... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Xi Jinping: China Lulus dalam Ujian Virus Corona

Foto: Presiden Cina Xi jinping

KIBLAT.NET, Beijing – China telah lulus dalam “ujian luar biasa dan bersejarah” dalam menangani virus corona. Demikian kata Presiden Xi Jinping pada Selasa (08/09/2020) pada upacara penghargaan bagi para profesional medis yang digelar meriah.

Xi membagikan medali emas kepada empat “pahlawan” dari bidang medis di depan ratusan delegasi yang disambut tepuk tangan.

“Kami telah melewati ujian yang luar biasa dan bersejarah,” kata Xi, memuji negaranya atas “perjuangan heroik” melawan penyakit itu.

“Kami dengan cepat mencapai kesuksesan awal dalam perang rakyat melawan virus Corona. Kami memimpin dunia dalam pemulihan ekonomi dan dalam perang melawan COVID-19.”

China telah berada di bawah pengawasan global yang intens atas tanggapannya terhadap virus tersebut. Amerika Serikat dan Australia menyebut bahwa Beijing menutupi asal-muasal dan tingkat keparahan virus.

Upacara mewah hari Selasa ini digelar di Aula Besar Rakyat, dimulai dengan mengheningkan cipta satu menit untuk mereka yang kehilangan nyawa selama wabah.

Empat penerima penghargaan adalah Zhong Nanshan yang berusia 83 tahun, seorang ahli medis paling terkenal di negara itu. Dia disebut-sebut sebagai wajah perjuangan China melawan penularan.

Dia dianugerahi medali nasional top China oleh Xi. “Kami akan bergandengan tangan dengan … pekerja medis dunia untuk melanjutkan perjuangan dalam melacak asal-usul virus,” kata Zhong.

China bersikeras menolak sebagai sumber virus, yang pertama kali muncul di kota Wuhan di China akhir tahun lalu.

BACA JUGA  Laporan: Ribuan Masjid di Xinjiang Dihancurkan dalam Beberapa Tahun Terakhir

Tiga lainnya diberi gelar kehormatan “Pahlawan Rakyat”. Yaitu ahli biokimia Chen Wei, kepala rumah sakit di Wuhan, dan seorang ahli pengobatan tradisional China berusia 72 tahun.

Kendati demikian, penghargaan serupa tidak didapatkan dokter Li Wenliang. Dia termasuk di antara orang-orang pertama yang dibungkam karena memperingatkan wabah tersebut dan kemudian meninggal karenanya.

Sebelum upacara, CCTV penyiar negara menunjukkan montase video Wuhan di puncak wabah diatur dengan musik yang meriah, termasuk gambar staf medis dengan pakaian hazmat dan rumah sakit yang ramai.

Menurut angka resmi, ada 4.634 kematian di China akibat COVID-19. Pemerintah sebagian besar telah mengatasi wabah melalui penguncian yang ketat dan pembatasan perjalanan.

Sumber: Channel News Asia
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ditolak Malaysia dan Thailand, 300 Rohingya Mendarat di Aceh

Hampir 300 pengungsi Rohingya telah mendarat di Indonesia pada Senin (07/09/2020). Pihak berwenang mengatakan mereka telah berada di laut selama sekitar enam bulan.

Selasa, 08/09/2020 14:03 0

Indonesia

HNW Khawatir Pelibatan BNPT dan BPIP dalam Sertifikasi Dai

Hidayat Nur Wahid khawatir pelibatan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam sertifikasi dai

Selasa, 08/09/2020 10:49 0

Indonesia

DSKS Minta Fachrul Razi Mundur dari Menag

Ustadz Muinuddinillah Basri meminta kepada menteri agama Fachrul Razi untuk mengundurkan diri

Selasa, 08/09/2020 10:38 0

Indonesia

Wamenag: Dai Harus Terbebas dari Paham Radikal

Wakil Menteri Agama, Zsinut Tauhid Saadi mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dalam menyikapi rencana program kegiatan dai dan penceramah agama bersertifikat yang digagas oleh Kementerian Agama dengan jernih

Selasa, 08/09/2020 10:08 0

Indonesia

Ternyata Sertifikasi Dai Tak Pernah Dibahas di DPR

Wakil Ketua MPR-RI, Hidayat Nur Wahid meminta Kementerian Agama menyudahi kontroversi sertifikasi penceramah yang tidak produktif dan justru menimbulkan keresahan

Senin, 07/09/2020 14:48 0

Indonesia

Tolak Sertifikasi Dai, Anwar Abbas Ancam Mundur dari MUI

Sekjen MUI Anwar Abbas menolak sertifikasi dai oleh Kemenag. Sikap ini muncul karena Menag Fachrul Razi yang kerap berbicara radikalisme namun selalu mendiskreditkan Islam.

Senin, 07/09/2020 14:28 0

Indonesia

Kemenag: Tak Ada Konsekuensi Bagi Penceramah Tidak Bersertifikat

Kementerian Agama dalam waktu dekat akan menyelenggarakan program penceramah bersertifikat

Senin, 07/09/2020 10:15 0

Feature

Belajar Mencintai Anak Yatim dari Punk Tebet

Delapan anak punk terlihat duduk melingkar di bawah fly over Tebet, Jakarta Selatan.

Sabtu, 05/09/2020 12:22 0

Kiblatorial

Kiblatorial: Manuver Ciptaker Sasar Pesantren

Siapa sangka, RUU Ciptaker juga mengancam eksistensi pesantren.

Sabtu, 05/09/2020 09:01 0

Indonesia

Heboh Soal “Good Looking”, Kemenag: Itu Hanya Ilustrasi

Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan pandangannya tentang pentingnya mewaspadai paham ekstrem keagamaan

Jum'at, 04/09/2020 21:54 0

Close
CLOSE
CLOSE