Taliban Bantah Afghanistan Jadi Tempat Sembunyi Pemimpin Al-Qaidah

KIBLAT.NET, Kabul – Taliban kembali menolak laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengenai hubungan kelompok itu dengan Al-Qaidah dan kelompok-kelompok lain yang dianggap teroris oleh AS.

PBB menyebut bahwa Al-Qaidah beroperasi di 12 provinsi Afghanistan dan pemimpin tertingginya Aiman ​​Az-Zawahiri bersembunyi di Afghanistan.

Laporan PBB yang diterbitkan pada hari Sabtu mengatakan Pemimpin Al-Qaidah bersembunyi di Afghanistan bersama dengan ratusan pejuang.

Laporan itu juga mengatakan sekitar 6.000 jihadis Pakistan beroperasi di Afghanistan.

Menurut laporan PBB, para petinggi Al-Qaidah terus mempertahankan hubungan dekat dengan Jaringan Haqqani Taliban dan bahwa Az-Zawahiri bertemu dengan anggota Jaringan Haqqani Yahya Haqqani pada Februari tahun ini.

Laporan itu mengatakan bahwa sayap Al-Qaidah India aktif di bawah dukungan Taliban di provinsi Helmand, Nimroz dan Kandahar.

Namun, Taliban menolak laporan PBB dan mengatakan informasi dalam laporan itu tidak benar.

Dalam sebuah pernyataan, Taliban mengatakan tidak benar bahwa sekitar 500 pejuang Al-Qaidah aktif di Afghanistan, selain bahwa tidak ada pejuang asing yang terkait dengan Al+Qaidah hadir di Afghanistan.

“Operasi militer AS telah membuat sulit bagi orang asing untuk tinggal di Afghanistan,” kata Taliban, sembari menolak kehadiran kamp ISIS di provinsi utara.

Sumber: MenaFN
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat