Amien Rais Minta Masyarakat Tetap Kawal Penembakan Laskar

KIBLAT.NET, Jakarta – Prof. Amien Rais menilai bahwa penembakan terhadap enam laskar FPI bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan. Maka, ia menilai seharusnya Komnas HAM menganggap hal itu sebagai pelanggaran HAM berat. Bukan pelanggaran HAM biasa.

“Penembakan terhadap enam laskar FPI jelas kejahatan terhadap kemanusiaan. Dan sesungguhnya bagi Komnas HAM menilai sesuatu cuma dua, pelanggaran HAM berat atau tidak sama sekali,” katanya pada Kamis (21/01/2021).

“Artinya ini kritik terhadap Komnas HAM jangan memoles sesuatu yang sudah jelas,” tuturnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat mengawal kasus tersebut. Apabila anak bangsa tidak ada yang bicara dengan lantang untuk menegakan hukum, melawan kezaliman, bangsa kita menjadi dingin.

Artinya ketika terjadi pembunuhan itu tenang-tenang saja dan tak peduli. “Dan kalau ini kita lepaskan, ada peluang memusnahkan nyawa dianggap enteng saja,” tutur Amien.

Amien menyebut bahwa banyak negara yang semula demokrasi, tapi elit tidak punya mental demokrasi. Akhirnya membangun oligarki, membangun rezim otoriter bahkan diktatorial. “Dan bisa semakin hebat karena rakyat lebih memilih diam saja,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat