... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rasanya Seperti Mimpi, Kata Seorang Jamaah Haji saat Berjalan di Sekitar Ka’bah

KIBLAT.NET, Riyadh – Haji 2020 dimulai pada hari Rabu ketika 1.000 peziarah memulai perjalanan mereka di tengah langkah-langkah perlindungan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan mereka. Para jamaah haji berjalan ke Masjidil Haram di Mekah untuk memulai ritual haji dengan tawaf pertama mereka, mengelilingi Ka’bah.

“Ini adalah perasaan yang tak terlukiskan,” kata Mohamed Ibrahim (43), seorang tukang listrik Mesir dari Madinah. “Rasanya seperti mimpi.”

Para peziarah diarahkan ke masjid dalam kelompok-kelompok kecil, berjalan di sepanjang jalan yang ditandai di lantai, berbeda dengan lautan manusia yang biasanya berputar di sekitar Kabah selama haji.

Angka dibatasi tahun ini menjadi sekitar 1.000, dibandingkan dengan 2,5 juta yang biasa, untuk mencegah penyebaran virus corona.

Petugas perempuan bertugas dengan pasukan polisi Mekah pada musim haji ini untuk pertama kalinya sejak perempuan dimungkinkan untuk melayani pada tahun 2019.

Peziarah Makedonia Hamide Halimi mengatakan kepada Arab News bahwa dia senang bisa melakukan haji. “Dalam grup, kami adalah wanita berusia 20-an dan sepanjang pengalaman ini, saya hanya bersama wanita … ini adalah pengalaman persaudaraan yang luar biasa,” katanya.

Halimi telah melakukan Umrah sebelumnya, tetapi kerumunan orang begitu besar sehingga dia jauh dari Ka’bah dan harus berjalan-jalan dari atap Masjidil Haram. Tahun ini dia seolah tidak percaya seberapa dekat dia dengan Ka’bah. “Itu adalah momen nyata bahwa saya tidak pernah bisa membayangkan terjadi,” katanya.

BACA JUGA  Haji 2020: Ini Sejumlah Fasilitas Kesehatan untuk Jamaah

Kemudian pada hari Rabu, para peziarah kembali ke penginapan mereka di Mina untuk menghabiskan malam dalam dengan doa dan munajat. Pada hari Kamis, di puncak spiritual Haji, mereka akan mendaki Gunung Arafah.

Ammar Khaled (29), seorang peziarah India yang lahir dan besar di Arab Saudi, mengatakan bahwa meskipun dia sendirian berhaji, dia berdoa untuk orang-orang yang dicintainya. “Kata-kata tidak cukup untuk menjelaskan betapa aku merasa mendapatkan barakah,” katanya.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

MUI Larang Sholat Idul Adha di Lokasi Penularan Covid-19 Tinggi

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh mengimbau umat muslim Tanah Air untuk menerapkan protokol kesehatan demi menjaga keselamatan bersama dari COVID-19

Rabu, 29/07/2020 22:43 0

Indonesia

Hidayat Nur Wahid: Upaya Pembakaran Baliho HRS Bentuk Tindak Pidana

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid prihatin masih terjadinya tindakan kriminal dan persekusi kepada Imam Masjid dan Ulama

Rabu, 29/07/2020 22:27 0

Indonesia

Kemendagri Klaim Pilkada Serentak Jadi Stimulus Ekonomi

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar mengungkapkan, Pilkada merupakan momentum untuk bangkit bersama untuk mengatasi Covid-19.

Rabu, 29/07/2020 22:01 0

Indonesia

Ini Imbauan MUI Soal Rangkaian Pemotongan Hewan Qurban

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan penting karena sekarang pandemi COVID-19.

Rabu, 29/07/2020 21:53 0

Suara Pembaca

Trend Pemuda di Era Milenial

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan hamba-Nya nikmat masa muda untuk menyebarkan agama yang hak. Sholawat serta salam senantiasa tercurah limpahkan selalu kepada Nabi akhir zaman dengan semangat tingginya dalam berdakwah yang diutus rahmatan lil’alamiin Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam.

Rabu, 29/07/2020 19:42 0

Indonesia

Hadapi Pandemi Covid-19, Jokowi Ingin Pemerintah Kerja Cepat & Efisien

Jokowi ingin mengubah tata kelola birokrasi. Dengan begitu, pemerintah bisa bekerja lebih efisien dan cepat menghadapi pandemi Covid-19.

Rabu, 29/07/2020 14:28 0

Fikih

Apakah Shalat Idul Adha Menggugurkan Kewajiban Shalat Jumat?

Idul Adha 1441 bertepatan dengan hari Jumat, apakah shalat Idul Adha bisa menggugurkan shalat Jumat? Kajian ini akan dilandaskan kepada Mazhab Syafi’i, mengingat Indonesia adalah negeri dengan mayoritas bermazhab Syafi’i.

Rabu, 29/07/2020 11:40 0

Indonesia

Sidang Perdata Yusuf Mansur: Berlanjut ke Tahap Pembuktian

Sidang perdata perbuatan melanggar hukum dengan tergugat Jam'an Nur Chotib Mansur alias Yusuf Mansur terus berlanjut. Persidangan kini berlanjut ke tahap pembuktian.

Rabu, 29/07/2020 06:52 0

Indonesia

Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa Tolak Wacana Moderasi Ajaran Islam

Pemahaman terkait muncul dan berkembangnya ide atau wacana moderasi ajaran Islam yang digulirkan oleh Kemenag RI menjadi sesuatu hal yang menarik untuk diikuti. Suatu ide atau teori tidaklah muncul begitu saja tanpa sejumlah asumsi dan presuposisi. Begitu pula gagasan pemikiran, tidak dapat lepas dari konteks peradaban yang melahirkannya.

Senin, 27/07/2020 18:16 0

Indonesia

Rancangan Moderasi Ajaran Islam Kemenag Dikritisi Ratusan Intelektual Muslim

Demi membela Islam dan kepedulian yang tinggi terhadap kondisi umat Islam yang saat ini menghadapi berbagai makar dari Barat lewat sejumlah program yang mengarah pada perang pemikiran dan perang kebudayaan. Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa (FDMPB) mengkaji lebih dalam berbagai hal terkait dengan perkembangan umat, termasuk rancangan moderasi ajaran Islam yang digagas oleh Kementerian Agama RI.

Senin, 27/07/2020 17:39 1

Close