... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Shalat Jum’at Pertama di Hagia Sophia, Bendera Hamas Tampak Berkibar

Foto: Bendera Hamas berkibar di kerumunan di depan Hagia Sophia.

KIBLAT.NET, Istanbul – Bendera organisasi Islam Palestina Harakat al-Muqaawamah al-Islamiyah (Hamas) tampak berkibar di tengah kerumunan orang yang berkumpul di depan Hagia Sophia pada Jum’at (24/07/2020).

Dalam foto kiriman kontributor Kiblat.net di Istanbul, tampak pria berusia empat puluh tahunan membawa bendera hijau bergambar lambang Hamas dengan kalimat syahadat di atasnya dan huruf arab bertuliskan Hamas di bawah logo tersebut.

Menurut penuturan kontributor kami, berkibarnya bendera Hamas sejatinya bukan hal yang istimewa. Karena di Turki, hampir di setiap momen keramaian yang berkaitan dengan syiar Islam selalu ada yang mengibarkan bendera organisasi yang memegang otoritas atas wilayah Gaza, Palestina tersebut.

Seorang pria mengibarkan bendera Hamas di tengah kerumunan di depan Hagia Sophia.

Seorang pria mengibarkan bendera Hamas di tengah kerumunan di depan Hagia Sophia.

Hagia Sophia, pernah menjadi salah satu masjid yang dihormati umat Islam dalam kurun waktu hampir 500 tahun. Namun pada tahun 1934, pendiri sekularis Turki, Mustafa Kemal Ataturk mengubahnya menjadi museum. Bersamaan dengan keputusan tersebut, Ataturk melarang penggunaan jilbab di lembaga-lembaga negara.

Selama 17 tahun pemerintahannya, Erdogan telah memperjuangkan Islam, ketaatan beragama, dan mendukung upaya untuk mengembalikan status masjid Hagia Sophia. Dia mengatakan umat Islam harus bisa shalat di sana lagi selama pemilu tahun lalu.

Erdogan telah membentuk ulang Republik Modern Turki, yang didirikan hampir seabad lalu oleh sekularis Mustafa Kemal Ataturk. Erdogan mencabut larangan jilbab bagi muslimah di lembaga-lembaga negara, mempromosikan pendidikan agama, dan menjinakkan militer Turki yang kuat yang pernah menjadi benteng nilai sekuler Ataturk.

BACA JUGA  Betulkah Vaksin Senjata Barat Habisi Kaum Muslimin?

Hingga pada Jum’at (24/07/2020), untuk pertama kalinya setelah 86 tahun adzan kembali berkumandang di Hagia Sophia dan shalat kembali didirikan.

Kontributor: Akbar Fachreza
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Di Balik Erdogan: Jalan Sunyi Intelektual Turki

Sekali lagi, alih-alih melihat kerja-kerja intelektual Turki ini sebagai alat kekuasaan, akan lebih bijak jika kita melihat think tank semacam SETA bekerja saling memanfaatkan dengan kekuasaan.

Sabtu, 25/07/2020 09:52 0

Indonesia

Madina Cabang Palu Salurkan Bantuan ke Korban Banjir Masamba

Pada Selasa (21/07/2020), relawan Majelis Dakwah Islam Indonesia (Madina) cabang Palu berangkat menuju Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara yang menjadi lokasi bencana banjir bandang.

Jum'at, 24/07/2020 21:30 0

Indonesia

MUI: Kita Sambut Baik Hagia Sophia Difungsikan Jadi Masjid

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menyambut gembira Hagia Sophia yang kembali difungsikan sebagai masjid

Jum'at, 24/07/2020 20:39 0

Indonesia

Indonesia Terima 100 Ventilator Noninvasif dari Australia

Pemerintah Indonesia menerima bantuan peralatan medis dari Pemerintah Australia untuk penanganan Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19.

Jum'at, 24/07/2020 20:22 1

Indonesia

Dianggap Bangun Dinasti Politik, Gibran Bingung

Gibran Rakabuming Raka menanggapi banyaknya tudingan yang menyebut bahwa dirinya tengah membangun dinasti politik

Jum'at, 24/07/2020 20:00 1

Indonesia

Kunjungan ke Unit Percetakan Al-Qur’an, Bukhori Yusuf: Produksi Mushaf Kita Masih Minim

Anggota Komisi VIII DPR-RI, Bukhori Yusuf meminta produksi Mushaf Al-Qur'an untuk kebutuhan nasional segera ditingkatkan. Hal ini disampaikannya secara langsung kepada Kepala Unit Percetakan Al-Qur'an (UPQ) Kementerian Agama, Jammaludin M. Marki saat melakukan kunjungan ke UPQ Kemenag yang berlokasi di Ciawi, Kabupaten Bogor pada Kamis (23/07/2020).

Jum'at, 24/07/2020 19:11 0

Indonesia

Polemik Jenazah Covid-19 Dibakar, Tito Salahkan Media

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menanggapi polemik jenazah Covid-19 dibakar

Jum'at, 24/07/2020 16:58 1

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Sebab-sebab Kemuliaan Awal Dzulhijjah

Pada Khutbah Jumat kali ini, Kiblat.net menghadirkan naskah khutbah tentang sebab-sebab kemuliaan 10 awal Dzulhijjah

Kamis, 23/07/2020 23:58 0

Indonesia

Fahri Hamzah Ungkap ‘Tanda-tanda’ Sebelum Sang Ayah Wafat

Sebelum ayah Mantan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah meninggal dunia, ternyata mendiang ayah sempat mengatakan ingin pulang.

Kamis, 23/07/2020 21:54 0

Indonesia

Pembentukan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Belum Urgen

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PKS, Anis Byarwati angkat bicara menanggapi dibentuknya Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Kamis, 23/07/2020 21:44 0

Close