Mesir Bersiap Kerahkan Pasukan ke Libya

KIBLAT.NET, Kairo – Parlemen Mesir memberikan kewenangan kepada pemimpin junta militer Abdel Fattah El-Sisi untuk mengerahkan pasukan ke Libya. Keputusan ini untuk menyambut langkah parlemen Tobruk Libya pimpinan Jenderal Khalifa Haftar yang membuka luas intervensi militer.

Ini adalah yang terbaru dari beberapa penawaran Haftar untuk mengambil alih Libya. El-Sisi sendiri sangat mendukung Haftar, melihatnya sebagai kesempatan untuk memasang pemerintahan yang bersahabat di perbatasan negaranya.

Serangan udara Mesir adalah hal biasa, tetapi invasi darat langsung sangat berisiko, karena Turki sudah memiliki pasukan di Libya, dan mereka mendukung pemerintah Tripoli. Ini tampaknya akan menjadi pertempuran proksi atas Libya.

Mesir dan Turki memiliki perbedaan ideologis, tidak hanya bahwa Mesir berada di bawah kekuasaan militer setelah kudeta sementara kudeta Turki gagal. Keduanya sama-sama memiliki kepentingan di masa depan Libya.

Ini menjadi masalah yang rumit secara regional. Negara-negara Teluk Arab umumnya mendukung Mesir dan Haftar, dan umumnya tidak mendukung Turki. AS juga cenderung mendukung Mesir, namun Turki adalah anggota NATO, sementara Mesir tidak.

Sumber: Antiwar
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat