Milad ke 108, Muhammadiyah Angkat Tema ‘Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri’

KIBLAT.NET, Jakarta – PP Muhammadiyah akan menyelenggarakan milad yang ke 108. Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir menegaskan bahwa dalam perayaan ini, pihaknya mengangkat tema “Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri”

“Tema Milad kita tahun ini yaitu “Meneguhkan Gerakan Keagaman Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri. Ini untuk mempertegas sikap dan kebijakan Muhammadiyah dalam menghadapi keragaman paham, pandangan dan orientasi keagamaan yang tumbuh,” kata Haedar dalam konferensi pers pada Senin (16/11/2020).

Ia menilai bahwa saat ini kecenderungan beragama di Indonesia semakin membaik. Menurutnya, kecenderungan beragama yang semakin baik adalah modal positif agar masyarakat semakin dengan agama.

“Beragama dalam konteks Islam tujuannya membawa keselamatan dan kebahagiaan hidup umat manusia di dunia dan akhirat. Islam hadir untuk membawa dan menciptakan sistem kehidupan yang selamat, damai, bahagia, tidak hanya untuk orang islam tapi semesta alam,” paparnya.

Dalam menghadapi Pandemi Covid-19, Muhammadiyah sudah melakukan berbagai upaya untuk membantu pemerintah dan masyarakat untuk menekan wabah ini. Baik dalam aspek ibadah dan keagamaan, masalah sosial, kesehatan hingga ekonomi.

“Muhammadiyah sejak awal berkomitmen lewat semua komponen gerakan untuk optimalisasi dalam menghadapi covid-19. Caranya adalah ikhtiar. baik lewat pemerintah atau lewat masyarakat dengan mengajak disiplin menjaga protokol kesehatan,” paparnya.

Di sisi lain, ia menyebutkan bahwa masalah-masalah negeri, kebangsaan baik politik, ekonomi, maupun budaya dan keagamaan yang dihadapi bangsa ini juga sangat kompleks. Sehingga tidak mungkin diselesaikan satu pihak.

BACA JUGA  Pengacara HRS Optimistis Menang Praperadilan

“Untuk itu, lewat tema milad ini Muhamadiyah mengingatkan sekaligus mengajak seluruh kekuatan bangsa termasuk pemerintah, lembaga-lembaga politik dan kenegaraan untuk menyelesaikan masalah-masalah bangsa dengan seluruh kekuatan yang kita miliki. Dengan kebersamaan, persatuan dan semangat mencari solusi,” pungkasnya.

Perayaan Milad ini akan digelar pada 18 November 2020 mendatang dan digelar secara virtual di tiga titik, yaitu Yogyakarta, Jakarta dan Solo. Acara dimeriahkan dengan berbagai penampilan, dari mulai paduan suara, pembacaan puisi hingga pemberian penghargaan.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat