... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Fadli Zon Minta Narasi Optimistis Pemerintah Soal Ekonomi Diwaspadai

Foto: Fadli Zon.

KIBLAT.NET, Jakarta – Politisi Partai Gerindra, Fadli Zon menilai pemerintah terbukti lamban dan salah resep dalam mengantisipasi terjadinya krisis, baik terkait pandemi maupun eksesnya bagi perekonomian nasional. Menurutnya, BPS (Badan Pusat Statistik) sudah mengumumkan bahwa PDB (Produk Domestik Bruto) kita pd kuartal II (Q2) minus sebesar 5,32 persen.

“Angka ini jauh lebih buruk daripada ekspektasi Pemerintah yang sebelumnya memperkirakan hanya akan minus 4,3 hingga 4,8 persen saja, dengan angka batas bawah minus 5,1 persen. Nyatanya, perekonomian kita merosot lebih buruk dari itu. Ini adalah peringatan agar kita waspada terhadap narasi optimis yang selalu didengungkan pemerintah.” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (07/08/2020).

Ia tak menampik bahwa di tengah pandemi Covid-19 resesi adalah sesuatu yang tak terhindarkan. Semua negara akan mengalaminya. Namun, di tengah keniscayaan itu, pemerintah kita seharusnya bisa mengantisipasi agar kerusakan yang paling buruk tidak terjadi.

“Dan inilah sepertinya yang gagal diperlihatkan dalam beberapa bulan terakhir. Meski di atas kertas yang disebut resesi adalah ketika pertumbuhan ekonomi dilaporkan minus dua kuartal berturut-turut atau lebih, namun secara de facto saya kira kita saat ini sudah berada di tengah resesi,” tuturnya.

Maka, Fadli menilai, hanya soal waktu saja BPS nanti akan mengumumkan bahwa kuartal III-2020 juga ekonomi kita akan kembali minus. Sebab, sepanjang satu semester kemarin, pemerintah sudah gagal menetapkan prioritas pekerjaan.

BACA JUGA  Komisi III DPR: Preman untuk Pendisiplinan Protokol Kesehatan Bisa Repot

“Sejak awal pemerintah memang gagal menetapkan prioritas. Saat kasus Covid-19 pertama kali dikonfirmasi masuk ke Indonesia, awal Maret lalu, dengan alasan ekonomi pemerintah menolak melakukan karantina wilayah,” tuturnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Lebanon

Ledakan Dahsyat Lebanon: Korban Jiwa Bertambah Menjadi 135 Orang

Jumlah korban jiwa akibat ledakan dahsyat pada Selasa (04/08/2020) di Beirut, Lebanon bertambah menjadi sedikitnya 135 orang.

Kamis, 06/08/2020 11:22 0

Lebanon

Ledakan Dahsyat Lebanon: Masih Banyak Korban yang Terperangkap

Kepala Palang Merah Lebanon, George Kettaneh mengatakan ratusan orang yang terluka dalam ledakan di pelabuhan Beirut telah dibawa ke rumah sakit, namun banyak yang masih terperangkap di rumah-rumah yang rusak akibat ledakan tersebut.

Rabu, 05/08/2020 09:12 0

Lebanon

Ledakan Dahsyat Lebanon Berasal dari 2.750 Ton Amonium Nitrat

Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan sebanyak 2.750 ton amonium nitrat ditimbun selama enam tahun di gudang pelabuhan, lokasi terjadinya ledakan amat dahsyat yang mengguncang Ibu Kota Beirut, Selasa (04/08/2020).

Rabu, 05/08/2020 08:36 0

Afghanistan

Amir Taliban di Momen Idul Adha: Kita di Ambang Pemerintahan Islam

Dalam pernyataannya, Haibatullah sekali lagi menekankan pembentukan pemerintahan Islam murni dengan menganut sistem Islam untuk Afghanistan.

Senin, 03/08/2020 13:13 0

China

ASPI: Tenaga Uighur Dipekerjakan untuk Puluhan Merek Global

Laporan Lembaga Strategi Strategis Australia (ASPI), yang mengutip dokumen pemerintah dan laporan media lokal, mengidentifikasi bahwa setidaknya 27 pabrik di sembilan provinsi Cina di mana lebih dari 80.000 warga Uighur dari wilayah barat Xinjiang telah dipindahkan

Senin, 03/08/2020 12:45 0

Lebanon

Laporan: Syiah Hizbullah Rekrut dan Latih Buzzer untuk Sebar Hoaks

Milisi Lebanon telah membentuk "pasukan elektronik" yang didukung Iran dari para aktivis media sosial yang dilatih untuk menyebarkan informasi bersifat politis.

Senin, 03/08/2020 12:30 0

Timur Tengah

UAE Segera Operasikan PLTN Pertama di Jazirah Arab

Uni Emirat Arab (UAE) mulai mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Barakah di ibu kota Abu Dhabi, sebagai yang pertama milik negara itu sekaligus yang pertama di kawasan jazirah Arab dan ke-33 di dunia.

Senin, 03/08/2020 10:06 0

Suara Pembaca

Al-Qur’an: Keajaiban yang Abadi

Al-Qur'an merupakan sebuah keajaiban milik Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam yang Allah turunkan kepadanya secara terpisah berdasarkan kejadian tertentu. Hikmahnya adalah untuk memperteguh hati Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan hati para muslimin, serta mempermudah bagi mereka untuk menghafalnya.

Senin, 03/08/2020 08:27 0

India

Pemuda Muslim India Dipukuli Lantaran Angkut Daging

Sekelompok orang menghentikan mobil seorang pemuda Muslim di daerah "Gurgaon" dekat New Delhi. Dia dibawa ke rumah sakit setelah mengalami kekerasan hebat. 

Senin, 03/08/2020 04:30 0

China

Heboh, Ratusan Ribu Vaksin Palsu diproduksi di Cina

Ratusan ribu vaksin yang disediakan untuk anak-anak Cina diketahui palsu. Hal ini memicu kemarahan publik yang luas di negara itu.

Ahad, 02/08/2020 13:26 0

Close