... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

PBB Sebut MBS Tersangka Utama Pembunuhan Khashoggi

Foto: Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Ia menjadi raja de facto kerajaan Saudi

KIBLAT.NET, Jenewa – Pelapor khusus PBB, Agnes Callamard menyatakan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) merupakan tersangka utama pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul pada 2018.

Dalam wawancara dengan Anadolu Agency, Callamard mengatakan bahwa meskipun tidak memiliki bukti terhadap MBS, tetapi dalam hal perintah pembunuhan, ia adalah tersangka utama.

“Saya pikir dia adalah tersangka utama dalam hal siapa yang memerintahkan atau mendorong dilakukannya pembunuhan. Dia terlibat. Secara pribadi, saya tidak memiliki bukti yang menunjukkan dia memerintahkan kejahatan itu,” kata Callamard, seorang aktivis HAM yang ditugaskan PBB untuk menyelidiki kasus tersebut.

Menurut dia, bukti tidak langsung menunjukkan bahwa kejahatan semacam itu tidak mungkin terjadi tanpa kontribusi dari MBS.

“Saya percaya bahwa menurut informasi yang diberikan lebih dari setahun lalu, CIA mungkin memiliki informasi ini,” kata dia.

Callamard mencatat bahwa persidangan kasus ini di Turki sedang diadakan secara in absentia karena semua orang tahu bahwa Arab Saudi tidak akan membiarkan para terdakwa menghadapi persidangan di Turki.

“Namun demikian, saya pikir ini penting. Saya ingin mencatat bahwa para terdakwa diwakili, bahwa mereka telah ditugaskan sebagai pengacara yang ditugaskan negara,” katanya.

Callamard menggambarkan persidangan di Turki lebih adil daripada yang dilakukan di Arab Saudi.

Pengadilan Turki pada 3 Juli memulai persidangan kasus tersebut, dengan mendaftarkan 20 warga negara Saudi sebagai tersangka dalam pembunuhan Khashoggi.

BACA JUGA  Hari Pertama Haji saat Pandemi: 1.000 Jamaah Tiba di Mina

Khashoggi adalah kolumnis Washington Post yang kerap mengkritik MBS dalam tulisannya. Ia dinyatakan tewas di dalam gedung konsulat Saudi di Istanbul, tetapi jasadnya tidak pernah ditemukan.

Arab Saudi mengakui bahwa Khashoggi telah dibunuh, namun menyangkal keterlibatan MBS dalam kejahatan tersebut. Sebaliknya, Saudi justru menyebut ada operasi jahat di balik pembunuhan jurnalis senior itu.

Sumber: Anadolu
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Menhan Rasa Mentan, PKS: Salah Kaprah Penerapan Ketahanan Pangan

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto telah menerima penugasan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk membangun Lumbung Pangan Nasional atau food estate di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Senin, 13/07/2020 17:12 0

Indonesia

Yusuf Mansur: Kalau Saya Benar Nipu, Minta Doa Semoga Allah Ampuni

Jam'an Nurchotib Mansur alias Yusuf Mansur menyebut bahwa dirinya tidak pernah lari dari masalah. Dirinya mengklaim bahwa uang ummat yang ia bawa terkait investasi sejak 2013 berangsur sudah dikembalikan.

Senin, 13/07/2020 16:14 0

Indonesia

Sidang Perdata Yusuf Mansur Terus Berlanjut

Sidang perdata terhadap perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Jam’an Nurchotib Mansur alias Yusuf Mansur terus berlanjut. Persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Banten tersebut telah sampai pada agenda pembacaan duplik atau jawaban penggugat.

Senin, 13/07/2020 15:46 0

Indonesia

ISAC: Terduga Teroris Sukoharjo Seharusnya Ditembak di Lutut, Bukan Perut

Sekretaris The islamic Study and Action Center (ISAC), Endro Sudarsono mengatakan bahwa keluarga terduga teroris Sukoharjo belum menerima surat penangkapan.

Senin, 13/07/2020 07:39 0

Indonesia

Ketuhanan yang Maha Esa Tak Bisa Diganti Ketuhanan Berkebudayaan

Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prof. Dr. Tjipto Subadi mengatakan bahwa Pancasila adalah sumber segala sumber hukum.

Senin, 13/07/2020 01:00 0

Indonesia

Terduga Teroris Sukoharjo Ditembak Mati, Ayah: Apa Nggak Ada Upaya Lain?

Seorang terduga teroris Sukoharjo, Muhammad Jihad Ihsan meninggal dunia setelah ditangkap di kawasan Ngruki, Sukoharjo.

Senin, 13/07/2020 00:05 0

Indonesia

Ratusan KOKAM Ramaikan Aksi Tolak RUU HIP di Boyolali

Umat Islam Solo Raya kembali mengadakan apel siaga menolak RUU HIP.

Ahad, 12/07/2020 09:02 0

Indonesia

Pakar Hukum: Revisi Aturan Kartu Prakerja Belum Cegah Potensi Penyelewengan

Pakar Hukum Universitas Al-Azhar Indonesia, Suparji Ahmad menilai bahwa keluarnya Perpres no 76 tahun 2020 menandakan bahwa Perpres sebelumnya ada masalah.

Sabtu, 11/07/2020 20:19 0

Indonesia

Presiden Teken Perpres, Uang Kartu Prakerja Harus Dikembalikan

Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Kartu Prakerja.

Sabtu, 11/07/2020 18:47 0

Indonesia

Polemik RUU HIP, Pengamat: Yang Teriak “Saya Pancasila” Kemana?

Pengamat Politik, Ujang Komarudin mempertanyakan pihak yang kerap teriak "Saya Pancasila" di tengah isu RUU HIP saat ini.

Sabtu, 11/07/2020 18:32 1

Close