... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

LPTQ Klaim Larangan Menutup Wajah Saat MTQ untuk Hindari Kecurangan

Foto: Sekretaris Umum LPTQ, Juraidi

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Juraidi membenarkan adanya aturan tampil tanpa penutup wajah pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Menurutnya, aturan tersebut disepakati pada Rakernas LPTQ ke-19.

“Peraturan peserta saat tampil dilarang memakai penutup wajah sudah disetujui saat Rakernas Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) ke-19 Nasional tanggal 12 November 2019,” katanya seperti dikutip dari website Bimas Islam, Jumat (11/09/2020).

Ia menyebut bahwa peraturan ini disepakati untuk keperluan penilaian yang adil dan lebih obyektif bagi dewan hakim. Aturan ini diharapkan dapat menghindari kecurigaan terhadap peserta, misalnya apakah memakai bantuan earphone, dan lainnya.

Juraidi menilai, peristiwa diskualifikasi peserta saat akan tampil pada MTQ Sumatera Utara disebabkan kurangnya sosialisasi. Dia meminta LPTQ Wilayah untuk lebih mengintensifkan sosialisasi agar hal yang sama tidak terulang.

Aturan baru lainnya yang disepakati pada Rakernas ke-19 adalah, ketentuan penggabungan golongan hafalan 1 juz dan tilawah dengan hafalan 10 juz. Perubahan aturan ini dimaksudkan mempersingkat tahapan MTQ.

Sosialisasi penting, kata Juraidi, karena aturan MTQ bersifat dinamis dan selalu dibahas dan disempurnakan dalam forum Rakernas LPTQ.

“Setiap tahun LPTQ mengadakan Rakernas untuk mengevaluasi sekaligus menetapkan ketentuan-ketentuan baru dalam rangka peningkatan kualitas MTQ yang jujur, adil, transparan, dan akuntabel,” tandasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Israel Kembali Pasang Pengeras Suara di Al-Aqsa, Apa Dampaknya?

Speaker baru, yang dipasang di Gerbang Wudhu di bagian barat kompleks, adalah pengeras suara Israel ketiga yang dipasang di dalam atau di sekitar kompleks sejak 2017.

Jum'at, 11/09/2020 11:10 0

Afghanistan

Waktunya Tiba, Taliban-Afghanistan Mulai Berunding di Qatar

Pengumuman ini diketahui dari tweet Taliban di Qatar pada hari Kamis, yang juga diumumkan Kementerian Luar Negeri Qatar.

Jum'at, 11/09/2020 10:54 0

Yordania

Ledakan Besar Guncang Pangkalan Militer di Yordania

Serangkaian ledakan besar mengguncang pangkalan militer Yordania di luar Kota Zarqa, sebelah timur laut pinggiran Ibu Kota Amman, demikian disebutkan sumber keamanan.

Jum'at, 11/09/2020 09:54 0

Suara Pembaca

Gandeng Taklim Jurnalistik, Aman Palestin Ajak Donasi Pembangunan Masjid Gaza

Yayasan Aman Palestin Indonesia Cabang Yogyakarta - Jawa Tengah sukses menggelar Seminar Online Nasional

Kamis, 10/09/2020 14:14 0

Artikel

Memburu Kader “Radikal”, Surat Terbuka untuk Menag

Surat terbuka untuk pak Menag yang sering bicara topik radikalisme.

Kamis, 10/09/2020 12:41 0

News

Ancaman Berkelanjutan Pandemi Covid-19: Konflik, Kelaparan, dan Kemiskinan

Sensus menunjukkan bahwa, pada 21:30 GMT pada Rabu malam, virus mematikan telah merenggut nyawa 900.052 orang di dunia dari 27.711.866 orang yang telah tertular Covid-19.

Kamis, 10/09/2020 12:37 0

China

Terkait Uighur, Seruan Boikot Film Mulan Menggema

Protes dan seruan untuk memboikot film baru Disney, Mulan menyebar di Twitter setelah terungkap bahwa adegan dalam film itu diambil di beberapa wilayah China yang dijadikan tempat kekerasan terhadap Muslim Uighur.

Kamis, 10/09/2020 12:27 0

Malaysia

Menlu Malaysia: Krisis Rakhine Bisa Mengancam Stabilitas ASEAN

Menteri Luar Negeri Malaysia, Hishammuddin Hussein mengatakan krisis berkepanjangan di Rakhine State, Myanmar dapat menjadi ancaman bagi keamanan dan stabilitas kawasan ASEAN. Ia pun menegaskan bahwa Malaysia terus memantau pergerakan tidak biasa dari para pencari suaka etnis Rohingya dari Rakhine State dan Cox’s Bazar melalui rute-rute darat dan air.

Kamis, 10/09/2020 10:00 0

Arab Saudi

Selain Abdullah Basfar, Saudi Dilaporkan Tangkap Syaikh Saud Al-Funaisan

Syaikh ditangkap pada bulan Agustus, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana dan di mana dia ditangkap.

Rabu, 09/09/2020 11:10 0

Myanmar

Pengakuan Tentara Myanmar: Kami Diperintah Membunuh Muslim Rohingya

Menurut Fortify Rights, prajurit Myo Win Tun (33) dan Zaw Naing Tun (30) bertugas di batalion infanteri ringan yang terpisah.

Rabu, 09/09/2020 10:51 0

Close