Wapres: Kekayaan Alam Indonesia Jadi Beban Jika Tak Dimanfaatkan

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Presiden, Ma’ruf Amin menilai tokoh agama memiliki peran penting di tengah Pandemi Covid-19. Menurutnya, tokoh agama harus terus memberikan semangat umat beragama meski dalam kondisi wabah.

“Saya mengajak tokoh agama tidak henti-hentinya memberikan semangat pemeluk agama agar tidak berputus asa. Tokoh agama perlu mengingatkan bahwa badai pasti berlalu. Satu kesulitan pasti akan datang kemudahan,” katanya dalam acara “Dialog Nasional Lintas Iman” pada Selasa (14/07/2020).

Menurutnya, saat ini sudah era teknologi. Maka, ia meminta tokoh agama berinovasi di tengah kemajuan teknologi meski sedang terjadi pandemi.

“Saya menaruh harapan besar dan yakin seluruh pimpinan ormas keagamaan dan tokoh keagaman mampu mengajak umat tabah, tidak putus asa. Tetapi menambah semangat untuk mencari invoasi dalam mengahdapi tantangan Covid-19,” paparnya.

Kyai Ma’ruf menilai kita patut bersyukur bangsa Indonesia diberi ragam budaya, keayaan alam melimpah serta jumlah penduduk besar. Ini, kata dia, modal penting untuk kemajuan tapi juga bisa menjadi beban jika salah mengelolanya.

“Kekayaan alam bukan faktor kemajuan, bila bisa mengolah kita menjadi bangsa berhasil. Ada negara yang banyak Sumber Daya Alam (SDA) tapi menjadi terbelakang, tapi ada yang sedikit SDA tapi bisa maju,” tuturnya.

“Memajukan pendidikan sebagai kunci memajukan bangsa. Bonus demografi harus digunakan agar membawa bangsa ini ke lebih baik,” pungkasnya.

BACA JUGA  Siapkan Naskah Khutbah Jumat, Kemenag Gandeng Ulama dan Akademisi

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat