... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

UAE Segera Operasikan PLTN Pertama di Jazirah Arab

Foto: PLTN Barakah milik UAE. (Foto: The National)

KIBLAT.NET, Abu Dhabi – Uni Emirat Arab (UAE) mulai mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Barakah di ibu kota Abu Dhabi, sebagai yang pertama milik negara itu sekaligus yang pertama di kawasan jazirah Arab dan ke-33 di dunia.

“PLTN Barakah akan memiliki empat reaktor dengan total kapasitas 5.600 megawatt. Saat beroperasi penuh, PLTN ini akan memenuhi hingga 25% permintaan listrik nasional,” tulis Kedutaan Besar UAE di Jakarta dalam rilis yang dikeluarkan pada Ahad (02/08/2020), dikutip dari Antara.

Menurut pernyataan kedutaan, reaktor unit pertama telah berhasil dioperasikan baru-baru ini, sementara reaktor unit kedua telah selesai di tahap konstruksi dan saat ini sedang menjalani persiapan operasional.

Per Mei 2020 lalu, keseluruhan proses konstruksi dari keempat reaktor PLTN Barakah telah mencapai 94%.

“Kehadiran PLTN Barakah juga mencegah pelepasan 21 juta ton emisi karbon setiap tahun yang setara dengan menghilangkan 3,2 juta kendaraan yang menghasilkan polusi udara,” lanjut keterangan tersebut.

UAE menyebut PLTN Barakah sebagai proyek bersejarah yang meningkatkan peran negara itu dalam transisi energi bersih global, dan di sisi lain menjadi stimulus sosial, pendidikan, dan ekonomi.

Proyek reaktor nuklir itu dibangun atas kerja sama dengan Korea Electric Power Corporation (KEPCO), yakni perusahaan negara milik Korea Selatan, dan UAE adalah satu satunya negara yang telah membeli reaktor tersebut hingga saat ini.

BACA JUGA  Cinta Rasulullah, Pasar-pasar di Kuwait Boikot Produk Prancis

Melalui Emirates Nuclear Energy Corporation (ENEC), UAE memberikan kontrak perdana kepada KEPCO senilai 20 miliar dolar AS (sekitar Rp294 triliun dalam kurs saat ini) pada 2009.

“Pada awalnya, proyek pembangunan reaktor pertama ini akan dibuka pada 2017, tetapi proyek tersebut mengalami beberapa kali penundaan,” demikian Kedutaan Besar UAE menjelaskan.

Sumber: Antara
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Via Telepon, Jokowi Ucapkan Selamat Idul Adha ke Erdogan

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Idul Adha 1441 H melalui via telepon kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, Ahad (02/08/2020) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Senin, 03/08/2020 09:46 0

Suara Pembaca

Al-Qur’an: Keajaiban yang Abadi

Al-Qur'an merupakan sebuah keajaiban milik Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam yang Allah turunkan kepadanya secara terpisah berdasarkan kejadian tertentu. Hikmahnya adalah untuk memperteguh hati Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan hati para muslimin, serta mempermudah bagi mereka untuk menghafalnya.

Senin, 03/08/2020 08:27 0

Indonesia

Momen Idul Adha, Jokowi Selamati Raja Salman Via Telepon

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara khusus menyampaikan ucapan selamat Idul Adha 1441 H kepada Raja Arab Saudi, Salman Bin Abdul Aziz Al Saud melalui sambungan telepon pada Jumat (31/07/2020) petang sekitar pukul 18.45 WIB dari Istana Kepresidenan Bogor.

Sabtu, 01/08/2020 21:24 0

Suara Pembaca

Beef Teriyaki, Menu Olahan Daging Kurban Paling Maknyus

Hari Raya Idul Adha sering diidentikkan dengan sejumlah olahan makanan daging sapi atau daging kambing. Sebut saja sate kambing dan rendang daging sapi.

Kamis, 30/07/2020 22:54 0

Indonesia

Kenakan Kemeja Khas Gibran, Kader PKS Solo Disanksi

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Solo menjatuhkan sanksi pada salah satu anggota DPRD yang menggunakan pakaian Indonesia Raya, Khas Gibran

Kamis, 30/07/2020 21:54 0

Indonesia

Penghina Ahok Diproses, Pencaci Habib Rizieq Juga Harus Ditangkap

Teuku Syahrial bersama kuasa hukumnya dari Bantuan Hukum Front (BHF) melaporkan Boedi Djarot ke Polda Metro Jaya.

Kamis, 30/07/2020 21:03 0

Indonesia

Polisi Tangkap Dua Penghina Ahok di Medsos

Dua orang pelaku pencemaran nama baik Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditangkap polisi. Hal itu diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusi Yunus.

Kamis, 30/07/2020 20:13 0

Indonesia

MUI Larang Sholat Idul Adha di Lokasi Penularan Covid-19 Tinggi

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh mengimbau umat muslim Tanah Air untuk menerapkan protokol kesehatan demi menjaga keselamatan bersama dari COVID-19

Rabu, 29/07/2020 22:43 0

Indonesia

Hidayat Nur Wahid: Upaya Pembakaran Baliho HRS Bentuk Tindak Pidana

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid prihatin masih terjadinya tindakan kriminal dan persekusi kepada Imam Masjid dan Ulama

Rabu, 29/07/2020 22:27 0

Indonesia

Kemendagri Klaim Pilkada Serentak Jadi Stimulus Ekonomi

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar mengungkapkan, Pilkada merupakan momentum untuk bangkit bersama untuk mengatasi Covid-19.

Rabu, 29/07/2020 22:01 0

Close
CLOSE
CLOSE