... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Menhan Rasa Mentan, PKS: Salah Kaprah Penerapan Ketahanan Pangan

Foto: Anggota Komisi IV Fraksi PKS Andi Akmal Pasluddin.

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto telah menerima penugasan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk membangun Lumbung Pangan Nasional atau food estate di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dengan penugasan tersbut, selanjutnya Menhan Prabowo bisa melibatkan TNI untuk membangun food estate di Kalteng.

Namun, penugasan tersebut bukan tanpa kritik. Anggota Komisi IV Fraksi PKS DPR-RI, Andi Akmal bingung mengapa pengelolaan ketahanan pangan diberikan kepada Kemenhan, bukan Kementan yang berwenang mengurusi pangan.

Menurut Akmal, Kementan dipandang memiliki sumber daya manusia yang lebih tepat untuk pengembangan lumbung pangan nasional di Kalteng.

“Yang punya SDM bidang pertanian kan Kementan. Sehingga kalau Kemenhan yang diberikan tugas, tentu agak sulit dipahami,” kata Andi Akmal dalam keterangan tertulisnya pada Senin (13/07/2020).

Politisi asal Selawesi Selatan ini menyarankan kepada pemerintah jangan sampai memahami arti yang salah penerapan di lapangan.

Akmal memberi contoh ada istilah food security. Sedangkan secara terjemah baku security berarti keamanan.

“Jangan lantas food security di implementasikan ketahanan pangan, yang bertanggungjawab Menteri Pertahanan,” ketus Akmal.

Anggota DPR Komisi IV ini juga menanggapi klaim pemerintah bahwa permasalahan ketahanan pangan ada hubungannya dengan kementerian pertahanan yang berarti urusan nilai tukar, bensin solar dan seni budaya bisa juga diurusi Menhan.

“Ada ketahanan finansial, ketahanan energi yang bisa diklaim menteri pertahanan. Bahkan urusan kesehatan yang saat ini sedang musibah akibat berkurangnya ketahanan kesehatan juga bisa diklaim Menhan,” ujarnya.

BACA JUGA  Soal Video Vaksin Covid-19 Anji, PKS Sebut Banyak Influencer Latah

Ungkapan satir yang diungkapkan Akmal ini merupakan upaya masukan kepada pemerintah agar semakin baik dalam mengelola negara dengan SDM yang tepat.

“Jangan sampai kekuatan politik mendominasi dalam kebijakan untuk menabrak sebuah pakem. Politik yang santun dan berwibawa mesti di terapkan untuk membangun suasana yang baik dan kondusif dalam negara kita,” urainya.

Akmal menuturkan bahwa secara SDM dan pengalaman, logika awam akan mengarah bahwa leading sektor bidang pangan ini di Kementerian Pertanian. yang tampak adalah Syahrul Yasin Limpo memang orang baru di Kementan.

Menurut Akmal, SYL memang orang baru di Kementan, tapi beliau memiliki pengalaman 10 tahun sebagai Gubernur Sulawesi Selatan dan berhasil menjadikan daerah tersebut menjadi lumbung pangan.

“Saya menyarankan, kondisi yang tidak ideal pada wabah ini, jangan semakin diperparah dengan kebijakan-kebijakan yang kontroversial. Rakyat bisa melihat dan menilai. Jangan pemerintah ini terlihat semakin lucu dan tidak berwibawa,” pungkasnya.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Eropa

Paus Bereaksi Ketika Hagia Shopia Diubah Jadi Masjid

Uskup Hilarion, yang mengepalai departemen Gereja Ortodoks Rusia untuk hubungan gereja eksternal, menggambarkannya sebagai "pukulan bagi Kekristenan global".

Senin, 13/07/2020 16:29 1

Afrika

Pemerintah Transisi Sudan Hapus Hukum Syariat Islam

Hukuman cambuk di hadapan publik juga akan diakhiri, dan konsumsi alkohol oleh non-Muslim sekarang akan diizinkan. 

Senin, 13/07/2020 16:12 1

Turki

Erdogan: Kebangkitan Hagia Shopia Pertanda Pembebasan Al-Aqsa

Hagia Sophia, salah satu situs bersejarah dan warisan budaya paling penting di dunia, dibangun pada abad keenam pada masa pemerintahan Kekaisaran Bizantium.

Ahad, 12/07/2020 06:31 0

Suriah

35 Milisi Pro-Iran di Suriah Tewas Dibom Pesawat Tak Dikenal

Puluhan milisi pro-Iran, termasuk dua pimpinan tewas akibat serangan tak dikenal di Suriah timur.

Sabtu, 11/07/2020 16:26 0

Turki

Dibuka 24 Juli, Hagia Shopia Dipakai Pertama Kali untuk Shalat Jumat

Hagia Shopia telah diputuskan untuk kembali menjadi masjid. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan situs tersebut akan dibuka untuk beribadah pada 24 Juli.

Sabtu, 11/07/2020 16:21 0

Suriah

Iran Perkuat Sistem Pertahanan Udara Suriah

KIBLAT.NET, Teheran – Kepala militer Iran telah menandatangani perjanjian dengan presiden Suriah untuk memperkuat sistem...

Jum'at, 10/07/2020 20:08 0

Opini

Semua “Hanya” Peduli Floyd, Tidak dengan Iyad Hallaq

Iyad Hallaq, seorang pria autis berusia 32 tahun ditembak secara brutal oleh polisi Israel di sebuah ruang sampah di Kota Tua Yerussalem Timur pada 30 Mei lalu. Penembakan brutal tersebut memang memicu aksi demonstrasi di Israel, Palestina, dan beberapa tempat. Namun hingar bingarnya tenggelam oleh aksi Black Lives Matter yang dilatarbelakangi kematian George Floyd.

Jum'at, 10/07/2020 18:15 0

Palestina

Di Tengah Pandemi Covid-19, Israel Masih Tembaki Warga Palestina

Pasukan Israel secara fatal menembak seorang warga sipil Palestina pada hari Kamis (09/07/2020), demikian menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Jum'at, 10/07/2020 10:13 0

Amerika

Trump Masih Anggap Hydroxychloroquine Ampuh untuk Covid-19

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump masih menganggap obat malaria hydroxychloroquine sebagai obat yang menjanjikan untuk mencegah infeksi virus corona, demikian pernyataan Gedung Putih pada Kamis (09/07/2020).

Jum'at, 10/07/2020 09:02 0

Suriah

Rusia Duduki Ladang Minyak Suriah di Deir Zour

20 tentara Rusia memasuki ladang minyak Al-Ward di pedesaan Al-Bukamal, sebelah timur Deir Zour, setelah pasukan keamanan militer rezim Suriah dikeluarkan dari sana.

Kamis, 09/07/2020 14:53 0

Close