Respon Manuver Israel, Hamas-Fatah Berunding di Turki

KIBLAT.NET, Ankara – Turki menjadi tuan rumah putaran lain pembicaraan antara faksi-faksi Palestina Hamas dan Fatah, menyusul kesepakatan Israel baru-baru ini dengan sejumlah negara Teluk.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menelepon Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Senin dan menyampaikan apresiasinya karena menjadi tuan rumah perundingan.

Seorang pejabat Turki, yang berbicara dengan syarat anonim karena protokol pemerintah, mengatakan bahwa Ankara tidak terlibat langsung dalam negosiasi tetapi mendorong kedua belah pihak untuk membentuk pemerintah persatuan dan bersama-sama membela hak-hak Palestina.

Kedua pihak telah membahas pembentukan komite bersama untuk mengatasi ketidaksepakatan teknis dan menentukan tanggal pemilihan umum untuk membentuk pemerintahan Palestina berikutnya.

Kedua belah pihak telah berselisih satu sama lain sejak 2007 ketika pasukan Hamas mengusir pasukan yang setia kepada Fatah dan Abbas dan menguasai wilayah itu.

Namun, keputusan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain untuk menormalisasi hubungan dengan Israel mendorong pertemuan tingkat tinggi antara 14 faksi politik di Palestina untuk mengakhiri perselisihan.

Hamas, yang memiliki hubungan lebih dekat dengan Ankara, diyakini akan diwakili oleh wakil pemimpin Saleh al-Arouri, sementara Fatah mengirimkan delegasi yang terdiri dari Sekjen Jibril Rajoub dan anggota komite pusat Rawhi Fattouh.

Sumber: Middle East Eye
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat