... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

BPOM Tegaskan Belum Ada Obat Herbal Bisa Sembuhkan Covid-19

Foto: Penampakan obat herbal penawar Covid-19 ala Hadi Pranoto. (Foto: Antara)

KIBLAT.NET, Jakarta – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada obat yang bisa diklaim dapat menyembuhkan Covid-19, termasuk obat-obatan jenis herbal.

“Sampai saat ini, pengembangan obat pun belum ada yang bisa diklaim ataupun diindikasikan untuk obat Covid, nah sedangkan obat herbal juga belum ya,” kata Direktur Standardisasi Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif BPOM, Dra Togi Junice Hutadjulu, Apt, MHA dalam acara di BNPB, Rabu (05/08/2020).

Togi juga menjelaskan bahwa saat ini BPOM terus mengawal pengembangan vaksin yang sedang berjalan untuk memastikan keamanannya bagi masyarakat ketika nantinya digunakan untuk mengobati Covid-19.

Dalam proses pembuatan dan penemuan obat, jelas Togi, terdapat tahapan-tahapan yang harus dilalui. Pertama, pada saat penelitian akan dicari molekul-molekul apa yang digunakan untuk pengobatan. Kemudian, molekul tersebut akan menjalani proses uji laboratorium untuk menentukan karakterisasi dan spesifikasinya.

Apabila telah nampak potensi manfaat dan keamanan, molekul tersebut akan menjalani proses uji praklinis yaitu diujikan ke hewan untuk membuktikan bahwa obat tersebut aman.

Setelah lolos praklinis, barulah obat tersebut memasuki tahapan uji klinis atau diuji kepada manusia. Uji klinis sendiri terdapat tiga fase yakni fase satu untuk keamanan, fase dua untuk memastikan efektivitas obat, dan fase tiga adalah untuk konfirmasi keamanan dan khasiatnya.

Sedangkan untuk obat herbal, biasanya BPOM melihat berdasarkan uji empiris. Yaitu dengan melihat lama penggunaan herbal tersebut sehingga sudah terbukti keamanan dan khasiatnya dalam penyembuhan suatu penyakit.

BACA JUGA  59 Negara Boikot Indonesia, PKS: Ini Cambuk Bagi Pemerintah

“Sedangkan untuk kita punya kategori juga obat herbal terstandar akan melalui uji praklinis, sedangkan untuk fitofarmaka ini yang adalah disebut juga adalah obat modern asli Indonesia itu melalui uji klinis,” tuturnya.

Di acara yang sama, Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Balitbangkes, Kemenkes, Ahmad Saikhu, M.Sc.PH mengungkapkan jika satu-satunya obat untuk Covid-19 adalah antivirus atau vaksin.

“Terkait dengan penggunaan herbal atau jamu, ini sebenarnya tidak bisa menyembuhkan Covid-19,” kata Saikhu.

“Jamu ini adalah untuk komorbid dari Covid-19, artinya hanya bisa digunakan untuk meringankan gejala-gejala penyakit penyerta,” lanjut Saikhu.

Polemik terkait obat herbal penyembuh Covid-19 ini berawal dari pengakuan Hadi Pranoto, salah seorang yang memperkenalkan dirinya sebagai ahli mikrobiologi. Dalam sesi wawancara dengan musisi Anji di channel YouTube Dunia Manji, Hadi mengklaim telah menemukan obat herbal penawar Covid-19.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Lebanon

Ledakan Dahsyat Lebanon: Masih Banyak Korban yang Terperangkap

Kepala Palang Merah Lebanon, George Kettaneh mengatakan ratusan orang yang terluka dalam ledakan di pelabuhan Beirut telah dibawa ke rumah sakit, namun banyak yang masih terperangkap di rumah-rumah yang rusak akibat ledakan tersebut.

Rabu, 05/08/2020 09:12 0

Lebanon

Ledakan Dahsyat Lebanon Berasal dari 2.750 Ton Amonium Nitrat

Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan sebanyak 2.750 ton amonium nitrat ditimbun selama enam tahun di gudang pelabuhan, lokasi terjadinya ledakan amat dahsyat yang mengguncang Ibu Kota Beirut, Selasa (04/08/2020).

Rabu, 05/08/2020 08:36 0

Afghanistan

Amir Taliban di Momen Idul Adha: Kita di Ambang Pemerintahan Islam

Dalam pernyataannya, Haibatullah sekali lagi menekankan pembentukan pemerintahan Islam murni dengan menganut sistem Islam untuk Afghanistan.

Senin, 03/08/2020 13:13 0

China

ASPI: Tenaga Uighur Dipekerjakan untuk Puluhan Merek Global

Laporan Lembaga Strategi Strategis Australia (ASPI), yang mengutip dokumen pemerintah dan laporan media lokal, mengidentifikasi bahwa setidaknya 27 pabrik di sembilan provinsi Cina di mana lebih dari 80.000 warga Uighur dari wilayah barat Xinjiang telah dipindahkan

Senin, 03/08/2020 12:45 0

Lebanon

Laporan: Syiah Hizbullah Rekrut dan Latih Buzzer untuk Sebar Hoaks

Milisi Lebanon telah membentuk "pasukan elektronik" yang didukung Iran dari para aktivis media sosial yang dilatih untuk menyebarkan informasi bersifat politis.

Senin, 03/08/2020 12:30 0

Timur Tengah

UAE Segera Operasikan PLTN Pertama di Jazirah Arab

Uni Emirat Arab (UAE) mulai mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Barakah di ibu kota Abu Dhabi, sebagai yang pertama milik negara itu sekaligus yang pertama di kawasan jazirah Arab dan ke-33 di dunia.

Senin, 03/08/2020 10:06 0

Suara Pembaca

Al-Qur’an: Keajaiban yang Abadi

Al-Qur'an merupakan sebuah keajaiban milik Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam yang Allah turunkan kepadanya secara terpisah berdasarkan kejadian tertentu. Hikmahnya adalah untuk memperteguh hati Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan hati para muslimin, serta mempermudah bagi mereka untuk menghafalnya.

Senin, 03/08/2020 08:27 0

India

Pemuda Muslim India Dipukuli Lantaran Angkut Daging

Sekelompok orang menghentikan mobil seorang pemuda Muslim di daerah "Gurgaon" dekat New Delhi. Dia dibawa ke rumah sakit setelah mengalami kekerasan hebat. 

Senin, 03/08/2020 04:30 0

China

Heboh, Ratusan Ribu Vaksin Palsu diproduksi di Cina

Ratusan ribu vaksin yang disediakan untuk anak-anak Cina diketahui palsu. Hal ini memicu kemarahan publik yang luas di negara itu.

Ahad, 02/08/2020 13:26 0

China

Israel Didesak Berhenti Bantu Cina dalam Teknologi Pengintaian

Joshua Wong, seorang pemimpin pro-demokrasi Hong Kong, mendesak Israel untuk memblokade sebuah perusahaan teknologi sipil dari penjualan produk-produk yang digunakan Cina untuk memata-matai para pengunjuk rasa.

Ahad, 02/08/2020 12:44 0

Close