... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Soal Vaksin Covid-19, Wapres Minta Masyarakat Dukung Pemerintah

Foto: Wapres, Ma'ruf Amin

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah tengah melakukan uji klinis vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan pada jutaan masyarakat. Vaksin itu diadakan melalui kerjasama dengan negara-negara lain ataupun yang dikembangkan sendiri yakni vaksin Merah Putih.

Wakil Presiden Ma’aruf Amin memastikan bahwa vaksin yang akan disuntikkan pada jutaan masyarakat Indonesia sudah melalui beberapa tahap uji klinis. Menurutnya, keberadaan vaksin bahkan sejalan dengan ajaran syariat Islam dan hadis-hadis nabi Muhammad SAW.

Ia menilai bahwa vaksinasi menjadi salah satu maqashid asy-syariah. Yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga harta, menjaga keturunan dan menjaga akal.

“Dari 5 ini, dalam kondisi yang normal, menjaga agama itu nomor satu. Nomor dua menjaga jiwa atau hifdzun nafs. Tapi dalam keadaan yang tidak normal seperti masalah pandemi, menjaga keselamatan jiwa menurut syariat itu nomor satu. Karena menjaga jiwa tidak ada alternatifnya, tidak bisa digantikan yang lainnya. Maka harus diutamakan,” jelas Ma’aruf.

Soal pengadaan vaksin oleh pemerintah, Ma’aruf mengatakan itu sebagai bentuk upaya ikhtiar untuk mencegah terjadinya suatu penyakit. Ia memaparkan ada dalil umum dalam agama Islam yang meminta umat Islam mempersiapkan 5 hal sebelum datang 5 hal.

“Pertama, umat Islam harus bersiap pada masa mudanya sebelum masa tua. Kedua, persiapkan masa sehat sebelum sakit. Ketiga, persiapkan masa kaya sebelum miskin. Keempat, persiapkan masa luang sebelum sibuk. Dan kelima, persiapkan masa hidup sebelum mati,” tuturnya.

BACA JUGA  Pembentukan UU Omnibus Law Bukan Lagi Kotor, Tapi Jorok

Saat ini untuk pengadaan vaksin, Pemerintah sudah menerbitkan Keputusan Presiden No. 18 Tahun 2020 tentang Tim Nasional Percepatan Pengembangan Vaksin. Tim ini diharapkan melakukan penyiapan, pendayagunaan, peningkatan kapasitas serta kemampuan nasional dalam mengembangkan vaksin.

Ma’aruf Amin meminta masyarakat memberi dukungan kepada pemerintah. Dukungannya untuk semua tahapan persiapan hingga pelaksaanaan vaksinasinya. Masyarakat juga diharapkan tidak terpengaruh berita-berita bohong yang disebarkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

“Masyarakat bisa mengikuti informasi-informasi melalui keterangan resmi yang disampaikan pemerintah. Jangan percaya informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya,” imbaunya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Soal Vaksin Covid-19, Wapres Minta Masyarakat Dukung Pemerintah”

  1. Semoga pemimpin negeri ini diberikan Petunjuk ke jalan yang oleh Allah SWT,

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Lainnya

RAND Corporation di Balik Islamophobia

Pada tahun 2004, Daniel Pipes, pendiri Middle East Forum yang juga dikenal sebagai dalang gerakan Islamophobia menulis sebuah artikel berjudul “Rand Corporation and Fixing Islam”.

Sabtu, 17/10/2020 15:26 0

Info Event

HOTS Luncurkan Program Mengahafal Serentak Al-Muzammil, Yuk Gabung!

Komunitas Hafizh On The Street (HOTS) kembali mengajak Sahabat Muslim di manapun berada untuk terus mengakrabkan diri dengan Al-Quran

Jum'at, 16/10/2020 20:14 0

Artikel

Omnibus Law: Pesta Oligarki di Tengah Pandemi

Demonstrasi menentang UU Cipta Kerja (Omnibus Law) seperti api yang membakar, merambat ke berbagai wilayah di Indonesia. Mungkin inilah gelombang demonstrasi terbesar sepanjang tahun 2020. Berbagai elemen masyarakat hadir mulai dari mahasiswa, akademisi, buruh hingga pelajar SMK. Sulit untuk dikatakan bahwa demonstrasi ini tak berdampak ke berbagai lapisan masyarakat. Atau seperti yang disebutkan Harris Azhar, “ Bagaimana kita membayangkan masyarakat adat tanpa lahan? Petani tanpa sawah? Buruh tanpa jaminan sosial?”

Kamis, 15/10/2020 16:34 0

Video Kajian

Ayat-ayat Al-Quran yang Turun Karena Umar bin Khattab

Umar bin Khattab adalah seorang shahabat yang mulia.

Selasa, 13/10/2020 19:29 1

Arab Saudi

Nol Infeksi Virus saat Saudi Gelar Umrah Perdana

Pejabat itu mengatakan tahap pertama adalah 1.000 jamaah dan akan diperpanjang hingga 14 hari.

Jum'at, 09/10/2020 16:28 0

Afghanistan

Tak Sepenuhnya Ditarik, AS Sisakan 2.500 Pasukan di Afghanistan

Di Twitter, Trump berkata: "Kita harus memiliki sedikit sisa dari Pria dan Wanita kita yang melayani di rumah Afghanistan sebelum Natal!"

Jum'at, 09/10/2020 15:20 0

Myanmar

Muslim Rohingya Hidup dalam Penjara Terbuka di Myanmar

HRW mengatakan penahanan massal sebagian besar Muslim Rohingya di kamp-kamp itu seperti "penjara terbuka".

Jum'at, 09/10/2020 15:17 1

Video

Khutbah Jum’at: Rumah & Dakwah – ust. Sabiq Muslim

Sesungguhnya rumah adalah anugrah dari Allah SWT yang patut senantiasa kita syukuri.

Jum'at, 09/10/2020 14:27 0

Suriah

Demontrasi Warga Suriah: Penjajah Rusia Harus Pergi!

Warga Suriah menggelar demonstrasi di Idlib, barat laut Suriah untuk menandai lima tahun intervensi Rusia untuk mendukung rezim Bashar Assad.

Jum'at, 02/10/2020 16:55 0

Amerika

Musim Kampanye Pemilu AS, Trump Dinyatakan Positif Covid-19

Tes positif Trump menyusul berita bahwa Hope Hicks, penasihat utama dan asisten tepercaya, telah dites positif terkena virus corona baru.

Jum'at, 02/10/2020 16:45 0

Close
CLOSE
CLOSE