KontraS: Rekam Jejak Listyo, Gagal Ungkap Kasus Novel Baswedan

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) memberikan komentar terkait calon tunggal Kapolri, Listyo Sigit Prabowo. Menurut Koordinator KontraS, Fatia Mulidiyanti, Listyo bertanggungjawab mengungkap kasus Novel Baswedan.

“Saat menjabat sebagai Kabareskrim Polri 2019, Listyo Sigit Prabowo bertanggungjawab mengungkap aktor intelektual dan melakukan penegakan hukum terhadap anggota Kepolisian yang terlibat dalam kasus penyiraman air keras terhadap Penyidik KPK Novel Baswedan,” kata Fatia dalam keterangan pers, Selasa (19/01/2021).

“Akan tetapi pengungkapan kejahatan tersebut hanya berhenti pada aktor lapangan, yakni Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis,” sambungnya.

Namun sebagaimana diketahui, kata dia, Tim Advokasi menilai penyelidikan maupun penyidikan yang dilakukan oleh Kepolisian tidak kunjung menuai hasil. Dua pelaku penyiraman yang saat ini telah menyandang status terpidana diduga keras bukan aktor sebenarnya.

Tidak hanya itu, ia menyebut saat pproses persidangan pun Tim Advokasi menemui berbagai kejanggalan. Mulai dari dugaan intimidasi terhadap saksi, menghilangkan barang bukti, sampai pada pendampingan hukum oleh Divisi Hukum Polri.

“Hal ini semakin menguatkan indikasi adanya upaya Kepolisian untuk menutup-nutupi pelaku intelektual di balik serangan terhadap Novel,” tuturnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

 

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat