... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Laporan Amnesty: Sejumlah Anggota TNI Diduga Bunuh Seorang Remaja Papua

Foto: Pasukan TNI di Papua. (Puspen TNI/merdeka)

KIBLAT.NET, Jayapura – Amnesty Internasional Indonesia menduga adanya keterlibatan anggota TNI dalam pembunuhan terhadap seorang remaja Papua bernama Oktovianus Warip Betera (18) pada 24 Juli lalu di Desa Asiki, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

“Baru saja terjadi di Nduga, pembunuhan di luar hukum yang diduga melibatkan anggota TNI kembali terjadi di Papua. Bahkan dalam sebulan terakhir, pembunuhan seperti ini bukan pula yang pertama terjadi di Asiki, Boven Digul. Sebelumnya, anggota Polri juga diduga membunuh petani kebun pisang Marius Betera. Jelas ini semua patut disesalkan,” ujar Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid dalam siaran pers pada Rabu (29/07/2020).

Menurut Usman, hal ini menunjukkan negara tidak serius dalam mencegah maupun menindak tindakan represif aparat yang melanggar hukum di Papua.

“Terlebih lagi, ada dugaan bahwa aparat TNI berusaha menutup-nutupi kasus ini dari keluarga korban. Keluarga korban bahkan awalnya tidak bisa melihat jenazah korban. Jika benar demikian, maka ini menunjukkan sikap yang tidak profesional dari institusi militer di Asiki,” tuturnya.

Penghilangan nyawa, lanjut Usman, apalagi jika itu dilakukan di luar hukum merupakan pelanggaran HAM berat. Otoritas yang berwenang harus bertindak tegas kepada pelaku, tidak cukup hanya dengan permintaan maaf.

“Kami mendesak otoritas berwenang untuk melakukan investigasi independen dan transparan terkait kasus ini dalam ranah hukum pidana. Tidak cukup hanya sanksi internal kepada pelaku. Jangan ada lagi impunitas hukum, apalagi terhadap aparat negara seperti TNI dan kepolisian yang seharusnya memberi contoh perilaku yang menghormati hukum dan hak hidup manusia,” ujarnya.

BACA JUGA  DSKS Minta Fachrul Razi Mundur dari Menag

“Kami mendesak negara untuk memastikan tersedianya reparasi bagi keluarga korban dan memfasilitasi proses pemulihan secara fisik, moral, material dan maupun mental,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Amnesty International Indonesia, pada tanggal 24 Juli 2020, terjadi sebuah adu mulut antara Oktovianus Betera, 18 tahun dengan seorang pemilik kios di Asiki, Papua. Oktovianus diduga mencuri sesuatu dari kios tersebut, namun belum ada konfirmasi dan bukti mengenai apa yang dicurinya. Sang pemilik kios saat itu juga langsung menghubungi TNI Kostrad, Satgas Yonif Raider 516/Caraka Yudha, tentang kejadian tersebut.

Aparat satgas pun mendatangi kios tersebut dan diduga mengeroyok Oktovianus hingga ia meninggal dunia. Berdasarkan laporan media-media setempat, hasil visum jenazah Oktovianus ditemukan lebam bekas penganiayaan. Sumber Amnesty di Papua mengatakan bahwa pihak TNI awalnya langsung memasukkan jenazah Oktovianus ke peti mati kemudian peti tersebut dipaku sehingga menyulitkan keluarga korban untuk melihat jenazahnya.

Keluarga akhirnya bisa melihat jenazah korban setelah ada desakan dari pemuka agama setempat. Proses pemakaman pun dilaporkan dilaksanakan dengan pengawalan ketat oleh aparat TNI. Sumber yang sama juga mengatakan kepada Amnesty bahwa Danrem 174/ATW Brigjen TNI Bangun Nawoko telah meminta maaf kepada pihak keluarga melalui Kasrem.

Danrem Brigjen TNI Bangun membenarkan telah mengirim tim ke Asiki untuk menyelidiki insiden tersebut. Sumber Amnesty dari Mabes TNI telah mengonfirmasi adanya insiden tersebut dan menyatakan bahwa pihak TNI telah memulai penyelidikan terhadap pelaku.

BACA JUGA  HNW Khawatir Pelibatan BNPT dan BPIP dalam Sertifikasi Dai

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Timur Tengah

UAE Segera Operasikan PLTN Pertama di Jazirah Arab

Uni Emirat Arab (UAE) mulai mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Barakah di ibu kota Abu Dhabi, sebagai yang pertama milik negara itu sekaligus yang pertama di kawasan jazirah Arab dan ke-33 di dunia.

Senin, 03/08/2020 10:06 0

Suara Pembaca

Al-Qur’an: Keajaiban yang Abadi

Al-Qur'an merupakan sebuah keajaiban milik Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam yang Allah turunkan kepadanya secara terpisah berdasarkan kejadian tertentu. Hikmahnya adalah untuk memperteguh hati Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan hati para muslimin, serta mempermudah bagi mereka untuk menghafalnya.

Senin, 03/08/2020 08:27 0

India

Pemuda Muslim India Dipukuli Lantaran Angkut Daging

Sekelompok orang menghentikan mobil seorang pemuda Muslim di daerah "Gurgaon" dekat New Delhi. Dia dibawa ke rumah sakit setelah mengalami kekerasan hebat. 

Senin, 03/08/2020 04:30 0

China

Heboh, Ratusan Ribu Vaksin Palsu diproduksi di Cina

Ratusan ribu vaksin yang disediakan untuk anak-anak Cina diketahui palsu. Hal ini memicu kemarahan publik yang luas di negara itu.

Ahad, 02/08/2020 13:26 0

China

Israel Didesak Berhenti Bantu Cina dalam Teknologi Pengintaian

Joshua Wong, seorang pemimpin pro-demokrasi Hong Kong, mendesak Israel untuk memblokade sebuah perusahaan teknologi sipil dari penjualan produk-produk yang digunakan Cina untuk memata-matai para pengunjuk rasa.

Ahad, 02/08/2020 12:44 0

Pakistan

Dor… Seorang Pemuda Eksekusi Penista Agama Sebelum Diadili

Tahir Ahmad Nasim (47) adalah anggota sekte sesat di Pakistan karena tidak mengakui Nabi Muhammad sebagai nabi terakhir.

Jum'at, 31/07/2020 15:06 0

Suriah

Disokong Rusia, Rezim Assad Akan Buat Hagia Sophia Tandingan

Pembangunan mini Hagia Sophia berlangsung di provinsi pusat Hama, dan akan dibantu oleh sekutu utama Suriah Rusia.

Jum'at, 31/07/2020 04:24 0

Suara Pembaca

Beef Teriyaki, Menu Olahan Daging Kurban Paling Maknyus

Hari Raya Idul Adha sering diidentikkan dengan sejumlah olahan makanan daging sapi atau daging kambing. Sebut saja sate kambing dan rendang daging sapi.

Kamis, 30/07/2020 22:54 0

Brunai Darussalam

Brunei Darussalam Nihil Kasus Baru Covid-19 Selama 84 Hari

Brunei mengumumkan nihil kasus baru virus corona pada Kamis (30/07/2020) dengan jumlah total mencapai 141 kasus.

Kamis, 30/07/2020 21:38 0

Arab Saudi

Rasanya Seperti Mimpi, Kata Seorang Jamaah Haji saat Berjalan di Sekitar Ka’bah

"Ini adalah perasaan yang tak terlukiskan," kata Mohamed Ibrahim (43), seorang tukang listrik Mesir dari Madinah. 

Kamis, 30/07/2020 15:06 0

Close