... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Gandeng Taklim Jurnalistik, Aman Palestin Ajak Donasi Pembangunan Masjid Gaza

Foto: Seorang ibu menziarahi makam anaknya di Khan Younis, Palestina

KIBLAT.NET – Yayasan Aman Palestin Indonesia Cabang Yogyakarta – Jawa Tengah sukses menggelar Seminar Online Nasional dengan menghadirkan pemateri Riski Lesus, penulis Mengetuk Pintu Langit; Catatan Reportase Aksi Bela Islam Jurnalis Islam Bersatu.

Seminar yang bertajuk “Mengenal Dunia Kepenulisan & Jurnalisme Dasar” diikuti puluhan peserta dari berbagai Indonesia baik berlatar belakang seorang mahasiswa, pekerja, guru, dan umum.

Kegiatan yang berlangsung melalui WhatsApp Group ini terlaksana atas kerjasama dengan Komunitas Taklim Jurnalistik Indonesia dan Tim Bloger Dapur Pena. Dalam acara ini, panitia mengajak peserta untuk berdonasi dalam membantu pembangunan Masjid Indonesia di Gaza, Palestina yang di desain oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

Riski Lesus yang berperan sebagai pemateri tunggal dalam acara seminal online ini menyampaikan, ihwal membaca, menulis, pena, berpikir, merupakan istilah yang sering didengar dalam al Qur’an, bahkan perintah pertama adalah membaca dikatannya dalam peserta yang antusias menyimak.

“Karena membaca dan menulis merupakan dorongan al Qur’an, tak heran perihal tersebut menjadi budaya dalam keseharian para pendahulu kita, para ulama kita, para ilmuan kita, para tokoh besar sepanjang zaman,” tegas Anggota Jurnalis Islam Bersatu (JITU), sebagaimana acara yang diadakan belum lama ini, Sabtu, (5/9/2020).

“Membaca dan menulis juga mendorong para pendiri bangsa ini berjuang, dan menjadi wasilah bagi kita sekarang bisa menikmati nikmat kemerdekaan,” tambah Riski Lesus.

BACA JUGA  Puan Berucap, Dukungan Pun Menguap

Sementara itu, Rinto Dodi Krismanto selaku Kepala Cabang Aman Palestin D.I.Yogyakarta & Jawa Tengah mengungkapkan, Aman palestin merupakan yayasan kemanusiaan yang berfokus membantu saudara-saudara di Palestina yang sedang berjuang untuk membebaskan dan mempertahankan masjid suci ke-3 yaitu Al-Aqsa dari zionis Israel. Kemudian secara umum membantu saudara umat islam di bumi Syam.

“Dimana para nabi dan ulama besar lahir, dimana saat ini sedang terjadi bencana,” papar Dodi.

Selain itu, Founder Komunitas Taklim Jurnalistik menambahkan, kerjasasama ini semata-mata untuk membantu saudara yang ada di Palestina, terutama Yayasan Aman Palestin Indonesia memiliki program pembangunan Masjid pertama Indoensia yang ada di Gaza, Palestina.

“MasyaAllah, ini luar biasa, maka Taklim Jurnalistik sinergi dengan Aman Palestin untuk program donasi ke Gaza,” terang Mas Andre Hariyanto.

Donasi dari peserta seminar online nasional Jurnalistik bersama Riski Lesus ini disalurkan melalui Yayasan Aman Palestin Indonesia.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Memburu Kader “Radikal”, Surat Terbuka untuk Menag

Surat terbuka untuk pak Menag yang sering bicara topik radikalisme.

Kamis, 10/09/2020 12:41 0

News

Ancaman Berkelanjutan Pandemi Covid-19: Konflik, Kelaparan, dan Kemiskinan

Sensus menunjukkan bahwa, pada 21:30 GMT pada Rabu malam, virus mematikan telah merenggut nyawa 900.052 orang di dunia dari 27.711.866 orang yang telah tertular Covid-19.

Kamis, 10/09/2020 12:37 0

China

Terkait Uighur, Seruan Boikot Film Mulan Menggema

Protes dan seruan untuk memboikot film baru Disney, Mulan menyebar di Twitter setelah terungkap bahwa adegan dalam film itu diambil di beberapa wilayah China yang dijadikan tempat kekerasan terhadap Muslim Uighur.

Kamis, 10/09/2020 12:27 0

Indonesia

LBH Street Lawyer Dukung Anies Terapkan PSBB Ketat

LBH Street Lawyer menilai bahwa kondisi Covid-19 di Indonesia semakin mengkhawatirkan.

Kamis, 10/09/2020 11:50 0

Indonesia

Covid-19 Mengintai Pengungsi Rohingya: Hak Kesehatan Harus Dipenuhi

Covid-19 mengancam kesehatan pengungsi Rohingya.

Kamis, 10/09/2020 11:41 0

Indonesia

PKS Dukung MUI Tolak Sertifikasi Dai Kemenag

Menurut Jazuli secara substansi sebenarnya peningkatan pengetahuan dan pemahaman dakwah adalah satu hal yang baik

Kamis, 10/09/2020 10:53 0

Malaysia

Menlu Malaysia: Krisis Rakhine Bisa Mengancam Stabilitas ASEAN

Menteri Luar Negeri Malaysia, Hishammuddin Hussein mengatakan krisis berkepanjangan di Rakhine State, Myanmar dapat menjadi ancaman bagi keamanan dan stabilitas kawasan ASEAN. Ia pun menegaskan bahwa Malaysia terus memantau pergerakan tidak biasa dari para pencari suaka etnis Rohingya dari Rakhine State dan Cox’s Bazar melalui rute-rute darat dan air.

Kamis, 10/09/2020 10:00 0

Indonesia

Angka Positif Covid Tembus 200 Ribu, Bukhori Yusuf: Akibat Penanganan Absurd

Anggota Komisi VIII DPR-RI, Bukhori Yusuf menyatakan penanganan pemerintah terhadap pandemi absurd dan tidak jelas. Pasalnya, model kebijakan yang diselenggarakan oleh pemerintah selama ini terlalu menitikberatkan pada aspek penyelamatan ekonomi sehingga mengesampingkan aspek kesehatan yang merupakan akar masalah dari situasi krisis ini.

Kamis, 10/09/2020 09:26 0

Indonesia

Bukan Bakar Bendera PDIP Tapi Bendera PKI, Zirly Dilepas Polisi

Pengacara Zirly dari PUSHAMI, Aziz Yanuar mengungkapkan bahwa kliennya sudah bisa pulang.

Kamis, 10/09/2020 01:06 0

Indonesia

Anies: Wabah Covid-19 di Jakarta Tahap Darurat

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan bahsa situasi Jakarta darurat Covid-19.

Rabu, 09/09/2020 22:26 0

Close