... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kunjungan ke Unit Percetakan Al-Qur’an, Bukhori Yusuf: Produksi Mushaf Kita Masih Minim

Foto: Anggota Komisi VIII DPR-RI, Bukhori Yusuf (kanan) saat mengunjungi Unit Percetakan Al-Qur'an Kemenag di Ciawi, Kabupaten Bogor.

KIBLAT.NET, Bogor – Anggota Komisi VIII DPR-RI, Bukhori Yusuf meminta produksi Mushaf Al-Qur’an untuk kebutuhan nasional segera ditingkatkan. Hal ini disampaikannya secara langsung kepada Kepala Unit Percetakan Al-Qur’an (UPQ) Kementerian Agama, Jammaludin M. Marki saat melakukan kunjungan ke UPQ Kemenag yang berlokasi di Ciawi, Kabupaten Bogor pada Kamis (23/07/2020).

Kunjungan tersebut dilakukan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan reses ketua kelompok komisi PKS di Komisi VIII DPR-RI tersebut yang turut mengawasi bidang keagamaan.

“Sejujurnya saya sedikit prihatin begitu mengetahui produksi mushaf Al-Qur’an kita masih minim. Dengan melihat penduduk muslim di Indonesia yang berjumlah sekitar 225 juta, setidaknya dibutuhkan 4 hingga 5 juta eksemplar mushaf Al-Qur’an per tahun untuk mencukupi kebutuhan secara nasional. Sayangnya, UPQ saat ini baru mampu mencetak sekitar 1 juta mushaf Al-Qur’an per tahun,” ujar Bukhori melalui keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, Bukhori mengusulkan agar sarana dan prasarana UPQ perlu ditingkatkan seperti peremajaan mesin cetak dan perluasan lahan dalam rangka meningkatkan kapasitas penerbitan Al-Qur’an.

Berdasarkan data yang dihimpun dari UPQ, unit pelaksana kerja di bawah Ditjen Bimas Islam ini telah memproduksi mushaf Al-Qur’an sebanyak 1.595.000 eksemplar yang terdiri dari mushaf terjemah, mushaf standar, Juz Amma, dan Yasin pada tahun 2019. Meskipun demikian, jumlah ini masih jauh dari target yakni 5 juta per tahun.

Terdapat sejumlah faktor yang membuat jumlah penerbitan sampai saat ini masih terbatas, antara lain sarana dan prasarana UPQ belum memenuhi standar percetakan canggih, lahan yang terbatas, serta SDM yang memerlukan pembenahan dan pengembangan.

BACA JUGA  Polri Minta Tambahan Anggaran Rp 19 Triliun

Pada tahun awal operasionalnya, jumlah distribusi mushaf Al-Qur’an dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang fluktuatif. Sebagai catatan, pada tahun 2016, UPQ berhasil mendistribusi 35.000 eksemplar mushaf. Angka ini kemudian mengalami peningkatan signifikan sekitar 9 kali lipat pada tahun 2018 sehingga menyentuh angka 280.000 eksemplar. Namun, pada tahun 2019 angka tersebut justru mengalami penyusutan secara drastis sampai di angka 55.000 eksemplar.

Selain menyoroti produksi mushaf Al-Qur’an yang minim, anggota baleg Fraksi PKS ini juga mendorong agar UPQ menjadi leading sector dalam upaya memberantas buta huruf Al-Qur’an di Indonesia.

“UPQ harus menjadi garda terdepan dalam memberantas buta huruf Al-Qur’an di Indonesia. Menjadi ironi sebenarnya jika melihat sebagian besar saudara kita masih belum bisa baca (Al-Qur’an, red.) meskipun 87% penduduk Indonesia adalah muslim,” ujarnya.

Sebab itu, lanjut Bukhori, UPQ harus melihat ini sebagai peluang amal dengan terus meningkatkan kapasitasnya dari segala aspek. Kami sangat mendukung UPQ menuju arah tersebut tersebut.

Dalam rangka mengatasi persoalan tersebut, pada tahun 2016 Kemenag pernah mencanangkan program Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji (Gemar Mengaji) untuk meningkatkan tingkat melek baca Al-Qur’an bagi masyarakat di seluruh provinsi serta kabupaten/kota di Indonesia.

Kendati demikian, menurut hasil riset dari Institut Ilmu Alquran (IIQ) pada tahun 2018 masih tercatat sekitar 65% masyarakat Indonesia buta huruf Al-Qur’an. Angka statistik ini terbilang cukup tinggi mengingat 87,2% masyarakat Indonesia adalah muslim.

BACA JUGA  Angka Positif Covid Tembus 200 Ribu, Bukhori Yusuf: Akibat Penanganan Absurd

NB: Berita mengalami sedikit perubahan isi per Senin (27/07/2020) pukul 13.52 WIB. Sebelumnya tertulis “mushaf Al-Qur’an sebanyak 1.080.543 eksemplar” diubah menjadi “1.595.000 eksemplar”. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Taliban Siap Berunding dengan Pemerintah Afghan Usai Idul Adha, Asalkan…

Tawaran ini menjadi kesempatan pertama sejak pihak-pihak yang bertikai melewati batas waktu 10 Maret untuk memulai negosiasi.

Jum'at, 24/07/2020 09:45 0

Turki

Hagia Sophia Dibuka Jumat Ini, Begini Persiapannya

Setelah 86 tahun beroperasi sebagai museum, Hagia Sophia akan dibuka kembali pada hari Jumat sebagai masjid. Tak hanya di Turki, umat Islam di seluruh dunia menyambutnya.

Jum'at, 24/07/2020 07:42 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Sebab-sebab Kemuliaan Awal Dzulhijjah

Pada Khutbah Jumat kali ini, Kiblat.net menghadirkan naskah khutbah tentang sebab-sebab kemuliaan 10 awal Dzulhijjah

Kamis, 23/07/2020 23:58 0

Artikel

Refleksi Hari Anak: Pentingnya Seorang Muslim Berbuat Baik Kepada Anak

Bagi sebagian orang, Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli mungkin hanya seremoni belaka. Bagi sebagian lainnya mungkin perlu dirayakan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan anak. Dan bagi sebagian terutama muslim baiknya diabaikan karena bagi seorang muslim hanya ada dua perayaan yaitu idul fitri dan idul adha.

Kamis, 23/07/2020 15:31 0

Artikel

Peran Mufti Saudi dalam Bangkitnya Islamis di Turki

Dalam hitungan hari shalat Jumat akan kembali digelar di masjid Aya Shofia, hal ini sebagai salah satu tanda bangkitnya islamis di Turki. Namun siapa sangka, jauh sebelum era Erdogan, ada jasa Mufti Kerajaan Saudi Syaikh Abdul Azis bin Baz dibalik bangkitnya islamis di Turki

Kamis, 23/07/2020 14:52 0

Suriah

Lembaga-lembaga Kemanusiaan Menghadapi Tantangan Besar di Suriah setelah Rusia Memveto Bantuan Lintas Perbatasan

“Dengan hanya satu titik persimpangan sekarang, kita akan menghadapi tantangan logistik yang sangat besar,” tambahnya.

Kamis, 23/07/2020 13:00 0

Afghanistan

Serangan Udara Tewaskan 45 Orang di Afghanistan, AS Mengaku Tak Terlibat

Qari Mohammad Yousuf Ahmadi, seorang juru bicara Taliban, mengatakan dalam sebuah pernyataan, dua serangan udara di Herat menewaskan delapan warga sipil dan melukai 12.

Kamis, 23/07/2020 12:42 0

Video News

Sejarah Hagia Sophia: Tiga Kali Beralih Fungsi, Kini Jadi Masjid

Presiden Turki Erdogan mengatakan bahwa situs dibuka untuk beribadah pada 24 Juli 2020 mendatang.

Kamis, 23/07/2020 08:53 0

Suara Pembaca

Agar Makan Kleponmu Menjadi Islami

Agar makan kleponmu bernilai ibadah di mata Allah.

Rabu, 22/07/2020 17:54 0

News

Menggema, Seruan Agar Palestina Dimuat Google dan Apple Map

Aktivis pro-Palestina telah meluncurkan kampanye online menyerukan Google dan Apple untuk memuat Palestina ke peta mereka. Raksasa internet disebut-sebut mencoba menghapus identitas Palestina dan mengubah fakta agar sesuai dengan tujuan Amerika dan Israel.

Rabu, 22/07/2020 16:13 0

Close