... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

PKS Desak Mensos Awasi Distribusi Bantuan Sembako Sampai ke Hilir

Foto: Politisi PKS, Bukhori Yusuf.

KIBLAT.NET, Jakarta – Anggota Komisi VIII DPR-RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf mendesak Menteri Sosial untuk mengawasi penyaluran bantuan sembako sampai di tingkat paling hilir, yakni keluarga penerima manfaat (KPM).

Desakan tersebut disampaikan oleh Bukhori menanggapi laporan yang diterimanya terkait ulah sejumlah oknum pejabat di daerah yang ditengarai melakukan penyelewengan terhadap bantuan sembako.

“Saya mendapat laporan bahwa masih saja ada yang ‘bermain’ di tengah situasi sulit. Sebenarnya, per-KPM itu memperoleh bantuan senilai Rp 200.000 supaya bisa membeli sejumlah item sembako sebagaimana sudah diatur dalam pedoman. Namun, ada sebagian oknum pejabat di daerah tertentu yang melakukan penyelewengan dengan memainkan domain item dari sembako tersebut,” ungkapnya di Jakarta, Senin (13/07/2020).

Bukhori memaparkan, penyelewengan tersebut dilakukan dengan cara mengharuskan kepada agen (E-Warong) yang ditunjuk oleh otoritas setempat untuk menggunakan daging beku seberat setengah kilogram seharga Rp 60.000 sebagai salah satu item sembako bagi KPM. Sedangkan sisanya, senilai Rp 140.000 dialokasikan untuk beras dan sayur mayur.

Di samping itu, Bukhori juga mencermati bahwa porsi protein tidak harus ditetapkan secara rigid sebesar setengah kilogram daging. Menurutnya, apabila porsi protein tersebut bisa dikurangi, maka sisanya bisa dialokasikan lebih banyak untuk porsi sayur dan beras bagi KPM.

“Masalahnya adalah tidak semua KPM mengonsumsi daging. Sebagian besar KPM bahkan cenderung memilih telur maupun daging ayam karena harganya lebih terjangkau. Padahal, jika tidak dipaksa untuk membeli daging beku, sebenarnya sisa dari bantuan tersebut cukup besar untuk digunakan membeli bahan pangan yang lebih penting, seperti beras misalnya,” ujarnya.

BACA JUGA  BPOM Tegaskan Belum Ada Obat Herbal Bisa Sembuhkan Covid-19

Lebih lanjut, politisi PKS ini mengkritisi dari segi regulasi terkait penetapan sepihak yang dilakukan oknum pejabat tersebut. Dalam Pedoman Umum Program Sembako Tahun 2020 hal. 43-44 dijelaskan bahwa E-Warong tidak boleh menjual bahan pangan dengan jenis dan jumlah yang telah ditentukan sepihak atau pihak lain sehingga KPM tidak memiliki pilihan. Jika terbukti melanggar, E-Warong tersebut akan dicabut izinnya oleh bank penyalur.

“Masih mengacu pada pedoman, bisa juga dibaca di halaman 81 terkait Pemanfaatan Dana Bantuan, pada poin (b) disebutkan bahwa KPM berhak menentukan jenis dan jumlah bahan pangan yang akan dibeli dengan dana bantuan program sembako. Nah, jika kasusnya adalah sudah terlanjur dipatok oleh agen (atas arahan oknum pejabat, red.), sudah jelas melanggar hak dari KPM sekaligus melanggar regulasi yang sudah diatur,” ungkapnya.

Terkait bahan pangan yang dapat dibeli sebagaimana diatur dalam Pedoman Umum Program Sembako Tahun 2020, bahan pangan tersebut harus mencakup sumber karbohidrat seperti beras atau bahan pangan lokal seperti jagung pipilan dan sagu. Sedangkan untuk sumber protein hewani KPM bisa memilih antara telur, daging sapi, ayam, dan ikan serta untuk sumber vitamin dan mineral bisa berupa sayuran dan buah-buahan.

“Mensos harus segera turun ke bawah untuk mengawasi kinerja jajarannya di lapangan, khususnya sampai di tingkat KPM. Saya meminta agar kasus ini segera ditindaklanjuti dan diusut tuntas agar tidak terus membebani masyarakat yang sudah sulit ini,” pungkasnya.

BACA JUGA  Ini Imbauan MUI Soal Rangkaian Pemotongan Hewan Qurban

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Ratusan Pegawai Pusat Penahanan Imigrasi AS Positif Corona

Lebih dari 880 pegawai perusahaan-perusahaan kontrak swasta yang menjalankan pusat penahanan imigrasi Amerika Serikat terbukti positif virus corona, menurut kesaksian para pimpinan perusahaan kepada kongres pada Senin (13/07/2020).

Selasa, 14/07/2020 11:04 0

Arab Saudi

PBB Sebut MBS Tersangka Utama Pembunuhan Khashoggi

Pelapor khusus PBB, Agnes Callamard menyatakan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) merupakan tersangka utama pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul pada 2018.

Senin, 13/07/2020 18:06 0

Afrika

Pasukan Haftar Peringatkan Blokade Minyak Libya Akan Terus Berlanjut

Upaya pemerintah Libya yang didukung PBB untuk menghidupkan kembali produksi minyak dapat digagalkan oleh pasukan yang setia kepada komandan militer saingan mereka di Libya timur, Khalifa Haftar yang berencana untuk melanjutkan blokade minyak.

Senin, 13/07/2020 17:49 0

Eropa

Paus Bereaksi Ketika Hagia Shopia Diubah Jadi Masjid

Uskup Hilarion, yang mengepalai departemen Gereja Ortodoks Rusia untuk hubungan gereja eksternal, menggambarkannya sebagai "pukulan bagi Kekristenan global".

Senin, 13/07/2020 16:29 1

Afrika

Pemerintah Transisi Sudan Hapus Hukum Syariat Islam

Hukuman cambuk di hadapan publik juga akan diakhiri, dan konsumsi alkohol oleh non-Muslim sekarang akan diizinkan. 

Senin, 13/07/2020 16:12 1

Turki

Erdogan: Kebangkitan Hagia Shopia Pertanda Pembebasan Al-Aqsa

Hagia Sophia, salah satu situs bersejarah dan warisan budaya paling penting di dunia, dibangun pada abad keenam pada masa pemerintahan Kekaisaran Bizantium.

Ahad, 12/07/2020 06:31 0

Suriah

35 Milisi Pro-Iran di Suriah Tewas Dibom Pesawat Tak Dikenal

Puluhan milisi pro-Iran, termasuk dua pimpinan tewas akibat serangan tak dikenal di Suriah timur.

Sabtu, 11/07/2020 16:26 0

Turki

Dibuka 24 Juli, Hagia Shopia Dipakai Pertama Kali untuk Shalat Jumat

Hagia Shopia telah diputuskan untuk kembali menjadi masjid. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan situs tersebut akan dibuka untuk beribadah pada 24 Juli.

Sabtu, 11/07/2020 16:21 0

Suriah

Iran Perkuat Sistem Pertahanan Udara Suriah

KIBLAT.NET, Teheran – Kepala militer Iran telah menandatangani perjanjian dengan presiden Suriah untuk memperkuat sistem...

Jum'at, 10/07/2020 20:08 0

Opini

Semua “Hanya” Peduli Floyd, Tidak dengan Iyad Hallaq

Iyad Hallaq, seorang pria autis berusia 32 tahun ditembak secara brutal oleh polisi Israel di sebuah ruang sampah di Kota Tua Yerussalem Timur pada 30 Mei lalu. Penembakan brutal tersebut memang memicu aksi demonstrasi di Israel, Palestina, dan beberapa tempat. Namun hingar bingarnya tenggelam oleh aksi Black Lives Matter yang dilatarbelakangi kematian George Floyd.

Jum'at, 10/07/2020 18:15 0

Close