... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Agar Makan Kleponmu Menjadi Islami

Foto: Klepon. (Foto: Instagram/jajaninduluajaa)

KIBLAT.NET – Baru-baru ini beredar meme yang menyebut kue klepon sebagai jajanan yang tidak islami. Kabar tersebut beredar dalam sebuah unggahan foto yang dibagikan oleh pengguna Twitter @Irenecutemom pada Selasa  (21/07/2020).

Dalam meme tersebut bertuliskan, “KUE KLEPON TIDAK ISLAMI. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami”. Belum jelas sumber gambar tersebut, tetapi dalam foto tertulis “Abu Ikhwan Aziz”.

Dikutip dari wikipedia, klepon merupakan sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon tampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Klepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil sebagai camilan di pagi atau sore hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau, perlu ditambahkan bahan pewarna dari daun suji atau daun pandan.

Meme klepon, sejatinya mengandung pesan yang sangat berbahaya jika ditelan mentah-mentah. Mari kita bayangkan, tetangga dekat kita yang lima langkah dari rumah tetiba menangis tersedu-sedu di teras rumahnya. Ia merasa sangat berdosa ketika mengingat ratusan -bahkan ribuan- klepon yang ternyata “tidak islami” pernah mampir di tenggorokannya.

Korban perasaan selanjutnya tentu pedagang klepon, mereka pasti bingung berbuat apa, ketika “menyadari” bahwa selama ini anak istri mereka makan dari jajanan “tidak islami”.

BACA JUGA  Heboh Soal "Good Looking", Kemenag: Itu Hanya Ilustrasi

Untuk menghindari hal-hal semacam itu, maka anda semua (penjual dan pembeli klepon) perlu memperhatikan beberapa hal yang akan menjadikan makan kleponmu islami, yaitu:

Pertama: “Makanan Islami” Tidak Populer Dalam Tradisi Islam

Istilah “makanan islami” sendiri sejatinya tidak populer dalam tradisi keilmuan Islam. Baik Al-Qur’an, Al-Hadits, ijma, ataupun qiyas “hanya” mengenal istilah halal dan haram.

Yang halal itu jelas, yang haram itu jelas, dan di antara keduanya ada perkara syubhat. Dan barangsiapa yang menjatuhkan dirinya dalam perkara syubhat maka dia jatuh dalam perkara haram. Begitu dawuh-nya Rasulullah SAW.

Kedua: Al-Qur’an dan Hadits Hanya Menyebutkan Secara Spesifik Makanan yang Haram

Al-Qur’an dan Hadits hanya menyebutkan secara spesifik varian-varian makanan yang diharamkan. Maka para ulama pun membuat kaidah bahwa pada dasarnya semua makanan halal kecuali yang disebutkan keharamannya dalam Al-Qur’an dan Hadits.

Al Qur’an melarang kita mengkonsumsi khabaits, dalam kitab Al-Mughni, Imam As-Syafii menjelaskan bahwa khabaits adalah sesuatu yang menjijikkan dan berbahaya. Seperti barang-barang najis, kotoran atau hewan-hewan sejenis ulat, kumbang, jangkrik, tikus, tokek/cicak, kalajengking dan ular.

Hal yang diharamkan selanjutnya adalah bangkai, darah, daging babi, sembelihan untuk selain Allah, binatang buas bertaring, hewan yang diterkam binatang buas, burung yang berkuku tajam, keledai jinak, jallalah (misal: ikan lele yang diberi pakan kotoran manusia), dan binatang yang hidup di dua alam.

Jadi, selama klepon yang anda makan masih berisi gula merah bukan daging babi dan masih berbalur parutan kelapa bukan darah maka anda tidak perlu risau.

Ketiga: Klepon Tersebut Bukan Klepon Curian

BACA JUGA  Syaikh Ali Jaber Ditusuk, Komisi VIII: Indonesia Darurat Perlindungan Tokoh Agama

Selain halal dzatnya, Islam juga mewajibkan seseorang memperoleh makanan tersebut dengan cara halal. Dalam artian dengan cara yang diperbolehkan dan tidak mendzalimi hak-hak orang lain seperti mencuri, merampok, dan melalui praktik riba.

Jadi selama anda membeli klepon tersebut di warung tetangga dengan uang yang anda peroleh dengan keringat sendiri secara halal, maka anda tak perlu khawatir.

Keempat: Baca Bismillah dan Pakai Tangan Kanan

Selain kehalalan, Islam juga memberikan tuntunan terkait cara makan yang beradab. Di antaranya adalah membaca basmalah dan makan menggunakan tangan kanan.

Pada suatu hari, Rasulullah menasehati Amr bin Abu Salamah:

“Ucapkanlah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu serta makanlah dari makanan yang ada di dekatmu.” (Muttafaq ‘Alaih)

Kelima: Makan Kleponmu Diniati Ibadah

Allah SWT berfirman dalam surat Adz Dzariyat ayat 56:

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.”

Berdasar ayat tersebut, maka sudah seharusnya seorang muslim meniatkan segala aktivitasnya hanya untuk beribadah kepada Allah termasuk ketika makan klepon.

Dikutip dari laman resmi Fatsecret Indonesia, satu butir klepon diperkirakan mengandung 110 kalori dengan rincian 23% lemak, 72% karbohidrat, dan 5% protein. Dr Jasem Ramadhan, peneliti dari Kuwait University dalam jurnal berjudul “Bioenergetics of Islamic Prayers” mengungkapkan bahwa untuk seorang dengan berat 80 kg, energi yang dikeluarkan untuk shalat dalam sehari adalah 80 kalori.

Maka jika disimpulkan secara kasar, jika ada seseorang yang mengkonsumsi sebutir klepon lalu dia tidak shalat dua hari satu malam, tapi malah sibuk bikin meme-meme provokatif, SUNGGUH TERLALU!!!

Penulis: Azzam Diponegoro


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Menggema, Seruan Agar Palestina Dimuat Google dan Apple Map

Aktivis pro-Palestina telah meluncurkan kampanye online menyerukan Google dan Apple untuk memuat Palestina ke peta mereka. Raksasa internet disebut-sebut mencoba menghapus identitas Palestina dan mengubah fakta agar sesuai dengan tujuan Amerika dan Israel.

Rabu, 22/07/2020 16:13 0

Myanmar

Kasus Rohingya Belum Selesai, Suu Kyi Kembali Nyalon di Pemilu Myanmar

Juru bicara NLD Zaw Myint Maung mengumumkan hal itu setelah pertemuan Komite Eksekutif Pusat partai, bahwa Suu Kyi dan Presiden Win Myint akan maju dalam pemilihan 8 November.

Rabu, 22/07/2020 15:59 1

News

Ahli Sebut Penularan Corona Lebih Rentan di Rumah daripada di Luar

Ahli epidemiologi Korea Selatan telah menemukan bahwa orang lebih mungkin tertular virus corona baru dari anggota keluarga di rumah mereka sendiri daripada dari kontak di luar rumah.

Rabu, 22/07/2020 15:48 0

Indonesia

HRS Center Tantang Debat Megawati dan Yudian Soal Pembubaran BPIP

Habib Rizieq Syihab Center (HRS Center) melayangkan undangan debat terbuka kepada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Rabu, 22/07/2020 14:43 1

Indonesia

Jokowi: Kita Siap Produksi 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Presiden Joko Widodo menerima tim uji klinis vaksin covid-19

Rabu, 22/07/2020 13:36 0

Indonesia

Mantan Komisioner KPU Siap Bongkar Kecurangan Pilpres 2019

Mantan  Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC)

Rabu, 22/07/2020 13:09 0

Hoax Buster

[HOAX] Thermogun Membahayakan Otak

Belakangan ini viral klaim tentang radiasi termometer tembak atau thermogun yang dianggap membahayakan otak karena memancarkan laser.

Rabu, 22/07/2020 10:05 0

Download

18 Masalah Penting Seputar Qurban (Madzhab Syafii)

Secara etimologi qurban atau udh-hiyah adalah isim musytaq dari adh-dhuha, yang maknanya irtifaa’us syams atau naiknya matahari. Ibadah kurban disebut udh-hiyah karena hewan itu disembelih di waktu dhuha, berkata Al-Jauhariy, berkata Al-Ashma’iy, di sana empat bahasa kadang disebut أضحية (udh-hiyyah), kadang disebut إضحية (idh-hiyyah), kadang disebut ضحية (dhohiyyah) dan terkadang juga disebut أضحاة (adh-haatun).

Rabu, 22/07/2020 08:29 0

Mesir

Mesir Bersiap Kerahkan Pasukan ke Libya

Serangan udara Mesir adalah hal biasa, tetapi invasi darat langsung sangat berisiko, karena Turki sudah memiliki pasukan di Libya

Selasa, 21/07/2020 14:43 0

Turki

Sebuah Mesin Cuci Selamatkan Satu Keluarga dari Batu Seberat 1 Ton

KIBLAT.NET, Ordu – Suara dentuman keras mengejutkan satu keluarga pada dini hari Ahad, membuat mereka...

Selasa, 21/07/2020 12:30 0

Close