... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kemenag Berharap Jamaah dari Indonesia Bisa Berangkat Umrah

Foto: Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus M. Arfi Hatim

KIBLAT.NET, Jakarta – Arab Saudi telah mengumumkan akan kembali membuka penyelenggaran umrah secara bertahap. Arab Saudi juga menginformasikan bahwa akan merilis daftar negara yang diizinkan memberangkatkan jemaah umrah.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus M. Arfi Hatim menyambut baik kebijakan Saudi. Dia berharap Indonesia masuk dalam daftar negara yang diizinkan memberangkatkan jemaah. “Mudah-mudahan Indonesia termasuk yang diijinkan untuk memberangkatkan ibadah umrah,” tutur Arfi di Jakarta, Kamis (24/09).

“Komunikasi dan koordinasi terus dibangun melalui perwakilan pemerintah RI di Arab Saudi dengan pemerintah Kerajaan Arab Saudi,” sambungnya.

Bersamaan itu, lanjut Arfi, pihaknya saat ini tengah menyiapkan regulasi umrah di masa pandemi. Regulasi ini dibutuhkan karena akhir dari pandemi Covid-19 ini belum diketahui. Selain itu, negara juga harus hadir dalam rangka memberikan pelayanan, pembinaan, dan pelindungan kepada jemaah umrah.

“Regulasi ini menitikberatkan pada aspek kesehatan dan keselamatan jemaah. Beberapa yang sedang dibahas antara lain terkait penerapan protokol kesehatan, serta batasan usia dan ketentuan tentang penyakit bawaan/penyerta. Termasuk juga aturan skema transportasi dan aspek pelayanan lainnya yang diberikan oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU),” jelasnya.

“Pembahasan regulasi ini melibatkan lintas kementerian dan lembaga terkait, terutama Kemenkes, Kemenhub, Kemenlu, dan Satgas Penanganan Covid-19. Tentu asosiasi PPIU juga akan dilibatkan,” lanjutnya.

Arfi menegaskan, pembahasan regulasi ini juga akan memperhatikan kebijakan yang diterbitkan Saudi dalam penyelenggaraan umrah di masa pandemi. Sebab, layanan umrah lebih banyak diberikan saat jemaah di Saudi. Misalnya, apakah Saudi akan menerapkan karantina atau tidak, mekanismenya seperti apa, dan bagaimana ketentuan yang terkait dengan tes bebas covid-19.

BACA JUGA  Keberangkatan Umrah Indonesia Masih Menunggu Izin Saudi

“Hal ini masih dibahas bersama Kemenkes dan Satgas. Kita masih kaji dan mempertimbangkan segala risikonya. Kita tidak ingin ada kluster umrah sekembalinya mereka melaksanakan umrah, dan negara harus hadir,” sambungnya.

Arfi berharap jemaah tetap bersabar menunggu kebijakan dari Arab Saudi dan pemerintah kita serta tetap selalu menjaga kesehatan. Kemenag masih menunggu perkembangan kebijakan dari Saudi.

“Jika memang Indonesia diizinkan memberangkatkan jemaah, akan kita prioritaskan bagi mereka yang tertunda keberangkatannya sejak 27 Februari 2020,” tandasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Sebuah Ponsel Tertanam di Perut Pria Ini Selama 7 Bulan

Dalam kejadian aneh, tim medis di Mesir berhasil mengeluarkan ponsel dari perut seorang warga Mesir yang menelannya 7 bulan lalu.

Kamis, 24/09/2020 13:58 0

Turki

Gli, Kucing Penghuni Hagia Sophia Jatuh Sakit

Dengan mata hijaunya yang bersinar, Gli telah menjadi pemandangan favorit bagi banyak pengunjung masjid.

Kamis, 24/09/2020 13:53 0

Eropa

Setelah 5 Tahun, Azan di Jerman Kembali Berkumandang

Pengadilan Jerman pada Rabu menolak permohonan untuk membungkam panggilan muazin dari sebuah masjid di kota kecil setelah sengketa hukum yang berlangsung selama lima tahun.

Kamis, 24/09/2020 13:46 0

Artikel

Pengabaian Keselamatan Jiwa Rakyat dalam Pilkada 2020

Dapat dikatakan, penyelenggaraan Pilkada merupakan pencabutan PSBB secara diam-diam.

Kamis, 24/09/2020 09:30 0

Palestina

Respon Manuver Israel, Hamas-Fatah Berunding di Turki

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menelepon Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Senin dan menyampaikan apresiasinya karena menjadi tuan rumah perundingan.

Rabu, 23/09/2020 16:50 0

Mesir

Tuntut Al-Sisi Mundur, Aksi Protes Pecah di Seluruh Mesir

Di Suez, Kafr El Dawwar, sebuah kota di Delta Nil, Kairo, Alexandria, dan Aswan, para demonstran menuntut Al-Sisi mundur.

Rabu, 23/09/2020 16:42 0

Arab Saudi

Alhamdulillah, Arab Saudi Izinkan Umrah Mulai 4 Oktober

Arab Saudi pada Selasa (23/09/2020), mengatakan akan mulai mengizinkan peziarah untuk melakukan umrah secara bertahap, sambil mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Rabu, 23/09/2020 16:14 0

Video Kajian

Ketika Imam Syafi’i Mematahkan Tipu Daya Iblis

Pada suatu hari, ketika Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i sedang duduk mengajarkan tentang ilmu fikih kepada para sahabatnya.

Senin, 21/09/2020 16:08 0

Artikel

Kontroversi Sertifikasi Da’i

Tak pelak soal sertifikasi ini mengingatkan kita akan politik pengawasan yang dijalankan oleh pemerintah kolonial Belanda. Kebijakan pengawasan  dikenal dengan ‘Ordonansi guru.’

Jum'at, 18/09/2020 22:26 0

Video

Semut yang Bicara Dengan Nabi Sulaiman Jantan atau Betina?

Kisah Seorang Ulama yang menyombongkan kemampuanya di depan Abu Hanifah.

Jum'at, 18/09/2020 18:04 0

Close
CLOSE
CLOSE