... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Covid-19 Meningkat, Menag Minta Umat Patuhi Aturan Pemerintah

Foto: Menag Fachrul Razi

KIBLAT.NET, Jakarta – Kasus positif Covid-19 di beberapa wilayah mengalami peningkatan. Sejumlah pimpinan daerah memperketat aturan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Menag Fachrul Razi mengimbau umat untuk mematuhi aturan Pemda dan Gugus Tugas. Untuk wilayah dengan kasus tinggi atau zona merah, Menag imbau umat agar membatasi beraktivitas di luar, dan melaksanakan ibadah di rumah.

“Kami imbau, umat yang tinggal di kawasan dengan kasus positif Covid-19 yang tinggi, agar sementara membatasi aktivitas di luar, serta beribadah di rumah dulu,” pesan Menag di Jakarta, Jumat (11/09).

Menag juga mengajak umat menjadi teladan disiplin mematuhi penerapan protokol kesehatan. “Tugas seorang hamba Tuhan adalah mewujudkan kemaslahatan bagi sesama. Karenanya, kepatuhan dan disiplin terhadap protokol kesehatan harus diyakini sebagai bagian dari wujud pelaksanaan ajaran agama. Teladan itu akan memberi kontribusi besar dalam menghadapi pandemi Covid-19 di negeri kita,” ujarnya.

Menag mencontohkan kepatuhan penduduk Syam terhadap pesan Gubernur Amru bin Ash saat dilanda wabah Tha’un dalam sejarah Islam. Menurut Amru bin Ash, wabah bagaikan api yang menjilat dan bisa membakar siapa saja. Karenanya, harus dijauhi hingga api itu padam. Arahan ini dipatuhi penduduk Syam hingga wabah Tha’un hilang.

“Mari, sama-sama kita patuhi arahan Pemda dan Gugus Tugas. Semoga pandemi ini segera berakhir,” tuturnya.

Imbauan serupa juga banyak disampaikan tokoh agama. Menag menilai, mematuhi anjuran tokoh agama dan pemerintah untuk tetap di rumah serta menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi adalah bentuk kesalehan sosial sebagai umat beragama sekaligus tanggung jawab sebagai warga negara.

BACA JUGA  HNW Khawatir Pelibatan BNPT dan BPIP dalam Sertifikasi Dai

“Sebagai umat beragama, kita perlu mengutamakan menjaga keselamatan jiwa atau hifdzu an-nafs. Menjaga keselamatan jiwa merupakan salah satu substansi dan kewajiban utama dalam beragama,” tandasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Israel Kembali Pasang Pengeras Suara di Al-Aqsa, Apa Dampaknya?

Speaker baru, yang dipasang di Gerbang Wudhu di bagian barat kompleks, adalah pengeras suara Israel ketiga yang dipasang di dalam atau di sekitar kompleks sejak 2017.

Jum'at, 11/09/2020 11:10 0

Afghanistan

Waktunya Tiba, Taliban-Afghanistan Mulai Berunding di Qatar

Pengumuman ini diketahui dari tweet Taliban di Qatar pada hari Kamis, yang juga diumumkan Kementerian Luar Negeri Qatar.

Jum'at, 11/09/2020 10:54 0

Yordania

Ledakan Besar Guncang Pangkalan Militer di Yordania

Serangkaian ledakan besar mengguncang pangkalan militer Yordania di luar Kota Zarqa, sebelah timur laut pinggiran Ibu Kota Amman, demikian disebutkan sumber keamanan.

Jum'at, 11/09/2020 09:54 0

Suara Pembaca

Gandeng Taklim Jurnalistik, Aman Palestin Ajak Donasi Pembangunan Masjid Gaza

Yayasan Aman Palestin Indonesia Cabang Yogyakarta - Jawa Tengah sukses menggelar Seminar Online Nasional

Kamis, 10/09/2020 14:14 0

News

Ancaman Berkelanjutan Pandemi Covid-19: Konflik, Kelaparan, dan Kemiskinan

Sensus menunjukkan bahwa, pada 21:30 GMT pada Rabu malam, virus mematikan telah merenggut nyawa 900.052 orang di dunia dari 27.711.866 orang yang telah tertular Covid-19.

Kamis, 10/09/2020 12:37 0

China

Terkait Uighur, Seruan Boikot Film Mulan Menggema

Protes dan seruan untuk memboikot film baru Disney, Mulan menyebar di Twitter setelah terungkap bahwa adegan dalam film itu diambil di beberapa wilayah China yang dijadikan tempat kekerasan terhadap Muslim Uighur.

Kamis, 10/09/2020 12:27 0

Malaysia

Menlu Malaysia: Krisis Rakhine Bisa Mengancam Stabilitas ASEAN

Menteri Luar Negeri Malaysia, Hishammuddin Hussein mengatakan krisis berkepanjangan di Rakhine State, Myanmar dapat menjadi ancaman bagi keamanan dan stabilitas kawasan ASEAN. Ia pun menegaskan bahwa Malaysia terus memantau pergerakan tidak biasa dari para pencari suaka etnis Rohingya dari Rakhine State dan Cox’s Bazar melalui rute-rute darat dan air.

Kamis, 10/09/2020 10:00 0

Arab Saudi

Selain Abdullah Basfar, Saudi Dilaporkan Tangkap Syaikh Saud Al-Funaisan

Syaikh ditangkap pada bulan Agustus, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana dan di mana dia ditangkap.

Rabu, 09/09/2020 11:10 0

Myanmar

Pengakuan Tentara Myanmar: Kami Diperintah Membunuh Muslim Rohingya

Menurut Fortify Rights, prajurit Myo Win Tun (33) dan Zaw Naing Tun (30) bertugas di batalion infanteri ringan yang terpisah.

Rabu, 09/09/2020 10:51 0

Suara Pembaca

Puan Berucap, Dukungan Pun Menguap

Ketika PDIP selalu kalah di Sumatera Barat.

Selasa, 08/09/2020 16:25 0

Close