... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Zainut Tauhid: Tangangan MUI di Era Disrupsi Tak Ringan

Foto: Drs. H. Zainut Tauhid Saadi, M.Si

KIBLAT.NET, Jakarta – Waketum MUI, Zainit Tauhid Sa’adi mengatakan bahwa tantangan MUI ke depan tidaklah ringan. Menurutnya, sekarang kita hidup di era revolusi industri 4.0 dan era disrupsi.

Ia menyebut bahwa derasnya informasi dan pertukaran ruang yang cepat di dunia maya, membuat manusia yang berinteraksi melalui media sosial lebih sering mengandalkan aspek yang bersifat emosional. Maka terjadilah fenomena post truth, yakni ketika situasi obyektif lebih sedikit pengaruhnya dibanding hal-hal yang mempengaruhi emosi dan kepercayaan personal dalam pembentukan opini publik.

“Post truth ini yang menyuburkan hoax dan maraknya konten kebencian, termasuk kebencian atas nama agama. Apalagi masyarakat kita cenderung menyukai judul berita atau informasi yang bersifat provokatif dan adu domba, dan malas melakukan verifikasi atau tabayyun,” katanya dalam acara Milad MUI ke 45 pada Jumat (07/08/2020).

Ia menyebutkan bahwa pada skala global, kita menghadapi isu terkait dengan perang dagang, dan semakin menguatnya populisme atau identitas kelompok, termasuk identitas kelompok keagamaan. Penguatan identitas kelompok ini tidak hanya terjadi di kalangan Islam, namun juga terjadi pada agama lain di dunia.

“Penguatan identitas dapat berpotensi menuju eksklusivisme. Jika hal ini dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, dan jika ekslusivisme tercampur dengan ideologi kebencian, maka dapat melahirkan penghalalan tindak kekerasan atas nama agama,” tuturnya.

“Hoax dan ujaran kebencian inilah yang berpotensi menimbulkan konflik horizontal internal umat beragama maupun antarumat beragama,” sambungnya.

BACA JUGA  Cegah Hoaks di Pilkada 2020, Polri Tingkatkan Patroli Siber

Meski demikian, kata dia, kita perlu bersyukur karena telah menyadari fenomena ini dan Komisi Fatwa telah mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 24 Tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah melalui Media Sosial. Dan pimpinan MUI penting sekali untuk memberikan teladan dalam mempraktikkan fatwa ini.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Survei: Dua Pertiga Orang Amerika Dukung Penarikan Pasukan dari Irak dan Afghanistan

Sekitar tiga perempat orang dewasa AS mendukung pemulangan pasukan AS dari Irak dan Afghanistan dalam jajak pendapat baru yang dilakukan oleh libertarian Charles Koch Institute.

Sabtu, 08/08/2020 06:38 0

Lebanon

Ledakan Dahsyat Lebanon: Korban Jiwa Bertambah Menjadi 135 Orang

Jumlah korban jiwa akibat ledakan dahsyat pada Selasa (04/08/2020) di Beirut, Lebanon bertambah menjadi sedikitnya 135 orang.

Kamis, 06/08/2020 11:22 0

Lebanon

Ledakan Dahsyat Lebanon: Masih Banyak Korban yang Terperangkap

Kepala Palang Merah Lebanon, George Kettaneh mengatakan ratusan orang yang terluka dalam ledakan di pelabuhan Beirut telah dibawa ke rumah sakit, namun banyak yang masih terperangkap di rumah-rumah yang rusak akibat ledakan tersebut.

Rabu, 05/08/2020 09:12 0

Lebanon

Ledakan Dahsyat Lebanon Berasal dari 2.750 Ton Amonium Nitrat

Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan sebanyak 2.750 ton amonium nitrat ditimbun selama enam tahun di gudang pelabuhan, lokasi terjadinya ledakan amat dahsyat yang mengguncang Ibu Kota Beirut, Selasa (04/08/2020).

Rabu, 05/08/2020 08:36 0

Afghanistan

Amir Taliban di Momen Idul Adha: Kita di Ambang Pemerintahan Islam

Dalam pernyataannya, Haibatullah sekali lagi menekankan pembentukan pemerintahan Islam murni dengan menganut sistem Islam untuk Afghanistan.

Senin, 03/08/2020 13:13 0

China

ASPI: Tenaga Uighur Dipekerjakan untuk Puluhan Merek Global

Laporan Lembaga Strategi Strategis Australia (ASPI), yang mengutip dokumen pemerintah dan laporan media lokal, mengidentifikasi bahwa setidaknya 27 pabrik di sembilan provinsi Cina di mana lebih dari 80.000 warga Uighur dari wilayah barat Xinjiang telah dipindahkan

Senin, 03/08/2020 12:45 0

Lebanon

Laporan: Syiah Hizbullah Rekrut dan Latih Buzzer untuk Sebar Hoaks

Milisi Lebanon telah membentuk "pasukan elektronik" yang didukung Iran dari para aktivis media sosial yang dilatih untuk menyebarkan informasi bersifat politis.

Senin, 03/08/2020 12:30 0

Timur Tengah

UAE Segera Operasikan PLTN Pertama di Jazirah Arab

Uni Emirat Arab (UAE) mulai mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Barakah di ibu kota Abu Dhabi, sebagai yang pertama milik negara itu sekaligus yang pertama di kawasan jazirah Arab dan ke-33 di dunia.

Senin, 03/08/2020 10:06 0

Suara Pembaca

Al-Qur’an: Keajaiban yang Abadi

Al-Qur'an merupakan sebuah keajaiban milik Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam yang Allah turunkan kepadanya secara terpisah berdasarkan kejadian tertentu. Hikmahnya adalah untuk memperteguh hati Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan hati para muslimin, serta mempermudah bagi mereka untuk menghafalnya.

Senin, 03/08/2020 08:27 0

India

Pemuda Muslim India Dipukuli Lantaran Angkut Daging

Sekelompok orang menghentikan mobil seorang pemuda Muslim di daerah "Gurgaon" dekat New Delhi. Dia dibawa ke rumah sakit setelah mengalami kekerasan hebat. 

Senin, 03/08/2020 04:30 0

Close