Habib Rizieq dan Menantu Tak Hadiri Panggilan Polisi

KIBLAT.NET, Jakarta – Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab dan menantunya, Habib Hanif Alathas tak mendatangi panggilan Polda Metro Jaya. Pengacara HRS mengatakan bahwa kliennya saat ini sedang istirahat.

“Beliau (HRS.red) sedang istirahat setelah kemarin baru keluar dari RS 28 nov 2020. Alhamdulillah pihak kepolisian terutama penyidik sangat mengerti dan memahami alasan kesehatan tersebut, sehingga kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi pihak mereka dalam hal ini,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Selasa (01/12/2020).

Dihubugi terpisah, pengacara Habib Hanif, M. Kamil Pasha mengatakan bahwa kliennya sudah ada kegiatan terjadwal sebelum adanya surat panggilan. Ia menilai, surat panggilan ini terlalu cepat karena hanya berselang dua hari setelah surat sampai.

“Padahal sesuai ketentuan pasal 112 ayat 1, Pasal 27 ayat 1 KUHAP, Panggilan kepada saksi harus memperhatikan tenggang waktu yang wajar antara diterimanya panggilan dan hari seorang itu diharuskan memenuhi panggilan tersebut. Yakni disampaikan selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal hadir yang ditentukan,” ucapnya.

Ia juga menyebut bahwa terdapat inkonsistensi pencantuman pasal antara penyelidikan dengan penyidikan. Sebab pasal 160 KUHP yang tidak ada pada tahap penyelidikan, muncul pada tahap penyidikan.

“Hal tersebut membuat ketidakjelasan bagi klien kami mengenai pasal yang menjadi alasan pemanggilan. Padahal alasan pemanggilan saksi harus telah jelas sebagaimana ketentuan pasal 112 ayat 1 KUHAP,” paparnya.

BACA JUGA  Innalilahi, Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia

Selain itu, penerapan pasal-pasal yang terdapat dalam surat panggilan tidak tepat dan tidak ada relevansinya jika ditanyakan kepada klien kami. Karena yang terjadi di Tebet Utara dan Petamburan pada beberapa waktu lalu sebagaimana diketahui klien kami adalah acara peringatan Maulid Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan sebuah acara pernikahan.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat