... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Karikatur Nabi Muhammad Bukti Kebencian Charlie Hebdo kepada Islam

Foto: Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid. (Foto: Taufik.)

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengecam penerbitan ulang kartun Nabi Muhammad SAW oleh media cetak Prancis Charlie Hebdo. Di mana kartun yang sama yang menghinakan Nabi Muhammad SAW telah memicu kemarahan umat Islam pada tahun 2015.

“Belum tuntas kasus penistaan, pembakaran dan perobekan Al-Quran di Swedia, Norwegia dan Denmark, majalah Charlie Hebdo justru menambah intoleran dan laku radikal yang melukai umat Islam dengan kerja provokatifnya yang kental dengan nuansa Islamophobia,” ujar Hidayat melalui keterangannya kepada Kiblat.net, Kamis (3/9/2020).

HNW yang juga Anggota Komisi VIII DPR RI ini pun menolak alasan pihak Charlie Hebdo yang menyebutkan penerbitan kartun tersebut sebagai bagian dari penyajian bukti sejarah, seiring dengan proses pengadilan para tersangka penyerangan Charlie Hebdo tahun 2015. Menurutnya, Provokasi semacam ini justru sangat jauh keluar konteks kasus tersebut.

“Apalagi pada edisi yang sama mereka juga menerbitkan kartun penghinaan yang diterbitkan 15 tahun silam oleh Jyllands-Posten di Denmark. Ini malah membuktikan tendensi intoleran dan kebencian mereka terhadap seluruh umat Islam, tendensi Islamofobik yang sama sekali jauh dari konteks pelaksanaan HAM dan penegakan hukum sebagaimana yang mereka klaim,” tegasnya.

Ia juga mengkritik pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menyebut penerbitan kartun tersebut sebagai kebebasan pers. Menurutnya, justru itu bagian dari Islamophobia, praktekkan kebencian dan diskriminasi terhadap Umat Islam dan simbol yang disakralkannya.

BACA JUGA  Keberangkatan Umrah Indonesia Masih Menunggu Izin Saudi

“Karenanya tidak patut dilindungi dengan dalih kebebasan berekspresi dan kebebasan pers, karena malah dapat memicu gesekan yang meluas dan konflik horizontal di Prancis, negara yang memiliki populasi Muslim terbesar di Eropa,” ungkap HNW.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini juga kembali menegaskan seruannya kepada Kementerian Luar Negeri RI agar semakin memaksimalkan potensi Indonesia di PBB dan OKI untuk melawan praktek Islamophobia. Selain itu, HNW juga menggarisbawahi peranan khusus Council of Europe sebagai organisasi yang bertanggungjawab terkait masalah HAM di benua Eropa, termasuk permasalahan Islamophobia.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Jelang Pemilihan, Trump Buat Pernyataan “Bela” Muslim

Satu hal yang langka. Presiden AS Donald Trump pada Rabu (02/09/2020), menyuarakan keprihatinan Muslim Amerika yang mengkritik pembawa acara Joy Reid atas komentar on-airnya tentang Muslim.

Kamis, 03/09/2020 14:28 0

Prancis

Terbitkan Karikatur Nabi, Charlie Hebdo: Kami Tidak Akan Menyerah

Seperti yang ditulis oleh editor Charlie Hebdo, Laurent Sourisseau dalam editorial surat kabar, "Kami tidak akan pernah menyerah."

Kamis, 03/09/2020 11:22 0

Eropa

Mantan PM Italia Silvio Berlusconi Positif Covid-19

Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi pada Rabu (02/09/2020) dinyatakan positif mengidap Covid-19, namun ia berjanji akan melanjutkan kegiatan politik menjelang pilkada pada September.

Kamis, 03/09/2020 10:37 0

Analisis

Dari Persidangan Kasus Yusuf Mansur: Alibi yang Dipaksakan

Hari Selasa (1/9) kemarin, Pengadilan Negeri Tangerang, Banten, kembali menggelar sidang (perdata) lanjutan atas tergugat Jam’an Nurchotib Mansur alias Yusuf Mansur. Setelah dua kali sidang sebelumnya pihak penggugat menyerahkan bukti-bukti keterlibatan Yusuf Mansur atas investasi yang dimasalahkan para investor, sidang kali ini giliran pihak tergugat menyerahkan bukti-bukti “ketidakterlibatannya”.

Rabu, 02/09/2020 20:36 0

Afrika

Kasus Corona Menurun, Sekolah di Lagos Nigeria Siap Dibuka

Pelonggaran bukan berarti pandemi berakhir.

Senin, 31/08/2020 09:05 0

Amerika

AS Laporkan 1.006 Kematian Baru Covid-19

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat pada Ahad (30/08/2020) melaporkan 1.006 kematian baru akibat Covid-19 sehingga total kematian bertambah menjadi 182.149 jiwa.

Senin, 31/08/2020 08:38 0

Afrika

Dianggap Mengganggu, Azan di Masjid Durban Dilarang

Ellaurie, seorang Hindu, mengatakan bahwa panggilan untuk shalat membuat lingkungan "suasana Muslim yang berbeda".

Sabtu, 29/08/2020 13:23 0

Turki

Peta Kerajaan Seljuq Ungkap Rencana Erdogan Bangkitkan Kejayaan Utsmaniyah

Seorang mantan anggota parlemen dari Partai AK yang berkuasa di Turki merilis peta "Turki Raya" yang kembali ke era Kekaisaran Seljuq dan kekalahannya dari Kekaisaran Bizantium dalam Pertempuran Manzikert 1071.

Sabtu, 29/08/2020 12:54 0

Artikel

Dari Film Jejak Khilafah ke Ertuğrul: Turki, Film dan Politik

Itu sebabnya, di Indonesia, film Jejak Khilafah mendapatkan perhatian, bukan karena mereka pendukung gagasan khilafah ala Hizbut Tahrir, tetapi bisa jadi pesona Turki dan warisan sejarahnya yang membuat penonton terpana. Dan bukankah di Indonesia memang sedang terjadi demam Turki?  

Sabtu, 29/08/2020 12:40 0

News

Marak Perceraian di Tengah Pandemi, Kemenag: Kuatkan Ketahanan Keluarga

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Kementerian Agama, Muharam Marzuki, mengimbau masyarakat untuk menguatkan ketahanan keluarga di tengah pandemi Covid-19.

Jum'at, 28/08/2020 15:11 0

Close
CLOSE
CLOSE