... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI Larang Sholat Idul Adha di Lokasi Penularan Covid-19 Tinggi

Foto: Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni’am Sholeh mengimbau umat muslim Tanah Air untuk menerapkan protokol kesehatan demi menjaga keselamatan bersama dari COVID-19, dalam memperingati dan menunaikan ibadah pada Hari Raya Idul Adha.

“Hindari kerumunan yang punya potensi untuk terjadinya penularan. Apalagi tidak disiplin menggunakan masker, menjaga jarak yang bisa menjadi masalah dalam hal kesehatan dan juga keselamatan,” tegas Asrorun saat konferensi pers Media Center di Graha BNPB Jakarta, Selasa (28/07).

Mulai dari pelaksanaan shalat Idul Adha, Asrorun menghimbau masyarakat untuk tetap menyesuaikan kondisi faktual di kawasannya. Dalam hal ini penting bagi masyarakat untuk mengetahui risiko penularan di wilayahnya.

“Ketika kita berada di suatu kawasan yang sudah mulai terkendali, maka pelaksanaan shalat Idul Adha dapat dilaksanakan di masjid secara berjamaah. Tetapi harus tetap istiqomah menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, kemudian wudhu dari rumah, membawa sajadah sendiri, menjaga jarak,” tutur Asrorun.

Lain halnya jika kawasan tempat tinggal termasuk pada kategori penularan tinggi, Asrorun menghimbau masyarakat sebaiknya melaksanakan shalat Idul Adha tetap di rumah.

Di samping itu, saat akan melaksanakan shalat Idul Adha, masyarakat harus memastikan kodisi kesehatan diri terlebih dahulu agar tidak membahayakan diri dan orang lain.

“Kemudian juga memastikan kondisi kesehatan kita tetap fit. Ketika kita melihat bahwa diri kita sedang sakit, atau memiliki penyakit bawaan, maka sebaiknya tetap shalat di rumah saja,” tambahnya.

BACA JUGA  MUI: Pencoretan Mushola Darussalam Sakiti Umat Islam

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Trend Pemuda di Era Milenial

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan hamba-Nya nikmat masa muda untuk menyebarkan agama yang hak. Sholawat serta salam senantiasa tercurah limpahkan selalu kepada Nabi akhir zaman dengan semangat tingginya dalam berdakwah yang diutus rahmatan lil’alamiin Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam.

Rabu, 29/07/2020 19:42 0

Arab Saudi

Hari Pertama Haji saat Pandemi: 1.000 Jamaah Tiba di Mina

Mina, 7 km timur laut dari Masjidil Haram di Mekah dan dalam batas-batasnya, biasanya akan menjadi tempat mendirikan tenda terbesar di dunia, menampung sekitar 2,5 juta peziarah.

Rabu, 29/07/2020 16:36 0

Amerika

Pendapatan McDonald’s Menurun Akibat Kebijakan Pembatasan Corona

McDonald's Corp melaporkan penurunan pendapatan gerai secara global. Penurunan kinerja tersebut dikarenakan banyak restoran perseroan yang ditutup seiring pembatasan operasional selama pandemi corona.

Rabu, 29/07/2020 14:01 0

Turki

Debat Mengemuka usai Media Turki Singgung Kembalinya Kekhilafahan Islam

Sebuah majalah berita di halaman depannya memuat tajuk bahwa saatnya telah tiba untuk deklarasi ulang kekhalifahan Islam di Turki setelah pengubahan Hagia Sophia menjadi masjid. Hal ini memicu perdebatan di media sosial.

Rabu, 29/07/2020 12:18 1

Fikih

Apakah Shalat Idul Adha Menggugurkan Kewajiban Shalat Jumat?

Idul Adha 1441 bertepatan dengan hari Jumat, apakah shalat Idul Adha bisa menggugurkan shalat Jumat? Kajian ini akan dilandaskan kepada Mazhab Syafi’i, mengingat Indonesia adalah negeri dengan mayoritas bermazhab Syafi’i.

Rabu, 29/07/2020 11:40 0

Malaysia

Mantan PM Malaysia Najib Razak Dihukum 12 Tahun Penjara

Mahkamah Tinggi Kuala Lumpur telah menjatuhkan hukuman penjara 12 tahun dan denda RM 210 juta atau sekitar Rp 718 miliar terhadap mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak atas sejumlah dakwaan.

Rabu, 29/07/2020 09:52 0

Palestina

Israel Ubah Masjid Jadi Bar, Restoran hingga Museum

Sebanyak 40 masjid dihancurkan, ditutup, atau ditinggalkan, sementara 17 lainnya diubah menjadi bar, restoran, atau museum.

Rabu, 29/07/2020 06:57 0

Arab Saudi

Protokol Haji 2020: Jamaah Wajib Karantina Sebelum dan Sesudah Beribadah

Mereka mengatakan bahwa mereka siap untuk memfasilitasi ibadah di tengah langkah-langkah kesehatan dan keamanan yang ketat.

Selasa, 28/07/2020 10:59 0

Malaysia

Dikhawatirkan Tenggelam, Puluhan Rohingya Ternyata Berhasil Mendarat di Malaysia

Sabtu malam, seorang Rohingya berenang ke pantai dari sebuah perahu kecil di lepas pantai barat Langkawi. 

Selasa, 28/07/2020 07:28 0

Philipina

Cegah Peredaran Narkoba, Duterte Minta Berlakukan Hukum Suntik Mati

Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada Senin (28/07/2020), mendesak penerapan kembali hukuman mati melalui suntikan mematikan untuk kejahatan narkoba.

Selasa, 28/07/2020 07:03 0

Close
CLOSE
CLOSE