... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ledakan Dahsyat Lebanon Berasal dari 2.750 Ton Amonium Nitrat

Foto: Asap tampak membumbung tinggi di lokasi ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (Foto: reuters)

KIBLAT.NET, Beirut – Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan sebanyak 2.750 ton amonium nitrat ditimbun selama enam tahun di gudang pelabuhan, lokasi terjadinya ledakan amat dahsyat yang mengguncang Ibu Kota Beirut, Selasa (04/08/2020).

Aoun menyebut bahwa penimbunan zat kimia bersifat eksplosif tersebut tidak dapat diterima, karena dilakukan secara serampangan tanpa memperhatikan aspek keamanan.

Amonium nitrat adalah senyawa kimia yang biasa digunakan untuk pupuk dan menjadi campuran zat dalam konstruksi pertambangan.

Sementara itu, Perdana Menteri meminta kabinet pemerintahan menggelar rapat darurat terkait ledakan ini pada Rabu (05/08/2020), serta mengatakan status darurat selama dua pekan harus segera diumumkan. Sejauh ini, setidaknya 78 orang dilaporkan tewas akibat ledakan, sementara sekitar 4.000 orang lainnya mengalami luka-luka.

Otoritas setempat menyebut kemungkinan korban meninggal dunia masih akan terus bertambah seiring dengan proses evakuasi oleh petugas yang mencari korban di bawah reruntuhan bangunan.

“Apa yang kami saksikan di sini adalah sebuah malapetaka dahsyat. Korban bergelimpangan, kerusakan terjadi di mana-mana,” ujar kepala Palang Merah Lebanon, George Kettani, dalam wawancara dengan Mayadeen.

Perdana Menteri Hassan Diab menyatakan dalam pidatonya bahwa harus ada pertanggungjawaban terhadap ledakan maut di gudang yang berbahaya ini.

“Mereka yang bertanggung jawab akan membayar dengan harga setimpal,” kata Diab, yang menambahkan bahwa rincian terkait hal ini akan disampaikan kepada publik.

BACA JUGA  Kiblatorial: Manuver Ciptaker Sasar Pesantren

Beberapa jam usai ledakan, yang terjadi sekitar pukul 6 petang waktu setempat, api masih menyala di wilayah pelabuhan sehingga terlihat cahaya kemerahan menjelang malam.

Sebagian korban luka dibawa ke luar Beirut untuk perawatan, karena rumah sakit di kota itu telah penuh oleh sebagian korban lain. Ambulans dari kota-kota sekitar juga dikerahkan untuk membantu evakuasi.

Sumber: Reuters
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

88% Kondisi KUA di Jakarta Sudah Tidak Layak, Ada yang Hampir Roboh

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi melakukan kunjungan kerja meninjau kondisi Kantor...

Selasa, 04/08/2020 11:04 1

Indonesia

Warga Semakin Cemas Covid-19, Jokowi: Saya Nggak Tau Sebabnya

Presiden Joko Widodo kembali menggelar rapat terbatas penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Senin, 03/08/2020 20:39 1

Indonesia

Pakar Pidana: Setelah Djoko Tjandra, Polisi Harus Tangkap Harun Masiku

Pakar Hukum Pidana Universitas Al-Azhar Indonesia, Suparji Ahmad mengapresiasi penangkapan buron kasus cessie Bank Bali Djoko Tjandra.

Senin, 03/08/2020 20:08 0

Indonesia

Laporan Amnesty: Sejumlah Anggota TNI Diduga Bunuh Seorang Remaja Papua

Amnesty Internasional Indonesia menduga adanya keterlibatan anggota TNI dalam pembunuhan terhadap seorang remaja Papua bernama Oktovianus Warip Betera (18) pada 24 Juli lalu di Desa Asiki, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Senin, 03/08/2020 11:12 0

Indonesia

Dampak Pandemi Corona, Laba Pizza Hut Turun 89%

PT Sarimelati Kencana Tbk selaku pemegang hak waralaba Pizza Hut di Indonesia mencatatkan penurunan kinerja sepanjang semester I 2020 karena operasional terdampak pandemi Covid-19. Pada paruh pertama 2020, mereka membukukan laba Rp 10,47 miliar, turun 89,48% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Senin, 03/08/2020 10:25 0

Indonesia

Via Telepon, Jokowi Ucapkan Selamat Idul Adha ke Erdogan

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Idul Adha 1441 H melalui via telepon kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, Ahad (02/08/2020) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Senin, 03/08/2020 09:46 0

Suara Pembaca

Al-Qur’an: Keajaiban yang Abadi

Al-Qur'an merupakan sebuah keajaiban milik Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam yang Allah turunkan kepadanya secara terpisah berdasarkan kejadian tertentu. Hikmahnya adalah untuk memperteguh hati Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan hati para muslimin, serta mempermudah bagi mereka untuk menghafalnya.

Senin, 03/08/2020 08:27 0

Indonesia

Momen Idul Adha, Jokowi Selamati Raja Salman Via Telepon

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara khusus menyampaikan ucapan selamat Idul Adha 1441 H kepada Raja Arab Saudi, Salman Bin Abdul Aziz Al Saud melalui sambungan telepon pada Jumat (31/07/2020) petang sekitar pukul 18.45 WIB dari Istana Kepresidenan Bogor.

Sabtu, 01/08/2020 21:24 0

Suara Pembaca

Beef Teriyaki, Menu Olahan Daging Kurban Paling Maknyus

Hari Raya Idul Adha sering diidentikkan dengan sejumlah olahan makanan daging sapi atau daging kambing. Sebut saja sate kambing dan rendang daging sapi.

Kamis, 30/07/2020 22:54 0

Indonesia

Kenakan Kemeja Khas Gibran, Kader PKS Solo Disanksi

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Solo menjatuhkan sanksi pada salah satu anggota DPRD yang menggunakan pakaian Indonesia Raya, Khas Gibran

Kamis, 30/07/2020 21:54 0

Close