Kunjungan ke Lamongan, BNPT Dukung Penuh Yayasan Ali Fauzi

KIBLAT.NET, Lamongan – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar, mengunjungi salah satu mitra deradikalisasi BNPT yakni Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP) yang diinisiasi mantan kombatan Ali Fauzi Manzi, berpusat di Lamongan, Jawa Timur.

Kunjungan ini merupakan salah satu agenda dari rangkaian kunjungan kerja Kepala BNPT dan jajaran di Provinsi Jawa Timur hingga akhir bulan Oktober mendatang.

Yayasan yang didirikan Ali Fauzi bersama dengan mantan teroris lainnya di tahun 2017 tersebut mendidik anak-anak, janda, serta para istri yang suaminya masih dipenjara karena kasus tindak pidana terorisme. Dengan visi “Merawat Ukhwah Merajut Perdamaian”, YLP hingga hari ini telah menarik puluhan mantan narapidana terorisme kembali ke NKRI.

“Lingkar Perdamaian memberikan support kepada mantan teroris dengan muatan cinta negara, toleransi, dan mengusung Islam ramah, bukan Islam marah. Itulah yang mendorong kita untuk membantu pemerintah dalam program deradikalisasi,” tegas Ali Fauzi dalam keterangan tertulis yang diterima Kiblat.net, Kamis (22/10/2020).

Boy Rafli mengapresiasi keberadaan YLP yang berkomitmen untuk menciptakan Indonesia yang lebih maju dan damai. Ia pun ingin memberikan bimbingan lebih lanjut terhadap program maupun aktivitas yang dilakukan yayasan, terutama dalam hal pembangunan kesejahteraan.

Menurutnya pembimbingan tersebut dapat memajukan kiprah YLP sebagai mitra deradikalisasi BNPT, memajukan kesejahteraan anggota yayasan serta masyarakat sekitar Desa Tenggulun.

BACA JUGA  Gelar Pernikahan dan Maulid, Habib Rizieq Disanksi Satpol PP

“Kita berharap apa yang telah dilakukan yayasan ini dilanjutkan dan dikembangkan dengan menanfaatkan sumber daya dan dukungan yang bersumber dari pemerintah daerah maupun pusat, semoga bermanfaat untuk banyak orang,” ungkap Boy Rafli ditemui usai silaturahmi.

Kepala BNPT pun mengajak eks teroris yang sudah berkomitmen kembali ke NKRI dapat menjadi agen perdamaian. Ali Fauzi dan mantan teroris yang hadir dalam silaturahmi tersebut menyambut baik ajakan tersebut.

“Ribuan terima kasih saya ucapkan atas dukungan dalam menciptakan Indonesia yang lebih maju dan damai,” tutup Ali Fauzi selaku ketua YLP.

Selain mengunjungi YLP, Boy Rafli yang didampingi Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Direktur Pencegahan BNPT, Direktur Perlindungan BNPT, Direktur Deradikalisasi BNPT, serta Inspektur BNPT juga mengunjungi Pondok Pesantren Al Islam dan Pondok Pesantren Sunan Drajat, Desa Banjarwati, Kabupaten Lamongan.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat