Komnas HAM Diminta Tak Jadi Humas Pelaku Pelanggaran HAM

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengacara Keluarga Laskar, M. Hariadi Nasution menilai Komnas HAM menjadi jubir pelanggaran HAM. Ini ditegaskan Hariadi menyikapi pernyataan Ketua Komnas HAM pasca bertemu Presiden Jokowi.

“Kami melihat justru Ketua Komnas HAM sudah berubah fungsi menjadi juru bicara dan bagian dari Humas para pelaku Pelanggaran HAM yang masih berkeliaran bebas, dan sewaktu waktu dapat mengulangi perbuatan Extra Judicial Killing maupun Torture terhadap penduduk sipil,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (15/01/2021).

Ia menegaskan bahwa mandat Komnas HAM seharusnya adalah menghentikan berbagai bentuk Impunitas Circle dan lingkaran kekerasan yang terus menerus terjadi terhadap penduduk sipil.

Menurutnya, berbagai peristiwa kekerasan fisik, kekerasan verbal dan kekerasan struktural yang terus menerus dilakukan oleh rezim penguasa sudah menjadi pola dalam penyelenggaraan negara dengan cover menegakkan sosial order.

“Maka sungguh menjadi sebuah tragedi sejarah dan merupakan signal kehancuran peradaban. Bila mandat Komnas HAM dijalankan oleh komisioner yang tidak berkompeten dan mengkhianati mandat yang diamanahkan ke pundaknya,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, Komnas HAM kemarin bertemu dengan Joko Widodo untuk menyerahkan hasil investigasi terkait meninggalnya enam pengawal HRS.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat