HRS Center: Habib Rizieq Tak Bisa Dipidana Karena Langgar PSBB

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur HRS Center, Dr. Abdul Chair Ramadhan menegaskan bahwa tidak tepat jika acara pernikahan Habib Rizieq dan acara Maulid Nabi Muhammad dibawa ke ranah pidana. Sebab, pidana bagi pelanggar PSBB tak diatur dalam UU nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

“Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Keschatan tidak menyebutkan norma hukum larangan dan sanksi pidana PSBB. Norma bukum Pasal 9 jo Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tabun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan berlaku dalam hal pelanggaran Kekarantinaan, bukan PSBB,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta pada Kamis (19/15/2020).

“Dengan demikian, proses penyelidikan yang dilakukan oleh Kepolisian terhadap acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Imam Besar Habib Rizieq Syihab harus dinyatakan bukan peristiwa/perbuntan pidana,” sambungnya.

Ia menegaskan bahwa Penerapan Pasal 216 KUHP juga tidak tepat guna kepentingan penyelidikan perkara tersebut. Menurutnya, Pasal 216 KUHP tidak ada relevansinya dengan penyelenggaraan PSBB.

“Oleh karena tidak ada perbuatan picdana dalam PSBB, maka keberlakuan Pasal 216 KUHP tidak dapat diterapkan,” tuturnya.

Soal penjatuhan denda sebesar limapuluh juta rupiah kepada Habib Rizieq Syihab oleh Pemprov DKI Jakarta, kata dia, itu bukan dimaksudkan sebagai pelanggaran bukum pidana. Melainkan sebagai denda administratif. Maka, denda administratif yang telah dibayarkan oleh Habib Rizieq Syihab memperjelas tidak adanya perbuatan pidana.

BACA JUGA  Viral Azan "Hayya 'alal-jihad", Wamenag Minta Tokoh Islam Beri Pencerahan

“Oleh sebab itu, terhadap Gubernur DKI Jakarta, Imam Besar Habib Rizieq Syihab dan pihak-pihak lainnya tidak dapat dikategorikan telah melakukan perbuatan pidana,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat