... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Syaikh Ali Jaber Ditusuk, Komisi VIII: Indonesia Darurat Perlindungan Tokoh Agama

Foto: Politisi PKS, Bukhori Yusuf.

KIBLAT.NET, Jakarta – Anggota Komisi VIII DPR-RI Fraksi PKS, Bukhori Yusuf mengecam insiden penusukan terhadap Syaikh Ali Jaber ketika melakukan safari dakwah di Lampung. Menurutnya, kekerasan terhadap tokoh agama merupakan serangan terhadap konstitusi sekaligus wujud pelanggaran HAM.

“Pasal 28E ayat (1) dan 29 ayat (2) UUD 1945 merupakan dasar hukum yang menjamin setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat sesuai agamanya. Sementara, kedudukan negara adalah untuk menjamin kemerdekaan setiap warganya atas hal-hal tersebut,” ungkap Bukhori di Jakarta, Senin (14/09/2020).

Selanjutnya, dalam Pasal 28G UUD 1945 turut mengatur jaminan hak bagi setiap orang untuk memperoleh perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu. Perlindungan, penghormatan, dan pemenuhan hak asasi manusia terhadap warga negara yang dijamin dalam konstitusi tersebut mencakup siapapun tanpa terkecuali.

Menurut data Bareskrim Polri pada 2018, terdapat 21 peristiwa kekerasan dengan korban tokoh agama. Kasus tersebut di antaranya terjadi di Aceh, Banten, DKI Jakarta, Yogyakarta, Sumatera Selatan dan Jawa Timur. Sementara Jawa Barat menjadi wilayah dengan kasus terbanyak, yakni 13 kasus.

Mirisnya, tindakan kekerasan tersebut tidak hanya menimbulkan luka cedera yang parah di pihak korban, tetapi sampai berakibat pada kematian sebagaimana menimpa Ustadz Prawoto, pengurus ormas Islam Persis di Bandung yang dianiaya hingga tewas.

Bukhori menilai insiden kekerasan tersebut menggambarkan bahwa para tokoh agama merupakan kelompok sosial yang sangat rentan dan senantiasa terancam dalam setiap melakukan fungsinya yang sensitif di masyarakat.

BACA JUGA  Geger Cadar di Panggung Al-Quran

Sebab itu, sambungnya, dibutuhkan rencana aksi yang sistematis untuk melindungi mereka. Pasalnya, eksistensi mereka sangat strategis dalam rangka memberikan pemahaman tentang kerukunan umat beragama terhadap masyarakat Indonesia yang heterogen.

“Kondisi ini menandakan semakin daruratnya perlindungan terhadap tokoh agama. Padahal, para tokoh agama ini berhak memperoleh perlindungan dari tindakan persekusi, kekerasan fisik maupun non fisik, bahkan ancaman hukum saat melakukan perannya dalam menyampaikan ajaran agama terhadap umatnya,” tuturnya.

Meskipun demikian, Bukhori menilai kondisi peraturan dan perundang-undangan yang ada saat ini belum memadai untuk memberikan perlindungan kepada para tokoh agama sehingga tindakan persekusi maupun kekerasan terhadap mereka acapkali berulang.

Oleh sebab itu, ia memandang perlindungan terhadap tokoh agama harus segera diwujudkan secara serius melalui penyediaan perangkat hukum yang memadai untuk mengantisipasi insiden yang berulang.

“Secara yuridis, sebenarnya terdapat peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan tokoh agama seperti UU No. 1/PNPS Tahun 1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/ atau Penodaan Agama dan KUHP. Akan tetapi, peraturan tersebut belum mengatur secara komprehensif terkait perlindungan terhadap tokoh agama. Kami harap, dalam waktu dekat bisa segera merumuskan strategi yang lebih komprehensif untuk melindungi para tokoh agama,” pungkasnya.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Syekh Ali Jaber Ditusuk Saat Isi Pengajian di Lampung

Dai Nasional, Syaikh Ali Jaber mengalami penyerangan saat mengisi kajian di Masjid Fallahudin Lampung.

Ahad, 13/09/2020 22:21 0

Video

Belajar Mencintai Anak Yatim dari Punk Tebet

Dari anak punk Tebet kita belajar satu hal yang sangat penting

Jum'at, 11/09/2020 15:51 0

Video Kajian

Muadzin Pemilik Suara Merdu Selain Bilal bin Rabah, Siapakah Dia?

Ternyata ada muadzin lain yang tak kalah merdu suaranya dengan sahabat asal Abbesinia ini. Siapakah dia?

Jum'at, 11/09/2020 15:33 0

Video

Khutbah Jum’at: Jadilah Penolong Allah – Ust. Abdul Khalid

Kaidah dalam mendapatkan pertolongan Allah ada tiga

Jum'at, 11/09/2020 15:26 0

Palestina

Israel Kembali Pasang Pengeras Suara di Al-Aqsa, Apa Dampaknya?

Speaker baru, yang dipasang di Gerbang Wudhu di bagian barat kompleks, adalah pengeras suara Israel ketiga yang dipasang di dalam atau di sekitar kompleks sejak 2017.

Jum'at, 11/09/2020 11:10 0

Afghanistan

Waktunya Tiba, Taliban-Afghanistan Mulai Berunding di Qatar

Pengumuman ini diketahui dari tweet Taliban di Qatar pada hari Kamis, yang juga diumumkan Kementerian Luar Negeri Qatar.

Jum'at, 11/09/2020 10:54 0

Yordania

Ledakan Besar Guncang Pangkalan Militer di Yordania

Serangkaian ledakan besar mengguncang pangkalan militer Yordania di luar Kota Zarqa, sebelah timur laut pinggiran Ibu Kota Amman, demikian disebutkan sumber keamanan.

Jum'at, 11/09/2020 09:54 0

Suara Pembaca

Gandeng Taklim Jurnalistik, Aman Palestin Ajak Donasi Pembangunan Masjid Gaza

Yayasan Aman Palestin Indonesia Cabang Yogyakarta - Jawa Tengah sukses menggelar Seminar Online Nasional

Kamis, 10/09/2020 14:14 0

Artikel

Memburu Kader “Radikal”, Surat Terbuka untuk Menag

Surat terbuka untuk pak Menag yang sering bicara topik radikalisme.

Kamis, 10/09/2020 12:41 0

News

Ancaman Berkelanjutan Pandemi Covid-19: Konflik, Kelaparan, dan Kemiskinan

Sensus menunjukkan bahwa, pada 21:30 GMT pada Rabu malam, virus mematikan telah merenggut nyawa 900.052 orang di dunia dari 27.711.866 orang yang telah tertular Covid-19.

Kamis, 10/09/2020 12:37 0

Close