Menyusul Hagia Sophia, Museum Kariye Diubah Jadi Masjid

KIBLAT.NET, Istanbul – Hampir sebulan setelah Hagia Sophia dikembalikan ke masjid, landmark Istanbul lain yang diubah menjadi museum dari masjid telah dipulihkan fungsinya. Museum Kariye diserahkan kepada Kepresidenan Urusan Agama (DIB) berdasarkan keputusan presiden pada hari Jumat.

Museum Kariye, yang dulu dikenal sebagai Gereja Chora, terletak di dekat tembok kuno kota. Awalnya bangunan itu adalah gereja pada abad keenam. Kemudian diubah menjadi masjid pada tahun 1511 oleh Bayezid II, putra Sultan Utsamani Mahmud II yang mengubah Hagia Sophia menjadi masjid setelah penaklukannya atas Istanbul dari Kekaisaran Bizantium.

Masjid diubah menjadi museum pada tahun 1945 dengan keputusan pemerintah, lebih dari satu dekade setelah Hagia Sophia berubah. Saat ini bangunan itu menjadi tempat mosaik Bizantium abad ke-14 dan lukisan dinding yang menampilkan adegan-adegan dari cerita-cerita Alkitab.

Keputusan presiden tersebut muncul setelah pengadilan tinggi membatalkan keputusan tahun 1945 yang menjadikan Kariye sebagai museum. Tidak diketahui kapan tempat itu akan dibuka untuk beribadah, tetapi DIB diharapkan akan segera menutupi lukisan dinding dan mosaik agar memungkinkan ibadah bagi umat Islam.

Gereja asli diganti pada abad ke-11 dengan yang lain dan dibangun kembali pada abad ke-12 setelah gempa bumi. Atik Ali Paşa, wazir agung Bayezid II, yang memerintahkan pengubahannya menjadi masjid.

Bangunan ini selamat dari beberapa gempa bumi sebelum ditutup sepenuhnya untuk ibadah Muslim pada tahun 1940-an setelah dekrit dan selama pekerjaan restorasi. Lalu secara resmi dibuka sebagai museum pada tahun 1958.

BACA JUGA  Turki Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Sinovac

Sebuah organisasi non-pemerintah mengajukan gugatan untuk mengembalikannya ke sebuah masjid pada tahun 2005 dan November lalu, Dewan Negara, pengadilan administratif tertinggi, memutuskan untuk merubahnya.

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat