... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Hagia Sophia Dibuka Jumat Ini, Begini Persiapannya

KIBLAT.NET, Istanbul – Setelah 86 tahun beroperasi sebagai museum, Hagia Sophia akan dibuka kembali pada hari Jumat sebagai masjid. Tak hanya di Turki, umat Islam di seluruh dunia menyambutnya.

Dipenuhi dengan kegembiraan karena menjadi tuan rumah pengembalian struktur kuno menjadi masjid, Istanbul bersiap-siap untuk grand opening dengan langkah-langkah ketat sesuai aturan jarak sosial jarak.

“Kami tahu bahwa itu adalah keinginan terbesar para pengunjung untuk berdoa di Hagia Sophia,” kata Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya pada hari Kamis, menggarisbawahi bahwa mereka telah mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Yerlikaya menyatakan agar setiap orang memiliki cukup waktu untuk beribadah, masjid akan dibuka pada pukul 10 pagi dan akan tetap terbuka sampai pagi berikutnya.

“Karena wabah, di dalam dan di sekitar masjid, lima tempat, dua di antaranya untuk wanita, telah ditentukan sebagai tempat sholat,” katanya, menekankan bahwa ada cukup ruang bagi semua orang untuk sholat tanpa melanggar aturan jarak sosial.

Menurut pernyataan gubernur, akan ada 11 pos pemeriksaan berbeda bagi pejabat keamanan untuk melakukan kontrol. “Agar proses masuk yang cepat dan mudah, kami meminta pengunjung untuk tidak membawa ransel atau dompet,” kata Yerlikaya.

Gubernur lebih lanjut mengingatkan bahwa suhu pengunjung juga akan diperiksa selain mewajibkan untuk mengenakan masker. Akan ada 17 tempat kesehatan di mana 736 tenaga kesehatan akan secara aktif bekerja bersama dengan unit ambulans yang terdiri dari 101 kendaraan dan helikopter.

BACA JUGA  Ditolak Malaysia dan Thailand, 300 Rohingya Mendarat di Aceh

“Karena harapan banyak orang, beberapa jalan juga akan ditutup,” tambah Yerlikaya.

Kota Metropolitan Istanbul (IBB) juga telah mengambil tindakan pencegahan untuk hari besar itu. Sebanyak 25 angkutan untuk umum ke masjid disediakan secara gratis, pemerintah kota juga membuat area parkir di wilayah ini gratis. Pemerintah kota juga berencana membagikan 25.000 botol air, masker, desinfektan, dan sajadah.

Sekitar 1.500 orang diperkirakan untuk berpartisipasi dalam shalat Jumat pada upacara pembukaan.

Hagia Sophia adalah salah satu tujuan yang paling banyak dikunjungi di Turki untuk wisatawan domestik dan asing.

Pada tahun 1985, selama menjadi museum, bangunan tersebut ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Pada 10 Juli, Dewan Negara Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum, membuka jalan untuk digunakan kembali sebagai masjid setelah jeda 86 tahun. Sebelumnya Hagia Shopia menjadi masjid selama hampir 500 tahun.

Pada 16 Juli, Direktorat Urusan Agama Turki (Diyanet) menandatangani protokol kerja sama dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata untuk menjalankan Hagia Sophia setelah dikembalikan ke masjid.

Di bawah protokol, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan mengawasi pekerjaan restorasi dan konservasi, sementara Diyanet akan mengawasi layanan keagamaan.

Harta arsitektur juga akan terbuka untuk wisatawan domestik dan asing secara gratis.

Turki juga memastikan bahwa meskipun dikembalikan ke masjid, mosaik-mosaik peninggalan Kristen akan terus dilestarikan.

BACA JUGA  Kontroversi Sertifikasi Da’i

“Poin utama di sini adalah tidak ada kerusakan pada mosaik, penggambaran, tekstur historis dan arsitektur bangunan ini,” kata juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin tentang masalah itu pekan lalu.

“Saat ini, kami sedang berusaha menutupi mereka dengan tirai (saat sholat),” tambah Kalin.

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Sebab-sebab Kemuliaan Awal Dzulhijjah

Pada Khutbah Jumat kali ini, Kiblat.net menghadirkan naskah khutbah tentang sebab-sebab kemuliaan 10 awal Dzulhijjah

Kamis, 23/07/2020 23:58 0

Indonesia

Fahri Hamzah Ungkap ‘Tanda-tanda’ Sebelum Sang Ayah Wafat

Sebelum ayah Mantan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah meninggal dunia, ternyata mendiang ayah sempat mengatakan ingin pulang.

Kamis, 23/07/2020 21:54 0

Indonesia

Pembentukan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Belum Urgen

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PKS, Anis Byarwati angkat bicara menanggapi dibentuknya Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Kamis, 23/07/2020 21:44 0

Indonesia

Gugus Tugas Covid-19 Dibubarkan, Sukamta: Jangan Sekedar Ganti Nama

Wakil Ketua Fraksi PKS, Sukamta menyebut langkah perubahan ini bisa tidak efektif jika Presiden tidak memperbaiki persoalan substansi dalam penanganan Covid-19

Kamis, 23/07/2020 19:57 0

Artikel

Refleksi Hari Anak: Pentingnya Seorang Muslim Berbuat Baik Kepada Anak

Bagi sebagian orang, Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli mungkin hanya seremoni belaka. Bagi sebagian lainnya mungkin perlu dirayakan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan anak. Dan bagi sebagian terutama muslim baiknya diabaikan karena bagi seorang muslim hanya ada dua perayaan yaitu idul fitri dan idul adha.

Kamis, 23/07/2020 15:31 0

Artikel

Peran Mufti Saudi dalam Bangkitnya Islamis di Turki

Dalam hitungan hari shalat Jumat akan kembali digelar di masjid Aya Shofia, hal ini sebagai salah satu tanda bangkitnya islamis di Turki. Namun siapa sangka, jauh sebelum era Erdogan, ada jasa Mufti Kerajaan Saudi Syaikh Abdul Azis bin Baz dibalik bangkitnya islamis di Turki

Kamis, 23/07/2020 14:52 0

Suara Pembaca

Agar Makan Kleponmu Menjadi Islami

Agar makan kleponmu bernilai ibadah di mata Allah.

Rabu, 22/07/2020 17:54 0

Indonesia

HRS Center Tantang Debat Megawati dan Yudian Soal Pembubaran BPIP

Habib Rizieq Syihab Center (HRS Center) melayangkan undangan debat terbuka kepada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Rabu, 22/07/2020 14:43 1

Indonesia

Jokowi: Kita Siap Produksi 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Presiden Joko Widodo menerima tim uji klinis vaksin covid-19

Rabu, 22/07/2020 13:36 0

Indonesia

Mantan Komisioner KPU Siap Bongkar Kecurangan Pilpres 2019

Mantan  Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC)

Rabu, 22/07/2020 13:09 0

Close