkumpul santri kita dan jamaah pengajian. Lalu beliau (Cak Nun.red) memberikam motivasi agar jangan bersandar pada hukum atau pengaadilan manusia tapi pengadilan yang Maha Adil,” ucapnya.

BACA JUGA  Pengacara Minta Seluruh Berkas Perkara HRS Digabung

Apa yang diucapkan Cak Nun ketika itu menurut Ustadz Iim menjadikan kegalauan yang merundung santri dan jamaah pengajian berkurang.

Selan itu, tutur Ustadz Iim, Cak Nun menghormati ijtihad jalan Ustadz Abu. Cak Nun mendukung pada sisi yang ditempuh untuk membawa kebaikan pada bangsa ini.

“Lalu pertemuan ditutup dengan mendoakan bangsa Indonesia mudah-mudahan dijaga oleh Allah Ta’ala dan segera diselamatkan dari keburukan,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat