... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Laporan: Syiah Hizbullah Rekrut dan Latih Buzzer untuk Sebar Hoaks

Foto: Gerakan Syiah Hizbullah yang berbasis di Lebanon.

KIBLAT.NET, Beirut – Sebuah penyelidikan mengungkap peran Hizbullah dalam melatih orang-orang yang direkrut dari seluruh Timur Tengah untuk menyebarkan informasi hoaks secara online dan menabur kerusuhan dan kekerasan politik di seluruh wilayah.

Milisi Lebanon telah membentuk “pasukan elektronik” yang didukung Iran dari para aktivis media sosial yang dilatih untuk menyebarkan informasi bersifat politis. Demikian laporan surat kabar Telegraph.

Sejak 2012, Hizbullah telah mengirimkan rekrutan dari seluruh wilayah ke Beirut untuk menerima pelatihan spesialis tentang cara memanipulasi foto secara digital, mengelola sejumlah besar akun media sosial palsu, membuat video, menghindari sensor Facebook, dan secara efektif menyebarkan disinformasi online.

Orang-orang ini kemudian kembali ke negara asal mereka dan memberi pelatihan kepada jaringan mereka dengan keterampilan yang diperoleh di ibukota Lebanon.

Telegraph mewawancarai sejumlah individu yang terlibat langsung dengan program ini. Mohammed, yang menghadiri kursus itu mengaku terkejut melihat betapa teknis dan efektifnya ilmu yang dia dapatkan.

“Ini adalah industri ilusi … untuk klien itu layak menghabiskan uang,” katanya.

Mohammed tetap di Irak, di mana ia melatih orang lain sesuai taktik yang diajarkan oleh Hizbullah.

Abdullah, seorang politisi senior dari salah satu partai politik terbesar Irak, terlibat langsung dalam pengiriman banyak rekrutmen untuk dilatih di Beirut. Dia menjelaskan bahwa pelatihan itu tidak hanya membantu memperluas pengaruh Iran dan sekutunya, tetapi telah bernilai uang bagi milisi Lebanon.

“Itu menjadi bisnis untuk Hizbullah. Orang-orang yang kami kirim mengembangkan keterampilan mereka di Beirut dan ketika mereka kembali, mereka mulai melatih aktivis di Irak,” katanya.

Abdullah juga mengatakan bahwa pelatihan serupa tersedia di Iran, meskipun kurang populer dan mudah diakses.

Hizbullah berbisnis dengan program yang menguntungkan, sedangkan negara-negara seperti Irak membayarnya. Berita hoaks yang dibagikan di media sosial untuk tujuan politik secara teratur menghasilkan konsekuensi serius, termasuk adanya kekerasan dan hilangnya nyawa.

Satu kasus terkenal adalah pembunuhan Hisham Al-Hashimi, seorang pakar keamanan Irak yang meneliti peran milisi Irak seperti Kataib Hizbullah yang didukung Iran.

Dia menjadi sasaran kampanye kotor online yang berlarut-larut yang menuduhnya memerintahkan pembunuhan orang Syiah, dan ditembak mati pada bulan Juli.

Banyak yang mencurigai Kataib Hizbullah berada di balik kampanye provokasi sebelum pembunuhan Al-Hashimi.

“Pernyataan dan pesan palsu yang menghasut kekerasan, yang menyebar secara online dapat dengan mudah mengarah langsung ke kekerasan mematikan di kehidupan nyata di Irak,” kata Mohanad Al-Semawee, kepala Pusat Media Digital Irak (DMC).

“Efek keseluruhan dari lonjakan profil palsu yang menyebarkan informasi palsu sangat merusak Irak – dan itu semakin buruk setiap saat.”

Hizbullah terdaftar sebagai organisasi teroris oleh delapan belas negara dan blok internasional, termasuk AS, Inggris, Liga Arab dan Uni Eropa.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Laporan Amnesty: Sejumlah Anggota TNI Diduga Bunuh Seorang Remaja Papua

Amnesty Internasional Indonesia menduga adanya keterlibatan anggota TNI dalam pembunuhan terhadap seorang remaja Papua bernama Oktovianus Warip Betera (18) pada 24 Juli lalu di Desa Asiki, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Senin, 03/08/2020 11:12 0

Indonesia

Dampak Pandemi Corona, Laba Pizza Hut Turun 89%

PT Sarimelati Kencana Tbk selaku pemegang hak waralaba Pizza Hut di Indonesia mencatatkan penurunan kinerja sepanjang semester I 2020 karena operasional terdampak pandemi Covid-19. Pada paruh pertama 2020, mereka membukukan laba Rp 10,47 miliar, turun 89,48% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Senin, 03/08/2020 10:25 0

Indonesia

Via Telepon, Jokowi Ucapkan Selamat Idul Adha ke Erdogan

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Idul Adha 1441 H melalui via telepon kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, Ahad (02/08/2020) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Senin, 03/08/2020 09:46 0

Suara Pembaca

Al-Qur’an: Keajaiban yang Abadi

Al-Qur'an merupakan sebuah keajaiban milik Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam yang Allah turunkan kepadanya secara terpisah berdasarkan kejadian tertentu. Hikmahnya adalah untuk memperteguh hati Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan hati para muslimin, serta mempermudah bagi mereka untuk menghafalnya.

Senin, 03/08/2020 08:27 0

Indonesia

Momen Idul Adha, Jokowi Selamati Raja Salman Via Telepon

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara khusus menyampaikan ucapan selamat Idul Adha 1441 H kepada Raja Arab Saudi, Salman Bin Abdul Aziz Al Saud melalui sambungan telepon pada Jumat (31/07/2020) petang sekitar pukul 18.45 WIB dari Istana Kepresidenan Bogor.

Sabtu, 01/08/2020 21:24 0

Suara Pembaca

Beef Teriyaki, Menu Olahan Daging Kurban Paling Maknyus

Hari Raya Idul Adha sering diidentikkan dengan sejumlah olahan makanan daging sapi atau daging kambing. Sebut saja sate kambing dan rendang daging sapi.

Kamis, 30/07/2020 22:54 0

Indonesia

Kenakan Kemeja Khas Gibran, Kader PKS Solo Disanksi

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Solo menjatuhkan sanksi pada salah satu anggota DPRD yang menggunakan pakaian Indonesia Raya, Khas Gibran

Kamis, 30/07/2020 21:54 0

Indonesia

Penghina Ahok Diproses, Pencaci Habib Rizieq Juga Harus Ditangkap

Teuku Syahrial bersama kuasa hukumnya dari Bantuan Hukum Front (BHF) melaporkan Boedi Djarot ke Polda Metro Jaya.

Kamis, 30/07/2020 21:03 0

Indonesia

Polisi Tangkap Dua Penghina Ahok di Medsos

Dua orang pelaku pencemaran nama baik Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditangkap polisi. Hal itu diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusi Yunus.

Kamis, 30/07/2020 20:13 0

Indonesia

MUI Larang Sholat Idul Adha di Lokasi Penularan Covid-19 Tinggi

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh mengimbau umat muslim Tanah Air untuk menerapkan protokol kesehatan demi menjaga keselamatan bersama dari COVID-19

Rabu, 29/07/2020 22:43 0

Close