Dewan Dakwah Beri Penghargaan Pilot SJI82 Sebagai Pilot Teladan

Pengurus Dewan Dawah Islamiyah Indonesia (DDII) Kabupaten Bogor mengunjungi kediaman Kapten Afwan, pilot Pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak yang mengalami musibah di Perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (09/01/2021) sore.

KIBLAT.NET, Cibinong – Pengurus Dewan Dawah Islamiyah Indonesia (DDII) Kabupaten Bogor mengunjungi kediaman Kapten Afwan, pilot Pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak yang mengalami musibah di Perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (09/01/2021) sore.

Rombongan yang di pimpin ketua DDII Kab. Bogor, Dr. Awang Darmawan datang sekitar pukul 19.00 WIB ke kediaman keluarga di Perumahan Bumi Cibinong Endah Blok A3 Nomor 10, RT 02 RW10, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Selasa (13/01/2021).

Pada kesempatan itu pengurus DDII Bogor langsung diterima keluarga Kapten Afwan yaitu istri beliau beserta anak-anak dan beberapa anggota keluarga lainnya. Ikut mendampingi, Kyai Ahmad Syujai, tetangga Afwan yang juga anggota Dewan Syuro DDII Bogor. Turut hadir beberapa tetangga serta sejumlah pengurus DDII Bogor lainnya.

Dalam pertemuan singkat tersebut, ketua DDII Bogor menyampaikan bela sungkawa dan duka yang mendalam atas musibah yang terjadi.

“Kami keluarga besar Dewan Da’wah Islamiyah baik pusat, wilayah Jawa Barat, maupun Kabupaten Bogor mengucapkan turut berbela sungkawa dan duka yang mendalam kepada keluarga Kapten H. Afwan atas tragedi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182,” kata Awang Darmawan.

Awang juga mendoakan semoga Kapten Afwan meninggal dalam keadaan syahid dan khusnul khotimah.

“Dan semoga keluarga yang di tinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi cobaan ini,” sambungnya.

BACA JUGA  Pesan PKS ke Listyo: Polri Bukan Alat Kekuasaan

Dari pihak keluarga kemudian memohon doa dari semuanya, semoga Kapten Afwan diberikan tempat yang terbaik oleh Allah SWT.

“Saya atas nama keluarga mengucapkan terima kasih dan juga doa dari semua. Khususnya kepada Dewan Dawah, semoga beliau diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah, dan kami keluarga diberi kekuatan agar bisa ikhlas menerima musibah,” ungkap salah satu keponakan Kapten Afwan.

Sosok Afwan dikenal sebagai sosok dengan kebaikan yang luar biasa. Tidak hanya di dalam keluarganya tapi juga di mata para tetangganya. Ia dikenal sebagai pribadi sholeh, baik dan sangat ramah terhadap tetangga.

“Beliau orang baik, rajin ke masjid, suka membantu tetangga dan aktif di kegiatan sosial yang ada di lingkungan, terutama di masjid sekitar rumah beliau,” kata salah seorang tetangga.

Mendengar penuturan dari keluarga, tetangga, dan orang orang yang ada di sekitar beliau, maka pengurus DDII Bogor memberikan penghargaan sebagai bentuk penghormatan kepada Kapten Afwan.

“Insya Allah sebagai bentuk simpatik dan penghargaan kepada almarhum, maka kami DDII Bogor memberikan penghargaan kepada beliau sebagai pilot teladan. Mudah-mudahan apresiasi ini akan menjadi motifasi dan semangat bagi keluarga untuk tetap tegar dan ikhlas,” kata ketua DDII Bogor.

Pada kesempatan tersebut, DDII Bogor juga menyampaikan amanah dari Lembaga Amil Zakat Nasional Dewan Dawah serta titipan salam dari ketua Umum DDII Pusat, Dr. Adian Husaini serta Ketua DDII Jawa Barat, Dr. Hadiyanto.

BACA JUGA  Praperadilan Ditolak, Pengacara HRS: Maulid Nabi Jadi Tindak Pidana?

Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia berharap semoga kesalehan dan kebaikan Kapten Afwan dapat menjadi teladan bagi pilot-pilot lainnya. Bukan hanya itu, kebaikan beliau juga sudah dikenal dan selalu dikenang oleh masyarakat dan bangsa Indonesia.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat