Kemenag: Diperlukan Khutbah Jumat yang Relevan dengan Perkembangan Zaman

KIBLAT.NET, Jakarta – Kementrian Agama menggelar rencana strategis (Renstra) Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama RI tahun 2020-2024 dalam bentuk webinar.

Saat membuka acara tersebut, Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin mengungkapkan bahwa pihaknya akan meningkatkan intensitas penyelesaian konflik intra umat beragama, diantaranya melalui naskah khutbah jumat yang bermutu.

“Saat ini diperlukan materi khutbah Jumat yang responsif dan relevan dengan perkembangan zaman,” katanya, Selasa (20/10/2020).

Ia menambahkan, stabilitas kehidupan beragama di Indonesia tak bisa dilepaskan dari meningkatnya kualitas bimbingan dan penyuluhan agama Islam.

“Penyuluhan dilakukan, diantaranya melalui standardisasi kompetensi kepenyuluhan agama Islam berbasis kurikulum moderasi beragama,” ujarnya.

Ia memyebutkan bahwa Kemenag akan menyediakan literasi digital yang mendukung peningkatan kualitas para pemuka agama yang mengakses masyarakat, diantaranya melaui para khatib Jumat.

Selama ini Kemenag telah menyiapkan naskah-naskah khutbah Jumat gratis, termasuk naskah yang khusus untuk disampaikan kepada generasi millenial sebagai bagian penting dari struktur sosial saat ini.

“Bahan-bahan khutbah jumat dapat diunduh melalui laman http://simbi.kemenag.go.id. Link ini menyediakan naskah khutbah yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat,” ulasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat