Busyro Muqqodas: Ungkap Aktor Intelektual Penembakan Laskar

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Hukum dan HAM dan Kebijakan Publik, Busyro Muqqodas mendesak Komnas HAM melakukan penyelidikan lebih mendalam terkait penembakan laskar FPI.

Menurut Busyro, penyelidikan yang dilakukan beberapa saat lalu masih belum mendalam.

“Mendesak Komnas HAM untuk mengungkap fakta-fakta dalam kasus ini secara lebih mendalam, investigatif, dan tegas. Karena tugas penyelidikan yang telah berjalan terkesan tidak tuntas dalam pengungkapannya,” kata Busyro dalam keterangan pers, Senin (18/01/2021).

“Termasuk pengungkapan aktor intelektual di balik penembakan tersebut,” sambungnya.

Selain itu, ia juga meminta Presiden Jokowi selaku kepala negara dan kepala pemerintahan untuk mendukung hal tersebut. Menurutnya, Presiden juga harus memberikan perintah secara tegas kepada pihak yang berwenang untuk mengungkap aktor intelektual di balik penembakan tersebut.

Busyro juga berharap agar Presiden Jokowi merealisasikan janji-janjinya untuk menuntaskan sejumlah pelanggaran HAM yang selalu berakhir tidak tuntas. Seperti kasus pembunuhan aktivis HAM Munir, Siyono, dan pembunuhan terhadap sejumlah aktivis lingkungan hidup dan korban kriminalisasi warga oleh perusahaan Tambang.

“Kami mengajak elemen masyarakat sipil untuk terus mendorong dan mengingatkan pemerintah agar jangan menjadikan abai sebagai suatu kebiasaan. Sehingga pendiaman kasus-kasus yang seharusnya dapat diupayakan keadilan hukumnya justru tidak tuntas,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat