... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Polemik Jenazah Covid-19 Dibakar, Tito Salahkan Media

Foto: Mendagri Tito Karnavian.

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menanggapi polemik jenazah Covid-19 dibakar. Ia menuding bahwa ada media yang mengutip tak utuh, sehingga menuai kontroversi di tengah masyarakat.

“Ada (oknum) media yang memotong sepotong saja, bahkan ada kata-kata yang di luar apa yang saya katakan, yaitu jenazah Covid-19 harus dibakar, saya tidak pernah mengatakan seperti itu, tidak pernah,” katanya dalam keterangan pers yang diterima Kiblat.net pada Jumat (24/07/2020.

Ia juga mengatakan, ada penelitian menyebutkan bahwa salah satu karakteristik Covid-19 dapat mati dan tidak menyebar setelah dipanaskan pada suhu 56 derajat celcius. Sehingga secara teori, jenazah yang mengandung virus tersebut seyogyanya dibakar. Namun, hal itu bergantung pada aqidah dan keyakinan masing-masing pemeluk agama.

“Salah satu penelitian menyebutkan pada suhu 56 derajat celcius dia (virus) akan mati, sehingga teorinya, teorinya ya, jenazah yang mengandung virus, untuk membuat virusnya mati juga seyogyanya dibakar, tapi tentu belum tentu sesuai dengan akidah bagi agama-agama tertentu termasuk kita yang muslim,” katanya.

Dengan demikian, perlakuan terhadap pengurusan jenazah yang terinfeksi Covid-19 dikembalikan pada aqidah masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar virus tak lagi menyebar pada objek atau benda lainnya.

“Oleh karena itu tekniknya adalah dengan cara dibungkus rapat supaya virusnya tidak ada celah untuk keluar, setelah itu baru dimakamkan, dimakamkan di tempat yang kering, sehingga tidak ada kemungkinan untuk virusnya keluar, mengalir di air, dan lain-lain,” jelasnya.

BACA JUGA  Covid-19 Meningkat, Menag Minta Umat Patuhi Aturan Pemerintah

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Polemik Jenazah Covid-19 Dibakar, Tito Salahkan Media”

  1. Khalid Roche

    Masalah ini cukup konyol karena virus Covid 19 menyebar melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Karena orang mati tidak melakukan hal-hal ini, apa artinya membakar tubuh orang mati itu ?!

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Taliban Siap Berunding dengan Pemerintah Afghan Usai Idul Adha, Asalkan…

Tawaran ini menjadi kesempatan pertama sejak pihak-pihak yang bertikai melewati batas waktu 10 Maret untuk memulai negosiasi.

Jum'at, 24/07/2020 09:45 0

Turki

Hagia Sophia Dibuka Jumat Ini, Begini Persiapannya

Setelah 86 tahun beroperasi sebagai museum, Hagia Sophia akan dibuka kembali pada hari Jumat sebagai masjid. Tak hanya di Turki, umat Islam di seluruh dunia menyambutnya.

Jum'at, 24/07/2020 07:42 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Sebab-sebab Kemuliaan Awal Dzulhijjah

Pada Khutbah Jumat kali ini, Kiblat.net menghadirkan naskah khutbah tentang sebab-sebab kemuliaan 10 awal Dzulhijjah

Kamis, 23/07/2020 23:58 0

Artikel

Refleksi Hari Anak: Pentingnya Seorang Muslim Berbuat Baik Kepada Anak

Bagi sebagian orang, Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli mungkin hanya seremoni belaka. Bagi sebagian lainnya mungkin perlu dirayakan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan anak. Dan bagi sebagian terutama muslim baiknya diabaikan karena bagi seorang muslim hanya ada dua perayaan yaitu idul fitri dan idul adha.

Kamis, 23/07/2020 15:31 0

Artikel

Peran Mufti Saudi dalam Bangkitnya Islamis di Turki

Dalam hitungan hari shalat Jumat akan kembali digelar di masjid Aya Shofia, hal ini sebagai salah satu tanda bangkitnya islamis di Turki. Namun siapa sangka, jauh sebelum era Erdogan, ada jasa Mufti Kerajaan Saudi Syaikh Abdul Azis bin Baz dibalik bangkitnya islamis di Turki

Kamis, 23/07/2020 14:52 0

Suriah

Lembaga-lembaga Kemanusiaan Menghadapi Tantangan Besar di Suriah setelah Rusia Memveto Bantuan Lintas Perbatasan

“Dengan hanya satu titik persimpangan sekarang, kita akan menghadapi tantangan logistik yang sangat besar,” tambahnya.

Kamis, 23/07/2020 13:00 0

Afghanistan

Serangan Udara Tewaskan 45 Orang di Afghanistan, AS Mengaku Tak Terlibat

Qari Mohammad Yousuf Ahmadi, seorang juru bicara Taliban, mengatakan dalam sebuah pernyataan, dua serangan udara di Herat menewaskan delapan warga sipil dan melukai 12.

Kamis, 23/07/2020 12:42 0

Video News

Sejarah Hagia Sophia: Tiga Kali Beralih Fungsi, Kini Jadi Masjid

Presiden Turki Erdogan mengatakan bahwa situs dibuka untuk beribadah pada 24 Juli 2020 mendatang.

Kamis, 23/07/2020 08:53 0

Suara Pembaca

Agar Makan Kleponmu Menjadi Islami

Agar makan kleponmu bernilai ibadah di mata Allah.

Rabu, 22/07/2020 17:54 0

News

Menggema, Seruan Agar Palestina Dimuat Google dan Apple Map

Aktivis pro-Palestina telah meluncurkan kampanye online menyerukan Google dan Apple untuk memuat Palestina ke peta mereka. Raksasa internet disebut-sebut mencoba menghapus identitas Palestina dan mengubah fakta agar sesuai dengan tujuan Amerika dan Israel.

Rabu, 22/07/2020 16:13 0

Close