... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dibuka 24 Juli, Hagia Shopia Dipakai Pertama Kali untuk Shalat Jumat

Foto: Masjid Haghia Shopia

KIBLAT.NET, Ankara – Hagia Shopia telah diputuskan untuk kembali menjadi masjid. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan situs tersebut akan dibuka untuk beribadah pada 24 Juli.

“Seperti halnya semua masjid lainnya, pintu Hagia Sophia akan terbuka untuk semua, termasuk warga negara Turki dan wisatawan. Kami berencana untuk membuka Masjid Hagia Sophia untuk beribadah pada 24 Juli. Hagia Sophia berada di bawah yurisdiksi Turki. Setiap keberatan terhadap keputusan pengadilan akan dianggap sebagai pelanggaran kedaulatan kami,” kata Erdogan.

Pengadilan administrasi utama Turki pada hari Jumat membatalkan keputusan pemerintah pada 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum. Keputusan yang telah lama ditunggu-tunggu ini telah membuka jalan bagi ikon kota Istanbul Hagia Sophia untuk digunakan sebagai masjid.

Setelah putusan pengadilan, Erdogan menandatangani perpres untuk menyerahkan Hagia Sophia kepada Kementerian Urusan Agama Turki dan memberi selamat kepada orang-orang Turki.

Pengadilan menyatakan bahwa Hagia Sophia secara resmi terdaftar sebagai masjid. “Keputusan Kabinet pada tahun 1934 yang mengakhiri penggunaannya sebagai masjid dan mendefinisikannya sebagai museum tidak mematuhi hukum,” katanya.

Dalam pidatonya yang dimulai pukul 8:53 malam waktu setempat, Erdogan mengatakan shalat pertama yang dilakukan di dalam masjid baru adalah shalat Jumat. Ketika dia berbicara, sekelompok aktivis sedang melakukan shalat malam di luar Hagia Sophia. Presiden meminta masyarakat untuk tidak terburu-buru berkunjung agar persiapan pembukaan kembali tidak tertunda. Dia mengatakan dibutuhkan enam bulan untuk menyelesaikan semua persiapan.

BACA JUGA  Debat Mengemuka usai Media Turki Singgung Kembalinya Kekhilafahan Islam

Berbicara dengan latar belakang salinan dekrit Ottoman Sultan Mehmed II yang menyatakan Hagia Sophia sebagai bagian darinya, Erdogan mengatakan menjadi hak 567 tahun untuk merebut kembali Hagia Sophia sebagai masjid dan mengingatkan dekrit sultan yang mengecam orang-orang yang mengubah Hagia Sophia menjadi sesuatu selain masjid.

“Hak-hak bangsa Turki atas Hagia Sophia tidak kurang dari hak mereka yang membangunnya 1.500 tahun yang lalu,” kata Erdogan, dalam kritik terselubung terhadap negara-negara lain yang mengecam pemindahan museum menjadi masjid.

“Sejarah adalah saksi dari perjuangan kita untuk membawa toleransi ke mana pun bangsa kita ditaklukkan. Saat ini, kami memiliki 435 gereja dan sinagog yang terbuka untuk beribadah. Meskipun demikian, kami melihat yang sebaliknya. Beberapa bangunan yang dibangun nenek moyang kita di Eropa Timur dan Balkan saat ini,” katanya.

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tito Karnavian: Bupati Berstatus Tersangka Masih Bisa Ikut Pilkada

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian menyatakan bupati atau kepala daerah yang berstatus tersangka masih diperbolehkan mengikuti tahapan pilkada yang harus dijalaninya.

Jum'at, 10/07/2020 21:09 0

Indonesia

Mayat WN Indonesia Ditemukan di Kapal Ikan Cina

Mayat lelaki Indonesia yang membeku ditemukan di atas kapal penangkap ikan Cina yang ditahan. Demikian laporan Polri pada Kamis (09/07/2020).

Jum'at, 10/07/2020 20:15 0

Opini

Semua “Hanya” Peduli Floyd, Tidak dengan Iyad Hallaq

Iyad Hallaq, seorang pria autis berusia 32 tahun ditembak secara brutal oleh polisi Israel di sebuah ruang sampah di Kota Tua Yerussalem Timur pada 30 Mei lalu. Penembakan brutal tersebut memang memicu aksi demonstrasi di Israel, Palestina, dan beberapa tempat. Namun hingar bingarnya tenggelam oleh aksi Black Lives Matter yang dilatarbelakangi kematian George Floyd.

Jum'at, 10/07/2020 18:15 0

Indonesia

Apel Siaga Ganyang Komunis, TNI-Polri Didesak Tolak RUU HIP

Aliansi Anti Komunis Jateng-DIY mengadakan apel siaga ganyang komunisme.

Jum'at, 10/07/2020 14:34 1

Indonesia

Soal Pelibatan TNI untuk KUB, Bukhori: Menag Gagal Paham

Anggota Komisi VIII DPR-RI, Bukhori Yusuf melayangkan kritik tajam kepada Menag terkait rencana pelibatan TNI dalam membangun kerukunan umat beragama. Ia menilai, rencana tersebut sebagai bentuk kegagapan Menag dalam mencermati kondisi sosial politik di tengah masyarakat yang sudah memasuki era reformasi.

Jum'at, 10/07/2020 07:09 0

Indonesia

HNW: Cabut RUU HIP dari Prolegnas, Agar Negara Fokus Urus Covid-19

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, MA kembali mendesak agar Presiden Joko Widodo dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menghentikan pembahasan RUU HIP dan mencabutnya Prolegnas.

Kamis, 09/07/2020 21:02 0

Indonesia

Kompolnas Anggap Statemen Negara Kepolisian Tak Berdasar

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti menyebut bahwa statemen Negara Kepolisian untuk Indonesia tidak berdasar.

Rabu, 08/07/2020 22:26 0

Indonesia

Ombudsman: Polisi Isi Jabatan di Luar Institusi karena Diskresi Terlalu Luas

Komisioner Ombudsman, Alamsyah Saragih menilai bahwa Polisi menjabat di jabatan publik karena ada diskresi yang terlalu luas dalam undang-undang kepolisian.

Rabu, 08/07/2020 22:04 0

Indonesia

PPMI Assalaam Lantik Pimpinan Baru dan Resmikan Stadion

Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam melantik pejabat pimpinan baru periode 2020-2024 sekaligus meresmikan Stadion dan gapura Assalam.

Rabu, 08/07/2020 15:48 0

Indonesia

Aboe Bakar Al-Habsy Pertanyakan Pihak yang Ngotot Bahas RUU HIP

Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Al-Habsy menegaskan bahwa Pemerintah dan DPR perlu duduk bersama untuk menyepakati pembatalan RUU HIP.

Rabu, 08/07/2020 13:28 0

Close