Demontrasi Warga Suriah: Penjajah Rusia Harus Pergi!

KIBLAT.NET, Idlib – Warga Suriah menggelar demonstrasi di Idlib, barat laut Suriah untuk menandai lima tahun intervensi Rusia untuk mendukung rezim Bashar Assad.

Para pengunjuk rasa berdiri di tengah reruntuhan rumah yang dihancurkan oleh bom Rusia dan menggunakan slogan seperti “penjajah Rusia harus pergi” dan “Putin dan pesawat tempurnya menghancurkan peradaban paling kuno dalam sejarah.”

Salah satu pengunjuk rasa, Mustafa Manna, mengatakan bahwa Rusia mendukung rezim dalam membunuh dan menggusur warga sipil.

“Itu (Rusia) tidak membawa apa-apa ke negara itu kecuali kehancuran dan kehancuran,” katanya, seraya menambahkan bahwa sekolah, rumah sakit, dan lingkungan perumahan pun belum diselamatkan.

Rusia melakukan intervensi langsung di Suriah pada akhir 2015, diduga atas permintaan resmi rezim Suriah. Moskow telah membangun sejumlah besar instalasi di Suriah. Angkatan udara dan pangkalan militernya di seluruh negeri telah memungkinkan Assad dalam beberapa tahun terakhir untuk mengalahkan oposisi yang bangkit melawan pemerintahan otoriternya.

Pesawat tempur Rusia kerap menargetkan wilayah di bawah kendali oposisi Suriah, awalnya meluncurkan serangan dari Pangkalan Udara Hmeimim di bagian barat negara itu.

Organisasi hak asasi manusia telah menerbitkan beberapa laporan yang menyebut Rusia bertanggung jawab atas kematian puluhan ribu warga sipil di Suriah sejak intervensinya pada 2015. Sementara komunitas internasional telah mengambil beberapa tindakan terhadap kejahatan perang rezim Assad yang didukung Rusia.

BACA JUGA  Banjir Terjang Ratusan Tenda Pengungsi Suriah di Idlib

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat