... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tito: Agama Dapat Menjadi Kekuatan Dahsyat yang Bisa Menghancurkan

Foto: Mendagri Tito Karnavian

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menghadiri acara Webinar Launching Buku dengan tema “Pemeliharaan Politik dan Keamanan di Negara Yang Majemuk Dalam Konteks Kerukunan Antar Umat Beragama”.

Mendagri berharap agar buku tersebut dapat memberikan pemahaman dan pencerahan yang benar terhadap kesalahan perspektif yang selama ini menimbulkan perpecahan, baik untuk umat muslim maupun non muslim.

“Saya kira untuk menjadi narasi yang bisa meng-encounter atau mencerahkan, baik bagi yang masih awam tentang jihad maupun mereka yang sudah terpengaruh terekspos pemahaman narasi yang membolehkan mereka melakukan qital kekerasan,” tuturnya, Senin (17/08/2020).

Menurutnya, agama juga dibangun untuk membuat nilai-nilai atau norma-norma yang konstruktif. Konstruktif untuk kedamaian manusia dalam konteks Islam Rahmatan Lil’Alamin. Oleh sebab itu, buku ini penting karena dalam buku ini akan membahas tentang beberapa tingkatan jihad dan berbagai landasan atau syarat jihad.

“Kekuatan agama dapat menjadi kekuatan yang sangat-sangat dahsyat yang bisa menghancurkan. Atas nama agama orang bisa membunuh yang lain, menghancurkan yang lain dan itu daya hancurnya lebih berat dibanding separatisme, gerakan nasionalisme, kesukuan dan lain-lain. Karena sudah menganggap inilah mandat dari Tuhan oleh karena itulah dengan adanya buku mengenai hal ini,” ucapnya.

Ia menyebut, buku ini membahas bagaimana menyadarkan masyarakat akan keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia baik dari segi suku, ras, budaya dan bahasa menjadikan Indonesia bangsa yang unik. Di lain sisi, membutuh pengetahuan management conflict yang ekstra untuk mengatasi potensi konflik lantaran perbedaan tersebut.

BACA JUGA  Masih Banyak Masjid Mewah Tak Ramah Disabilitas

“Saya kira kami tidak perlu tekankan ulang bagaimana keberagamannya, yang jelas salah satu negara yang paling beragam di dunia dan para founding fathers kita sudah memahami betul keberagaman ini adalah kekayaan. Tapi di dalam management conflict setiap perbedaan itu merupakan potensi konflik ini perlu dimanage supaya tidak menjadi pecah menjadi konflik kekerasan,” tegasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Tito: Agama Dapat Menjadi Kekuatan Dahsyat yang Bisa Menghancurkan”

  1. minji

    gampang amat ya,atas nama agama orang bisa saling bunuh,kalo berani tunjuk dong agama apa saja yang telah melakukannya?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Kiblatorial

Kiblatorial: Merdeka Bersama Tujuh Kata

Merdeka! Merdeka! Merdeka! Teriakan tersebut selalu terdengar di seantero negeri ini setiap pertengahan bulan Agustus. Ragam ekspresi kegembiraan terumbar dimana-mana, dimulai dari ruang publik luas hingga ruang privat paling sempit sekalipun.

Senin, 17/08/2020 00:01 0

Afghanistan

Pembebasan Tahap Akhir Pejuang Taliban Dimulai

Pihak berwenang Afghanistan mengatakan pada hari Jumat telah mulai membebaskan 400 tahanan Taliban.

Ahad, 16/08/2020 16:02 0

India

WSJ: Facebook Abaikan Postingan Anti-Muslim Para Pejabat India

Dalam beberapa jam setelah video Mishra menjadi viral di media sosial, kekerasan agama meletus di New Delhi, di mana 53 orang, kebanyakan dari mereka Muslim, tewas.

Ahad, 16/08/2020 15:09 0

Timur Tengah

Soal Normalisasi Hubungan, Pejabat Israel Sebut Bahrain Akan Ikuti Langkah UEA

Bahrain kemungkinan akan mengikuti Uni Emirat Arab (UEA) dalam menandatangani perjanjian damai dengan Israel.

Ahad, 16/08/2020 14:53 0

Eropa

Kasus Covid Meningkat, Spanyol Terapkan Larangan Merokok

Pemerintah wilayah itu mengatakan perokok yang terinfeksi dapat meniup tetesan yang membawa virus saat menghembuskan napas.

Jum'at, 14/08/2020 10:11 0

Timur Tengah

Normalisasi Hubungan, Uni Emirat Arab Sepakati Perjanjian dengan Israel

Delegasi dari Israel dan UEA akan bertemu dalam beberapa minggu mendatang untuk menandatangani perjanjian mengenai investasi, pariwisata, penerbangan langsung, keamanan dan telekomunikasi antara lain.

Jum'at, 14/08/2020 07:42 0

Afghanistan

Taliban: Kami Siap Berunding Usai Seluruh Tahanan Dibebaskan

"Ketika tahanan kami dibebaskan, kami akan siap untuk pembicaraan," kata Zabihullah Mujahid, juru bicara Taliban pada Selasa (11/08/2020).

Rabu, 12/08/2020 14:50 0

India

Kerusuhan Merebak Usai Kerabat Anggota Dewan India Hina Rasulullah

Setidaknya tiga orang tewas di kota Bengaluru, India selatan, setelah pengunjuk rasa bentrok dengan polisi atas unggahan media sosial tentang penghinaan terhadap Nabi Muhammad.

Rabu, 12/08/2020 14:17 0

Afrika

Menista Rasulullah Lewat Lagu, Pria Nigeria Dijatuhi Hukuman Mati

Pengadilan Tinggi Syariah di daerah Hoki Hausawa Filin di negara bagian Kano memutuskan hukuman itu pada 10 Agustus terhadap Yahaya Sharif-Aminu karena memuji-muji seorang imam di atas Rasulullah. 

Selasa, 11/08/2020 16:16 2

Arab Saudi

Buat Vaksin Covid-19, Arab Saudi Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan Cina

Vaksin ini menggunakan virus flu yang tidak berbahaya, yang dikenal sebagai adenovirus type-5 (Ad5), untuk membawa materi genetik dari virus corona ke dalam tubuh. Relawan adalah mereka yang berusia di atas 18 tahun

Selasa, 11/08/2020 14:45 0

Close
CLOSE
CLOSE